Pengantar

Ada banyak pilihan hero Mobile Legends yang mungkin membuat pemain kebingungan untuk mengetahui mana yang terbaik pada saat ini atau mana yang lebih sesuai dengan selera mereka.

Disini kami membagi beberapa hero terbaik dalam 3 kategori yang dapat digunakan sebagai acuan. Perlu diingat bahwa ini bukan berarti hero lain yang tidak disebut disini tidak berguna, kami hanya memberikan saran untuk memilih sesuai dengan meta yang ada saja.

Hero-hero Paling OP

Berikut ini adalah daftar hero yang paling kuat atau paling OP dari setiap rolenya berdasarkan meta dari patch terakhir.

Setiap hero yang terdapat dalam daftar ini sangat efektif dalam menjalankan tugas dari rolenya masing-masing, dan menjadi pilihan favorit dalam pertandingan kelas profesional.


Top 5 OP Assassin


Top 5 OP Fighter


Top 5 OP Mage


Top 5 OP Marksman


Top 5 OP Tank


Top 4 OP Support


Hero-hero Early/Mid/Late Game

Beberapa hero memang sudah cukup kuat dalam pertarungan di awal permainan, sementara beberapa yang lain baru menjadi sangat mematikan setelah mengumpulkan item yang cukup lengkap setelah pertandingan berlangsung beberapa lama.

Disini kami akan mengkategorikan beberapa hero dengan waktu rata-rata mereka sudah dapat bersinar dalam permainan.


Early Game

Hero Early game adalah kategori untuk hero yang dari sejak mendapatkan Ultimatenya saja sudah menjadi kuat tanpa perlu melengkapi item corenya terlebih dahulu. Biasanya hero-hero yang kuat dalam ganking.


Mid Game

Hero Mid game adalah kategori untuk hero yang perlu melengkapi item corenya terlebih dahulu sebelum dapat berperan besar dalam pertarungan. Biasanya hero-hero yang kuat dalam teamfight.


Late Game

Hero Late game adalah kategori untuk hero yang sangat bergantung pada core itemnya dan harus selamat dari tekanan musuh sejak awal game. Semakin lama game berlangsung, semakin kuat juga mereka. Biasanya terdiri dari hero Marksman.


Hero-hero Tiap Lane

Disini kita akan melihat beberapa contoh hero yang cocok untuk digunakan pada masing-masing lane, dengan kriteria seperti yang sudah kita bahas pada artikel tentang laning dulu.

Mau Kemana? Guide Laning Di Awal Game

Perlu diingat bahwa dalam Mobile Legends, posisi lane dimana Turtle/Lord muncul lebih penting untuk diperhitungkan dalam memutuskan hero mana yang berada dalam lane tersebut.


Mid Lane

Hero-hero yang perlu berkembang dengan cepat pada awal game, mereka sangat membutuhkan skill Ultimatenya sebagai bagian dari kombo skillnya. Biasanya untuk hero Mage atau sebagian hero Assassin.


Turtle/Lord Lane

Hero-hero yang bergerak cepat untuk membantu teamfight, karena lane mereka paling dekat dengan objektif incaran dua tim. Biasanya untuk hero yang memiliki mobilitas tinggi atau crowd control yang bagus.


Non-Turtle/Lord Lane

Hero-hero yang butuh farming tanpa gangguan yang besar dari musuh, karena itu mereka sebaiknya ke lane yang jauh dari Turtle/Lord agar resiko gank lebih kecil. Biasanya untuk hero Marksman atau Assassin.