Mulai Naik Daun! – Apakah Aldous Kandidat Fighter Andalan?

GCUBE Mulai Naik Daun! - Apakah Aldous Kandidat Fighter Andalan?

Aldous adalah hero Fighter Mobile Legends yang sebenarnya memang kuat, namun jarang sekali ada yang benar-benar konsisten memakainya. Ini membuat sebagian orang berpikir kalau hero ini tidak begitu bagus.

Namun pada kenyataannya, kekuatan Aldous bisa dibilang dapat menutupi kekurangan-kekurangan yang dimilikinya dengan sangat baik.

Karena itu lah dia bahkan menjadi salah satu Fighter pilihan pada MPL Season 2 minggu ke-6 kemarin, bahkan sampai beberapa kali terkena ban.

Jadi, apa saja kah yang membuat Aldous spesial? Disini kami menjabarkan 6 poin yang penting untuk hero ini, mari kita lihat bersama yuk!

1. "One-Punch Man"

mobile-legends-aldous-highlight-1

Skill 1 Aldous adalah yang membuatnya menjadi terkenal dengan julukan "One-punch Man". Pada kesan awalnya, mungkin skill ini terlihat biasa-biasa saja, namun damage pada skill ini dapat terus bertambah sepanjang permainan.

Bila membunuh hero/non-hero unit dengan skill ini, Aldous mendapatkan 10/2 Soul Stack yang masing-masingnya menambah damage dari Skill 1 sebanyak 7 poin.

Di samping itu, setiap non-hero unit yang mati oleh tim kamu di sekitar Aldous akan memberikan 1 Soul Stack tambahan juga, termasuk yang dia bunuh.

Jadi Skill 1 Aldous akan berangsur-angsur menjadi sangat mematikan bila dia mendapatkan banyak kill atau hanya sekedar bertahan hidup sambil membersihkan lane saja.

2. Daya Tahan yang Besar

mobile-legends-aldous-highlight-2

Memang, Aldous terlihat tidak begitu kuat bila diserang sehingga cepat mati. Tapi sebenarnya dia memiliki pertahanan yang tinggi bila digunakan dengan baik.

Setiap 3 detik, skill pasifnya memberikan perisai sebanyak 100% dari damage serangan ketiganya selama 3 detik. Dengan perhitungan yang tepat, Aldous dapat menggunakan Skill 1nya untuk menyalakan perisai ini pada serangan ketiganya.

Bila Soul Stack yang dimiliki sudah banyak, jumlah perisai yang didapatkan dapat menjadi sangat besar, bahkan lebih besar dari Athena's Shield sekalipun!

Selain itu, Skill keduanya membuat Aldous kebal dari serangan biasa selama 2 detik sekaligus memberikan pengurangan 50% damage dari sumber lainnya, membuatnya sangat mematikan melawan hero Marksman yang mengandalkan serangan biasa mereka.

3. Ultimate yang Sangat Berguna Bagi Tim

mobile-legends-aldous-highlight-3

Skill Ultimate Aldous membuatnya dapat melihat seluruh musuh di map dan memberikannya kemampuan untuk memilih musuh yang diinginkan untuk meluncur ke arah mereka dari manapun.

Mungkin kesannya seperti Ultimate Lesley yang lebih agresif untuk solo kill, tapi pada kenyataannya skill ini sangat berguna untuk permainan tim.

Saat mengaktifkan Ultimate Aldous, musuh tidak dapat bersembunyi selama beberapa detik, sehingga sangat bagus saat akan push lane atau menyerang Lord.

Berkat kemampuannya untuk terbang ke arah target yang ditentukan, Aldous juga dapat langsung membantu temannya yang sedang bertarung di sisi map lain dalam waktu sangat singkat.

4. Early Game Harus Aman

mobile-legends-aldous-highlight-4

Dari semua kemampuan Aldous yang sangat berguna, kami rasa perlu ditekankan lagi bahwa performa Aldous sangat bergantung dengan jumlah Soul Stack yang dimilikinya.

Bila dia sangat ditekan musuh hingga pada late game dia hanya memiliki dibawah 100 Soul Stack, dapat dipastikan dia tidak dapat banyak berperan dalam teamfight selain jadi sasaran tambahan bagi musuh.

Tapi jangan langsung menyerah bila ini terjadi, kalian bisa menggunakan build Tank yang sudah kami sarankan dalam guide Aldous untuk mengkompensasi kurangnya damage yang dapat dihasilkannya.

5. Tidak Bisa Kabur Dengan Mudah

mobile-legends-aldous-highlight-5

Meskipun memiliki skill Crowd Control pada Skill 2nya, Aldous tidak memiliki skill 'Blink' sama sekali, sangat mudah untuk menangkapnya bila sudah dikepung.

Satu-satunya harapan dia untuk lari adalah dengan berharap ada hero musuh yang berada di daerah lain agar dia dapat menggunakan Ultinya untuk menggocek musuh pengepungnya.

Karena itu lah, battle spell Flicker hampir wajib digunakan oleh hero ini. Pilihan lainnya adalah Aegis, yang dapat memberikannya sedikit waktu tambahan untuk bertahan hidup saat pertarungan besar.

6. Sangat Bergantung Pada Komposisi Tim

mobile-legends-aldous-highlight-6

Pada saat para pemain pro di MPL Season 2 menggunakan Aldous, mereka memang memiliki strategi dan build masing-masing. Tapi ada satu persamaan yang benar-benar terlihat: Komposisi tim mereka memang mendukung untuk menggunakan hero ini.

Bila kita perhatikan di MPL Regular season Minggu ke 6 kemarin, dapat dilihat bahwa seluruh tim yang menggunakan Aldous, baik mereka menang ataupun kalah pada akhirnya, memiliki komposisi hero tim dengan minimal 2 Tank dengan crowd control yang baik serta 2 hero dengan burst damage yang dapat melakukan follow up saat Aldous sudah maju dengan Skill 2 atau Ultimatenya.

Yang menarik di sini, semua tim yang memenangkan pertandingannya tidak memiliki Marksman pada timnya. Dari sini kami menyimpulkan bahwa Aldous dapat diperlakukan sebagai 'hero Marksman' yang memang sama-sama bergantung pada item dan memiliki performa kuat.

Terutama bila dibiarkan farming hingga mid-late game. Cukup logis, karena bila ada hero Marksman berarti bertambah satu lagi hero yang perlu mendapatkan perlindungan khusus pada tim, sehingga membuat sangat repot di awal-awal.


Aldous mendapatkan cukup banyak spotlight pada minggu terakhir MPL Season 2 Regular Season kemarin. Bisa dibilang hero ini memang memiliki potensi yang besar sebagai hero Fighter kuat, tapi memiliki persyaratan yang cukup berat, terutama bila bermain solo.

Meski begitu, dengan bermain cerdas dan komposisi tim yang tepat, Aldous dapat memberikan kontribusi besar dalam permainan bagi timnya.

Apakah kalian juga akan menjadikan Aldous sebagai hero Fighter andalan kalian setelah ini? Atau kekuranganya terasa berat untuk ditutupi sehingga terpaksa memilih hero lain saja?

Tinggalkan komentar kalian di bawah ya!

Info Lengkap Aldous

Info Lengkap MPL Season 2 2018

Guide Lengkap Mobile Legends

BACA JUGA