3 Alasan Kenapa Angela Selalu Kena Ban

GCUBE angela-op1

Sejak debutnya dalam game Mobile Legends: Bang Bang, Angela termasuk salah satu hero yang paling sering terkena ban bersama dengan Kagura dan Lancelot dalam pertandingan tingkat profesional. Ini mungkin terlihat aneh bagi pemain MOBA veteran sekalipun, karena biasanya hero yang di-ban adalah hero yang memiliki damage besar, mobilitas tinggi, dan dapat menghabisi lawan dengan cepat dalam early game sekalipun (sebagai contoh dua hero yang disebut sebelumnya). Atau hero yang saat late game sudah sulit untuk dikalahkan sehingga lawan terpaksa bermain cepat. Tapi Angela adalah hero Support, yang biasanya tidak begitu berbahaya dalam teamfight dan tugas utamanya hanya membantu anggota timnya...

...Tapi benarkah begitu adanya?

Support Auto-Ban

Setelah mempelajari Angela lebih lanjut dan membuat guide untuknya, GCube akhirnya mengerti kenapa hero Android boneka ini membuat pemain Mobile Legends enggan melawannya. Ini semua karena:

1. "Gelombang Cinta Haram"

angela-op2

Skill ke-1 Angela, Love Waves, dapat digunakan 5 kali berturut-turut saat terisi penuh. Skill ini juga menyembuhkan Angela dan hero tim yang dikenainya, sekaligus memberikan damage ke musuh yang juga terkena skill ini. Skill ini juga memiliki efek menambah damage yang diterima lawan berikutnya sebesar 20% dan memperlambat gerakan mereka sebesar 10%, dan efek ini dapat bertumpuk hingga 5 kali. Satu lagi, jarak dan lebarnya besar sekali.

Silahkan dihitung sendiri apa yang terjadi bila hero lawan terkena skill ini sebanyak 5 kali. Dia akan mendapatkan pengurangan movement speed sebesar 50% dan damage yang diterimanya akan bertambah sebesar 100%!! Bila Angela dapat mengenai seluruh hero lawan dalam teamfight, mereka akan menjadi kerupuk basi yang sangat pelan dan lembek, ini sangat mungkin terjadi dengan jarak dan lebar dari skill ini. Walaupun dia tidak dapat mengenai lawan juga tidak masalah, yang penting dia dapat memulihkan HP anggota timnya dari jarak aman.

Skill ini membuat Angela sangat membantu dalam teamfight, terutama karena...

2. Satu Lover's Mark Saja Bisa Fatal

alpha-angela-op3

Skill ke-2 Angela, Puppet-on-a-String, mungkin terlihat seperti skill crowd control sederhana; melempar tali target, mengikat mereka, dan membuat mereka tak bisa bergerak setelah 3 detik tersambung selama 1,5 detik. Tapi mari kita lihat lebih teliti lagi; Skill ini dapat memperlambat musuh berangsur-angsur hingga 80%, bila target memiliki 2 Lover's Mark mereka dapat diperlambat hingga 100% sebelum 3 detik berlalu, jadi mereka akan sangat sulit untuk kabur dari ikatan skill ini.

Dan yang paling berbahaya adalah, setiap Lover's Mark yang dimiliki oleh target akan memberikan tambahan damage yang sama dengan damage akhir dari skill ke-2 ini, jadi satu Lover's Mark saja akan menghasilkan 2x damage biasa. Bila target memilki 5 Lover's Mark, maka tambahan damage yang diterimanya bisa sebesar 2000 damage di level 1!! Dan itu masih belum ditambah total magic power dari item. Maka tidak heran bila hero musuh yang terkena skill ini mendadak kehilangan HP dalam jumlah banyak, dan kadang malah langsung mati. Bila mereka masih hidup, mereka masih tetap terikat di tempat menunggu ajal menjemput saja.

Jadi Angela memiliki skill-1 yang serba bisa, skill-2 yang selain menjadi crowd control dapat juga menjadi skill penjagal. Tapi yang paling membuatnya benar-benar menyebalkan adalah...

3. Dia Benar-benar Dapat Berada di Mana Saja

alpha-angela-op4

Bayangkan kamu sedang bertarung 1v1 dengan hero lawan, dan kamu sudah hampir mengalahkannya setelah pertarungan yang cukup imbang. Tiba-tiba HP lawan terisi dengan warna putih panjang dan ada boneka melayang di atasnya, setelah itu kamu ditembaki gelombang cinta dan terikat di satu tempat setelah HP hero kamu sendiri mendadak kering. Lawan yang tadinya hampir berhasil kamu kalahkan malah membunuh hero kamu pada akhirnya.

Itulah skill Ultimate Angela, Heartguard. Berkat skill ini, duel 1 lawan 1 yang adil menjadi mustahil bagi hero lawan. Angela dapat merasuki tubuh hero timnya dimana pun dia berada selama 12 detik, memberikan perisai selama 6 detik dan masih mampu mengeluarkan skillnya tanpa menggunakan mana dari dalam hero tersebut selama durasi skill ini. Satu-satunya kelemahan dari skill ini adalah bila hero targetnya mati, Angela akan langsung keluar dan dapat diserang juga. Tapi dengan perhitungan cermat, hal ini jarang terjadi.

Selain menyelamatkan hero teman yang dalam bahaya, skill ini juga dapat digunakan dalam skenario berikut:

  • Membuat hero Assassin melee jadi tebal sebelum masuk menyerang lawan
  • Membantu hero Tank yang masuk ke tengah kerumunan lawan dari dalam
  • Membuat Johnson dapat membawa 3 penumpang sekaligus
  • Dan lain-lain

Perlukah di-Nerf?

angela-op5

Itulah opini dari penulis tentang alasan menagapa Angela selalu terkena ban. Memang damage yang dihasilkan tanpa bantuan Lover's Mark tidak besar, namun dengan perhitungan yang matang dan tim yang berkualitas mendapatkan Legendary sekalipun sama sekali tidak mustahil baginya, meskipun dia adalah hero Support.

Apakah dia butuh di-nerf? Bila iya, perubahan seperti apa yang cocok untuknya agar menjadi lebih seimbang? Silahkan berbagi pendapat kalian pada kolom komentar di bawah!

BACA JUGA