Fighter OP Terbaru? Siapakah Dia?!

GCUBE Mobile-Legends-Ruby-Highlight-Header

Hero Fighter dalam Mobile Legends bisa dibilang berada pada posisi yang lebih baik dari sebelumnya. Berkat patch yang memberikan balancing pada hero serta item-item yang ada, kini mereka bisa berperan lebih banyak dalam pertarungan sebagai penyerang garis depan yang kuat. Contohnya Martis yang hingga sekarang masih menjadi favorit dalam turnamen profesional.

Namun sekarang ada satu lagi hero Fighter yang menjadi favorit dan sudah beberapa kali muncul dalam MPL Season 2 ini; Dia adalah Ruby.

Apakah yang membuatnya menjadi pilihan pemain profesional kali ini, padahal dulu dalam Classic Game pun jarang terlihat digunakan. Kami dari GCube akan membahasnya disini!

1. Sangat Lincah

Ruby memiliki skill pasif yang membuatnya dapat melompat ke arah manapun setiap menggunakan skillnya, sehingga mobilitasnya tinggi sekali. Berbeda dengan Alucard yang melompat ke arah target untuk menyerang, Ruby tidak membutuhkan target dan dapat bergerak ke arah yang diinginkan kapan saja, bahkan melewati tembok sekali pun.

Ini membuat lari dari Ruby menjadi susah sekali, mengejarnya pun menjadi hal yang merepotkan. Terutama karena skill 1nya memberikan efek slow ke seluruh musuh yang dikenainya.

2. Sustain yang Sangat Tinggi

Seluruh item pada Ruby akan memberikan efek Spellvamp pada seluruh skillnya, dan rasionya mencapai 125%! Angka yang sangat tinggi untuk membuatnya dapat bertahan dalam pertarungan yang sengit.

Tidak hanya itu, setiap dia berpindah tempat setelah menggunakan skill, dia mendapatkan tamabahan Physical Defense dan Magic Resist hingga 3 tumpukan, sehingga membuatnya jadi lebih tebal dari biasanya. Terlebih lagi, efek ini bertambah seiring dengan level hingga maksimum 40 poin per tumpukannya.

Berkat efek dari skill pasif ini, Ruby dapat melawan banyak hero sekaligus di garis depan sambil memulihkan HPnya kembali dengan penggunaan skill yang akurat agar mengenai banyak target sekaligus.

3. Crowd Control yang Kuat

Seluruh skill Ruby memiliki Crowd Control. Skill 1 memiliki efek Slow yang besar, sementara skill 2 dan skill 3 memiliki efek stun sekaligus menarik musuh yang dikenainya ke arah Ruby.

Ini membuatnya sangat berperan untuk menghabisi lawan yang kuat, terutama dalam teamfight besar dimana dia dapat menyerang banyak hero sekaligus dengan seluruh skill ini. Apalagi karena...

4. Skillnya Dapat di-Spam

Skill Ruby memiliki Cooldown yang rendah, terutama bila mengumpulkan item yang memberikan pengurangan Cooldown. Dengan build yang baik, dia dapat menggunakan kombo berikut:

  • Skill 1 untuk menyerang dari jauh dan melompat masuk ke jarak serangan untuk menyerang sekali
  • Skill 2 untuk menarik dan menstun musuh sambil menyerang sekali lagi
  • Skill 3 bila musuh berusaha kabur dan serang sekali lagi
  • Saat ini, skill 1 sudah lepas dari cooldown, maka gunakan lagi untuk memulai serangan berikutnya

Dengan kemampuan Ruby menggunakan skillnya berturut-turut, dia dapat bergerak terus setiap menyerang dan memulihkan HPnya sekaligus mendapatkan bonus Physical & Magic Defense. Bila sudah memiliki Endless Battle atau Thunder Belt, kemampuan Ruby menspam skillnya akan menjadi sangat mematikan bagi lawan manapun.


Ruby-Highlight-Victory

Itulah analisa kami tentang kenapa Ruby menjadi salah satu hero Fighter favorit di season kali ini. Sebelum kita tutup, kami perlu memberikan sedikit peringatan bagi yang ingin mencobanya: Damage Ruby bisa dibilang kecil sekali, terutama bila dibandingkan dengan Martis atau Lapu-Lapu.

Ya, ini adalah kompensasi agar Ruby tidak jadi terlalu OP. Kalau tidak, mungkin hero Fighter lain jadi tidak menarik lagi! Tapi dengan efek spellvamp yang sangat kuat dan skill-setnya yang dapat dispam, Ruby tetap sangat kuat dalam teamfight, dan musuh yang melawannya biasanya mati duluan karena HPnya bertambah terus.

BACA JUGA