Battle Spell Scout: Beginilah Cara Menggunakannya!

GCUBE Mobile-Legends-Warding-Guide-Header

Patch 1.3.14 merombak ulang dua Battle Spell dalam Mobile Legends, yaitu Weakness dan Iron Wall. Keduanya telah diganti menjadi Scout dan Vengeance. Kedua Spell baru ini sudah kita bahas sebelumnya, dan kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang Scout yang menjadi Ward untuk pertama kalinya pada game ini.

Sebelum kita mulai, mungkin ada baiknya untuk kembali membahas cara kerja dari Battle Spell ini lagi.

Harper, si Ward

Scout
Battle-Spell-Scout (Cooldown: 60 detik)
Terbuka pada Lv 17

Scout akan meletakkan familiar Ward bernama Harper yang akan memberikan vision dalam satu area tertentu di sekitar tempat dia berada selama 90 detik.

Cooldown dari Spell ini adalah 60 detik, jadi kalian dapat memiliki 2 Harper sekaligus di lapangan selama 30 detik bila tidak diganggu.

Yang sudah diketahui oleh semua player adalah bahwa hero musuh dapat mengetahui keberadaan Harper bila berada dalam jarak tertentu. Selain itu, Harper akan menunjukkan dirinya bila mereka berada tepat di sebelahnya.

Harper akan segera hilang bila disentuh oleh hero musuh serta Cooldown Scout berikutnya akan berkurang sebanyak 30%.

Yang belum banyak player tahu adalah bahwa jarak pandang dari Harper bukan ditandai oleh lingkaran yang berada di sekitarnya. Itu hanyalah jarak maksimum di mana hero musuh dapat mendeteksi Harper.

Jarak pandang sebenarnya sedikit lebih jauh lagi, seperti yang terlihat pada gambar di bawah

(i) Jarak Maksimum hero musuh dapat mendeteksi keberadaan Harper
(ii) Jarak pandang maksimum dari Harper

Perlu diingat karena Harper cukup mudah untuk ditemukan, keefektifannya saat ini hanya lebih sekedar untuk early warning system saja, karena itu lah cooldown Scout akan berkurang banyak bila Harper dihancurkan oleh musuh. Sekarang kita akan membahas lokasi yang dapat digunakan untuk meletakkan Harper yang paling optimal.

Lokasi Peletakan Harper

Hero musuh yang berhasil menemukan Harper biasanya akan langsung menyentuhnya agar hilang, oleh karena itu posisikan Harper dengan menggunakan Scout di dalam bush atau di lokasi yang tidak mudah diperkirakan oleh lawan.

Berikut adalah beberapa contoh posisi Harper yang dapat kalian jadikan referensi untuk menggunakan Scout.

Posisi untuk menjaga Gold Buff dan gank sekaligus

Top/Bottom lane menjadi tempat langganan gank karena adanya Gold buff. Terkadang musuh mencuri kesempatan mengambil buff tersebut bila tidak ada hero lawan di dekat situ. Menggunakan Scout di bush tersebut dapat menjadi solusi untuk membuat mereka agak ragu untuk melakukan kedua hal tersebut.

Posisi untuk menjaga Role Buff dan Giant Mouth Monster

Siapa di sini yang saat mengambil Role Buff akan masuk bagian paling dalam dari tempat spawn Reaper/Spinner? Hal tersebut sangat jarang terjadi, dan musuh biasanya akan langsung memeriksa bush di sekitarnya bila mereka mendeteksi adanya Harper di dekat mereka.

Lokasi ini akan lebih efektif lagi bila hero yang bersangkutan menggunakan ranged attack, karena biasanya mereka akan menarik Reaper/Spinner ke jarak maksimum sebelum mereka bisa reset, yang masih tetap terlihat oleh Harper.

Posisi untuk menjaga Lord/Turtle

Sama halnya dengan Role Buff, biasanya musuh akan menarik Lord/Turtle keluar dari tempat spawn-nya agar lebih mudah untuk menyerang dan menghindar dari serangannya.

Dengan memposisikan Harper di dalam tempat spawn, mereka memiliki resiko untuk diserang dalam posisi yang tidak menguntungkan saat sedang berusaha menyingkirkan ward kalian.

Posisi untuk memonitor gerakan musuh di top lane

Saat minion di lane sedang sepi, biasanya hero musuh akan menyerang monster jungle terdekat di lane-nya. Dengan memposisikan Harper di sekitar lokasi ini akan membuat mereka terus merasa diawasi dan tidak tenang untuk mendapatkan bonus exp dan gold tersebut.

Selain itu, dari sini kalian juga bisa melihat pergerakan hero lain yang menuju top lane untuk membantu mereka.

Posisi untuk memonitor gerakan musuh di bottom lane

Posisi ward di sini cukup agresif, karena memang disarankan untuk kondisi di mana turret pertama lawan di bottom lane sudah hancur. Kalian juga bisa meletakkan di top lane pada lokasi serupa untuk posisi defensif.

Hal ini dilakukan agar dapat melihat hero yang melakukan gank ke turret kedua kalian dari arah tersebut.

Posisi untuk memonitor gerakan musuh di mid lane

Hero musuh yang datang dari base untuk berputar menuju jungle di antara mid-bottom lane biasanya akan lewat di sekitar sini. Jumlah bush yang berada di area jungle tersebut akan memberikan banyak pilihan untuk mereka mencari ward dan menahan mereka selama beberapa saat.

Posisi untuk menjaga invasi jungle dan pergerakan antar top-mid lane

Berkat jarak pandang Harper yang lebih jauh dari jarak deteksinya, posisi ini akan sangat bagus untuk melihat pergerakan musuh yang berjalan di sekitar tempat spawn Lord/Turtle di top lane tanpa mereka sadari.

Kemungkinan ward ini dapat ditemukan adalah bila mereka menginvasi jungle kalian, dan mereka akan menjadi ragu bila sadar dengan keberadaan ward di sana.

Untuk posisi serupa di bottom lane, kalian bisa menggunakan Scout di tempat spawn Ghost Mage.

Rekomendasi Hero Pembawa Scout

Karena kegunaannya yang cukup terbatas, Scout lebih cocok dibawa oleh hero yang bisa dibilang tidak memiliki Battle Spell tertentu yang sangat penting bagi mereka. Berikut adalah beberapa contohnya:

Rafaela/Estes - Peran terbesar Rafaela dan Estes adalah kemampuan mereka untuk menyembuhkan HP hero tim mereka. Di luar itu, mereka bebas membawa Item dan Battle Spell apapun.

Nana - Kemampaun Crowd Control Nana sangat ampuh berkat skillset-nya yang sangat menyebalkan, sehingga Battle Spell apapun tidak akan memengaruhi fungsi utamannya.

Johnson - Johnson memiliki skillset yang membuatnya menjadi salah satu hero Tank terbaik di saat ini, dan ward dari Scout bisa dibilang sangat sinergi dengan ultimate-nya, yaitu Rapid Touchdown. Dia jadi tidak perlu mencari-cari di mana musuh bersembunyi bila sudah terlihat oleh Harper sebelumnya.

Secara keseluruhan memang kami merasa bahwa Spell ini masih belum begitu berguna bila dibandingkan dengan Battle Spell lain, seperti Flicker misalnya. Namun, ini bisa dibilang satu langkah baik, karena banyak sekali player yang sudah lama menginginkan Battle Spell untuk memberikan vision. Bagaimana menurut kalian?

Info Lengkap Hero

Guide Mobile Legends/a>

BACA JUGA