Cara Rekam Audio Internal Mobile Legends pada Android Tanpa Root

GCUBE Cara Rekam Audio Internal Mobile Legends pada Android Tanpa Root

Pernahkah kalian ingin merekam momen-momen saat bermain Mobile Legends, namun memiliki banyak kendala yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan hasil rekaman yang baik, seperti tidak memiliki PC yang cocok untuk memproses rekaman tersebut?

Apakah kalian ingin langsung merekam lewat Smartphone kalian, namun setelah dicoba video hasil rekamannya tidak memiliki suara dari gamenya sendiri?

Dalam video tutorial yang dibuat oleh Daribatho di channel YouTubenya ini, diajarkan cara untuk merekam internal audio dalam rekaman video pada smartphone kalian dengan cara memindahkan audio output ke dalam input mic kembali ke dalam Android. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelumnya, yaitu:

  • Earphone dengan mic
  • Gunting/Alat potong lainnya
  • Cutter
  • Korek Api

Langkah pertama

tutorial-rekam-internal-audio1

Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah memastikan earphone yang kalian miliki mempunyai mic, karena ini adalah bagian paling penting. Trik ini tidak akan dapat kalian lakukan bila ternyata earphone kalian hanya memiliki sambungan output audio saja.

Langkah kedua

tutorial-rekam-internal-audio2

Gunting bagian kabel di bawah mic, dimana saja boleh, asalkan tidak terlalu dekat dengan bagian micnya. Setelah itu kupas sedikit kabel tersebut dibawah bagian yang dipotong

Langkah ketiga

tutorial-rekam-internal-audio3

Setelah mengupas kabel earphone, akan muncul 4 kabel internal yang biasanya memiliki 4 warna standar Merah, Kuning, Hijau, dan Biru. Gabungkan kabel Merah dengan kabel Hijau, dan kabel Biru dengan kabel Kuning.

Langkah keempat

tutorial-rekam-internal-audio4
tutorial-rekam-internal-audio5

Bila keempat kabel sudah terbagi menjadi 2 gabungan, bakar masing-masing ujung gabungan dari kabel tersebut. Hati-hati jangan sampai tidak sengaja menggabungkan keempat kabel itu kembali.

Setelah 4 langkah tadi sudah kalian lakukan, pasang kembali earphone tersebut pada Smartphone kalian. Kemudian mulailah merekam dengan aplikasi screen recorder seperti biasa.

Sekarang suara yang berasal dari Smartphone kalian juga akan terekam oleh aplikasi tersebut!

Mudah kan? Meskipun begitu, metode ini memiliki masalah yang mungkin cukup mengganggu, yaitu kalian sendiri tidak bisa mendengar suara dari Smartphone kalian, karena audionya diserap oleh kabel earphone tadi.

Jadi bila kalian memiliki peralatan yang lebih memadai, seperti komputer yang dapat dihubungkan ke Android kalian, atau capture card seperti Elgato, metode di atas tadi tidak perlu dilakukan lagi karena kurang praktis.

BACA JUGA