Guide Akai – Panda Petarung Pemberani

GCUBE mobile-legends-akai-portrait

Pendahuluan

Akai-Hero-Screen

Akai adalah Hero Tank yang cukup sering terlihat dalam pertandingan profesional Mobile Legends selain Grock dan Lolita. Bagaimana tidak, selain daya tahannya yang tinggi, skill-skill yang dia miliki sangat cocok untuk menjadi pelindung anggota tim lainnya dan mengacaukan formasi musuh dengan cepat. Bila Akai sudah mulai memutar bambunya di samping hero lawan, dia hanya bisa pasrah dan berdoa masih bisa hidup setelah dia mulai dikerumuni hero lain yang menjadi sekutu panda ini.

Kelebihan dan Kekurangan Akai

Kelebihan
• Sangat tangguh berkat passive-nya
• Skill pertamanya bisa digunakan untuk initiator atau untuk kabur
• Bisa merusak formasi musuh dengan mudah menggunakan Ulti-nya
Kekurangan
• Damage output-nya rendah
• Terbuka terhadap Crowd Control selama Ultimate

Build Item Akai

Antique Cuirass akan memberikan tambahan HP dan Armor untuk Akai, serta mengurangi physical damage hero lawan yang menyerangnya.

Rapid Boots, seperti namanya, akan memberikan movement speed tambahan yang besar untuk Akai. Dengan sepatu ini, akan lebih mudah baginya untuk mengejar lawan dan kabur dari bahaya maut.

Dominance Ice akan membuat keberadaan Akai saja di saat teamfight sudah merepotkan lawan dengan aura pasifnya. Disamping cooldown reduction yang diperlukannya, tambahan armor serta pengurangan damage critical juga akan membuat Akai semakin mengancam hero lawan yang mengandalkan critical dari physical damage.

Athena's Shield memberikan tambahan HP dan Magic Resistance untuk Akai, serat memberikan perisai pelindung setiap beberapa detik untuk membuatnya lebih tebal lagi.

Sky Guardian Helmet memberikan tambahan HP yang sangat besar. Selain itu, kemampuan pasif dari item ini akan membuat regenerasi HPnya sangat cepat di luar pertarungan.

Immortality adalah item yang akan membuat lawan sangat kerepotan untuk membunuh Akai, karena dia dapat hidup kembali dan langsung melompat lari dari bahaya, atau bahkan segera menyalakan ultimatenya dan membuat lawan kocar-kacir.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Tank Emblem-Custom-Support
Custom Tank Custom Support

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Purify
Flicker Purify

Purify akan menghapus semua efek crowd control pada Akai dan mengurangi efek berikutnya untuk sementara. Ultimate Akai akan terbuang sia-sia bila terkena efek crowd control, bahkan slow sekalipun dapat melumpuhkannya. Selain itu dia tidak dapat melompat kabur bila terkena stun terus menerus. Oleh karena itu, battle spell ini menjadi pilihan

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Build Skill Akai

Skill 1 Akai lebih dipakai untuk memulai pertarungan, mengejar lawan, atau untuk lari. Menaikkan level skill ini hanya menambah damage yang ditimbulkannya, sementara durasi stun tetap sama. Oleh karena itu biarkan skill 1 dalam level 1 hingga tidak ada lagi yang bisa dinaikkan.

Skill 2 adalah satu-satunya cara Akai untuk melakukan poke ke hero lawan dari jauh, tapi efek yang diinginkan dari skill ini adalah tambahan damage dari semua sumber bila mengenai musuh, membuat skill ini sangat berguna untuk mensupport hero damage dealer dalam tim kamu pada teamfight, terutama bila HP Akai sendiri sudah cukup besar untuk tambahan damagenya. Skill ini menjadi prioritas untuk dinaikkan levelnya.

Skill 3 Akai adalah alasan utama untuk memakainya. Putaran bambu selama durasi skill ultimate ini dapat memukul mundur lawan berkali-kali dan membuat mereka tidak dapat melakukan apa-apa bila dipepetkan ke arah tembok. Banyak sekali kegunaan skill ini, misalnya mendorong gerombolan musuh dari carry timmu, mendorong hero lawan ke arah tower, menggiring carry tim lawan ke arah timmu untuk dihabisi terlebih dahulu dalam teamfight, merusak formasi lawan hingga koordinasi mereka terganggu, dan lain-lain. Jangan lupa skill ini bersifat channeling, jadi jangan gunakan skill lain saat menggunakan skill ini, karena akan menghentikan durasi putaran.

