6 Tips Ranked Match – Bermain Seperti Pro Player!

GCUBE mobile-legends-ranked-match-tips-header

Ranked Game dalam Mobile Legends adalah mode permainan yang terasa jauh lebih serius bila dibandingkan dengan Classic, meskipun secara gameplay tidak ada yang berubah sama sekali.

Ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu matchmaking yang berdasarkan peringkat dan kemungkinan naik atau turunnya peringkat tersebut tergantung dengan hasil pertandingan.

Kali ini kami di GCube akan memberikan 6 tips yang perlu kalian ketahui dalam bermain Ranked solo, agar kualitas permainan kalian bisa lebih mendekati para pemain profesional!

1. Koneksi Stabil

mobile-legends-ranked-match-tips1

Dikarenakan keseriusan Ranked Match yang menyangkut kepentingan semua orang ini, jangan sampai kalian bermain dalam keadaan jaringan buruk. Pasti kalian pernah atau sering mengalami keadaan di mana teman satu tim tidak dapat bermain dengan baik karena lag.

Bahkan hingga terputus dari game dan tidak dapat kembali lagi karena masalah koneksi. Ini tentu akan membuat tim kamu sangat sulit untuk memenangkan pertandingan.

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada diri kalian sendiri! Hindarilah bermain Ranked Match bila kalian sudah menyadari bahwa koneksi jaringan tidak stabil.

Ini demi kenyamanan bermain kalian sendiri dan juga anggota tim kalian!

2. Tahu Kapan Waktu Bermain Ranked

mobile-legends-ranked-match-tips2

Ini juga salah satu yang paling perlu diperhatikan selain soal koneksi jaringan. Mungkin kedengarannya aneh, tapi pada kenyataannya banyak pemain yang memaksa bermain Ranked Match. Padahal, mereka sedang dalam situasi yang tidak mendukung untuk bermain.

Contohnya seperti sedang menjaga toko. Pembeli bisa datang kapan saja, atau saat dalam kendaraan yang berguncang-guncang. Kalian pasti kesulitan mengendalikan hero.

Lainnya adalah saat terburu-buru karena ada urusan lain. Bahkan ada yang sampai terpaksa AFK sementara karena kebelet buang air, yang seharusnya dilakukan dari sebelum memulai permainan.

Satu kali Ranked Match Mobile Legends dapat memakan waktu sekitar 10-15 menit. Jadi, pastikan dalam 20-30 menit ke depan kalian tidak perlu melakukan hal lain yang dapat mengganggu permainan, demi kenyamanan tim dan tentunya kalian sendiri.

Mood dan kondisi badan saat bermain juga sangat mempengaruhi kualitas permainan. Jangan bermain Ranked match saat sedang suntuk, capek, atau banyak pikiran, karena akan mengganggu konstentrasi kalian saat bermain.

3. Pelajari Role Sendiri

mobile-legends-ranked-match-tips3

Masing-masing hero dalam Mobile Legends memiliki role masing-masing, seperti yang sudah dibahas pada komposisi tim yang pas. Ini berlaku pada pemain juga, bahkan pada pro-player sekalipun.

Misalnya JessNoLimit, paling mematikan saat menggunakan hero Assassin, sementara Lemon andalannya hero Mage, Watt bermain Marksman dan LJ pro untuk hero Tank.

Semakin sering kalian bermain, akan terasa juga role hero apa saja yang ternyata lebih cocok dengan gaya bermain kalian. Setelah kalian menemukannya, jadikan role tersebut andalan kalian setiap kali bermain Ranked Match.

Memang betul, dalam Ranked Match akan lebih baik bila kalian dapat menggunakan seluruh role hero yang ada. Dikarena role yang kalian inginkan tidak selalu tersedia karena sudah diambil orang lain.

Namun, kemenangan tetap akan lebih terjamin bila kalian menggunakan hero yang paling nyaman kalian mainkan. Karena itulah...

