Di Balik Sukses Moonton dan Mobile Legends

GCUBE feat-image-moonton

Dibalik Sukses Moonton - Seperti yang kita semua tahu, Mobile Legends merupakan game mobile terpopuler saat ini. Menduduki puncak chart download di Play Store dan App Store, Mobile Legends terhitung memiliki lebih dari 15 juta pemain.

Jumlah yang sangat besar setara dengan game online PC yang populer seperti Overwatch misalnya.

Namun, yang belum kita banyak tahu adalah apa sebenarnya rahasia dibalik sukses Moonton. Apalagi Mobile Legends adalah aplikasi pertama dan satu-satunya yang dirilis oleh Moonton di pasar global.

1. Melihat Peluang

ads-awal-mobile-legends
Salah satu ads awal Mobile Legends.

Walau bukan game MOBA pertama di platform mobile, Mobile Legends adalah salah satu game yang paling gencar mempromosikan gamenya di tahap awal booming-nya game MOBA di platform mobile.

Kampanye serta ads skala besar di YouTube dan juga game-game mobile lainnya merupakan salah satu faktor besar dari tumbuhnya player base Mobile Legends secara besar-besaran.

Walaupun ads awal Mobile Legends dirasa konyol dan menyebalkan, iklan ini ternyata cukup berhasil membuat banyak orang penasaran dan mencoba aplikasi ini.

2. Pengalaman Bermain Mobile

player-base-dota
Berpindahnya player MOBA di PC (seperti DotA2) ke platform Mobile menjadi salah satu faktor suksesnya Mobile Legends

MOBA tradisional di platfrorm PC biasanya membutuhkan waktu minimal 30 menit untuk menyelesaikan 1 pertandingan. Durasi permainan yang cukup lama ditambah platform MOBA yang dimainkan di PC inilah membuat banyak player MOBA mencari platform lain.

Mobile Legends menawarkan pengalaman bermain MOBA yang cukup singkat (1 pertandingan paling lama hanya akan memakan waktu sekitar 20 menit) dan dapat dimainkan di ponsel sehingga Mobile Legends dapat dimainkan dimanapun dan kapanpun. Bahkan ditengah-tengah kesibukan dan keramaian.

3. Melihat Kompetitor dan Target Pasar

Arena of Valor, Kompetitor Terbesar Mobile Legends

Fokus Moonton untuk meraup sebanyak mungkin pemain di kawasan Asia Tenggara terbukti menjadi sebuah langkah cerdas. Melihat pasar Cina yang dikuasai Arena of Valor dan Amerika Utara serta Korea Selatan yang dikuasai oleh League of Legends.

Kesuksesan Moonton lebih berfokus ke Asia Tenggara yang memiliki banyak jumlah pemain (terutama dari Indonesia) dan belum dikuasai oleh kompetitornya.

Hasilnya, Mobile Legends memiliki lebih banyak pemain aktif di Indonesia saja dibanding dengan pemain aktif DotA 2 di seluruh dunia.

4. Update Konten Berkala

Banyak sekali game di platform mobile yang sukses di awal dan kemudian ditinggalkan begitu saja begitu developer-nya sudah meraup untung. Mobile Legends sendiri sudah berjalan 2 tahun dan terus menerus mendapat update konten (hero baru, mode permainan baru, skin hero baru, dll.) dalam hitungan mingguan atau bulanan.

Update berkala ini membuat Mobile Legends terus berasa fresh bagi pemain lama dan memberikan pengalaman berbeda dari MOBA mobile lainnya bagi pemain baru. Hal ini membuat jumlah player Mobile Legends terus berkembang terus menerus.

Daftar Hero Mobile Legends

Tips dan Trik Mobile Legends

Guide Strategi Mobile Legends

BACA JUGA