Untuk urutan skill yang diambil, ambil skill 2 pertama kali dan terus naikkan hingga level maksimum. Ambil skill 1 untuk urutan kedua dan naikkan di akhir nanti, tapi bila ingin bermain agresif skill ini bisa diambil pertama kali. Tentu saja skill 3 selalu dinaikkan setiap kali bisa diambil.

Cara Memainkan Akai

Early Game

akai-gameplay-1

Sebelum memulai bermain Akai, ingatkan diri sendiri: Akai bukan hero yang bisa mendapat kill, Akai adalah perusuh, Akai adalah samsak tinju untuk lawanmu.

Di tahap awal permainan, poin ketiga akan sangat terlihat dengan jelas, karena dia belum bisa melakukan apa-apa sendirian. Tapi bila Akai ditemani oleh hero lain yang bisa mendapatkan kill dengan mudah, poin kedua akan sangat terlihat dengan jelas, Akai dapat membuat lawan kerepotan bila mereka terus diganggu olehnya sementara tim kamu memberikan damage pada mereka dengan aman. Ingat, skill 1 dan skill 2 Akai membuatnya sangat efektif dalam melakukan gank yang baik.

Mid Game

akai-gameplay-2

Di tahap ini Akai sudah mulai berbahaya, terutama bila pertarungan terjadi dekat turret. Lompat ke belakang lawan dan nyalakan ultimate untuk mendorong mereka ke jarak tembak turret, kalau bisa kunci juga mereka dengan mengarah ke tembok agar sama sekali tidak bisa kabur. Fokuskan tujuan permainan untuk melindungi carry tim dan mengacaukan gerakan lawan. Sekali lagi, lupakan kill, Akai hanya bisa membunuh lawan yang memang sudah kehabisan banyak HP.

Late Game

akai-gameplay-3

Di penghujung permainan, Akai adalah monster yang membuat lawan was-was dalam melakukan teamfight hingga mereka terpaksa berpencar. Jangan ragu-ragu untuk melompat langsung ke tengah-tengah kumpulan musuh walaupun HP Akai sendiri belum penuh, dia akan mendapatkan perisai setiap mengeluarkan skillnya dengan cooldown yang singkat, jadi dia akan bertahan cukup lama. Bila tim kamu terkoordinasi dengan bagus, kematian Akai pun bisa memenangkan teamfight, karena seluruh skill lawan sudah habis dipakai ke arahnya dan tim kamu bisa menyerang dengan bebas. Tapi bukan berarti Akai bisa maju seenaknya, karena dia sangat butuh bantuan tim untuk membuatnya berguna. Usahakan untuk menggiring carry lawan ke arah yang diinginkan setiap kali melompat dan menyalakan ultimate, bisa langsung digiring ke tim untuk dihabisi, ke tembok untuk mengunci mereka, atau sekedar mendorong jauh ke belakang agar tim kamu bisa fokus melawan yang lain.

Kombinasi Hero Akai

Hati - Hati terhadap
Mage-Kagura Support-Nana Support-Diggie Mage-Eudora
Kagura Nana Diggie Eudora

Cocok Dengan
Tank-Grock Fighter-Roger Marksman-Irithel Support-Estes
Grock Roger Irithel Estes

Kesimpulan

Akai-Victory

Kemampuan Akai untuk mengacau di garis depan membuatnya sering di-ban di ranked match dan pertandingan profesional, karena di tangan yang benar dia sangat merepotkan. Manfaatkan perisai dari skill pasif Akai untuk memulai pertarungan, dan berlatihlah menggunakan ultimatenya untuk menggiring lawan ke arah yang diinginkan. Jangan takut untuk dikeroyok hingga tewas bila itu bisa memutar balikkan keadaan, ataupun hanya sekedar membuat carry timmu bisa lari. Tapi jangan lompat ke tengah-tengah lawan sendirian, karena dia pasti akan cepat mati. Gunakan perhitungan yang matang sebelum menghadang lawan dan putarkan bambu panda ini menuju kemenangan.

BACA JUGA