4. Jangan Gunakan Hero Baru atau Jarang Dipakai

mobile-legends-ranked-match-tips4

Sistem membeli hero dalam Mobile Legends adalah agar pemain dapat mencobanya saat hero-hero tersebut sedang dalam rotasi hero gratis, membelinya bila ternyata cocok, dan setelah itu berfokus pada hero-hero andalannya dalam setiap permainan.

Berdasarkan sistem ini, Ranked Match hanya dapat dimainkan dengan hero yang sudah menjadi milik pemain secara permanen, dengan harapan hero-hero tersebut memang sudah dikuasai oleh pemain.

Namun, pada kenyataannya banyak pemain pada Ranked Match memainkan hero-hero yang jarang mereka pakai, atau tidak pernah sama sekali. Bahkan ada yang malah mencoba hero yang baru mereka beli dalam Ranked Match.

Tentunya ini dapat berakibat fatal karena pemain tersebut belum terbiasa menggunakan hero tersebut, dan biasanya berakhir dengan kekalahan.

Jika kalian ingin mencoba hero baru atau hanya sekedar berlatih saja, gunakan lah mode lain seperti Custom Game atau vs A.I  dimana kalian hanya melawan A.I yang dikendalikan oleh komputer. Jika ingin melawan pemain lain, masih ada Classic mode yang sifatnya memang untuk bermain secara kasual.

5. Chat Seperlunya

mobile-legends-ranked-match-tips5

Fitur chat memang dapat digunakan untuk komunikasi dengan pemain lain, misalnya untuk mengatur strategi atau memberi saran pada pemain lain. Namun, tentunya ini memakan waktu karena selain kalian perlu mengetik dengan tepat.

Keyboard yang muncul juga menghalangi layar permainan, sehingga hero kalian terpaksa diam sementara. Sudah banyak sekali kejadian pemain yang heronya terbunuh tanpa dapat membalas karena pemainnya sedang dalam window chat.

Jangan lupa, ada Quick Chat, yang akan memunculkan pesan yang memang sudah disediakan dalam game. Chat tersebut dapat diatur sesuai dengan role kalian sebelum bermain. Jadi untuk sebagian besar komunikasi antar tim, kalian tidak perlu mengetik secara manual.

Tinggal tekan saja pesan yang diinginkan. Oleh karena itu, fitur chat tidak perlu terlalu digunakan, terutama bila mengirimkan pesan yang sama sekali tidak penting seperti 'wkwkwkwkw' atau semacamnya. Oh ya, ngomong-ngomong soal chat...

6. Jangan Toxic

mobile-legends-ranked-match-tips6

Tidak ada game multiplayer yang bebas dari pemain toxic yang suka berkata kasar, sombong, dan sangat senang menghina pemain lain yang tidak dapat bermain sebaik dirinya. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk mensabotase permainan kalian dengan membantu lawan, atau langsung pergi meninggalkan game begitu saja.

Solusi terbaik adalah mengabaikan mereka, report orang tersebut setelah permainan selesai, dan yang paling penting adalah jangan ikut-ikutan menjadi seperti itu juga.

Perilaku toxic hanya akan membuat tim kalian tidak bersemangat untuk bermain dan menurunkan performa mereka, selain itu kalian juga hanya akan terlihat seperti anak kecil di mata lawan. Pemain lain yang merasa tidak nyaman dengan kalian juga akan sangat mungkin untuk mereport kalian nantinya.

Tak ada sedikit pun hal yang menguntungkan dari berperilaku toxic, baik dalam Ranked Match Mobile Legends ataupun permainan lainnya. Bermain lah dengan sportif dan ramah layaknya pemain profesional.


Itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan agar Ranked Match kalian menjadi lebih nyaman, tentunya ini akan meningkatkan performa kalian dan lebih menjamin kemenangan. Meskipun kalah sekalipun, setidaknya kalian masih tetap akan merasa lebih baik dibandingkan biasanya.

Adakah tips lain yang biasa kalian lakukan untuk bermain Ranked Match? Silahkan tulis pada kolom komentar di bawah!

BACA JUGA