Guide Aldous – Sekali Pukul, Musuh Mati?!

GCUBE mobile-legends-aldous-portrait

Pendahuluan

selena-hero-screen

Aldous adalah hero Fighter di Mobile Legends yang dapat menjadi lebih kuat sepanjang berlangsungnya game. Skill ke-1nya mendapatkan damage tambahan setiap kali berhasil membunuh monster ataupun minion, sehingga mampu menghasilkan damage yang sangat besar.

Selain itu, dia juga memiliki perisai penahan serangan lawan, dan skill Ultimatenya mampu mengejar lawan dimanapun mereka berada.

Kelebihan dan Kekurangan Aldous

Kelebihan
• Damage skill 1 dapat menjadi sangat besar sekali
• Tidak perlu build item damage untuk menghasilkan damage besar
• Ultimatenya dapat digunakan dari manapun
Kekurangan
• Sangat lemah di awal permainan
• Skill pasifnya butuh timing yang tepat bersama dengan skill 1

Build Item Aldous

Dalam guide ini kami akan memberikan 2 build item untuk Aldous. Yang pertama adalah untuk memaksimalkan potensi damagenya, sementara yang kedua untuk membuatnya menjadi hero off-tank inisiator:

Meskipun dulu sudah kita bahas dengan hasil sebaliknya, Endless Battle adalah item damage yang paling cocok untuk Aldous. Tambahan damagenya memang masih belum terasa di awal-awal, namun dengan mana regen yang diberikan serta damage dari skill 1 yang akan terus bertambah, item ini akan memberikan efek yang sangat signifikan dari sejak sebelum mid-game.

Magic Shoes merupakan pilihan item penambah Movement Speed untuk Aldous bila ingin mendapatkan tambahan Cooldown Reduction dari skillnya, terutama untuk Skill 2 dan Ultimate yang memiliki Cooldown cukup lama.

Berserker's Fury akan memberikan kemampuan menghasilkan damage Critical yang besar pada Aldous. Jika Critical terjadi saat Skill 1 digunakan dengan jumlah stack yang besar, kalian akan kaget sendiri dengan angka yang keluar.

Thunder Belt akan memberikan kemampuan bertahan yang kuat sekaligus menghilangkan masalah penggunaan Mana pada Aldous setelah digabungkan dengan Endless Battle, membuatnya mampu menggunakan skillnya tanpa ragu.  Disamping itu, serangannya mampu memberikan efek Slow pada lawan, sehingga mereka akan susah untuk lari.

Wings of the Apocalypse Queen akan memberikan tambahan HP yang signifikan untuk Aldous. Selain itu, item ini juga akan memberikan bonus Lifesteal serta membuat Aldous bertahan lebih lama saat HPnya tinggal sedikit.

Blade of Despair akan menjadikan Aldous monster dengan damage terbesar bila skill 1 terus bertambah hingga late game. Jangan heran bila tiba-tiba ada hero lawan yang sekali pukul langsung tewas.

Thunder Belt akan memberikan kemampuan bertahan yang kuat sekaligus menghilangkan masalah penggunaan Mana pada Aldous setelah digabungkan dengan Endless Battle, membuatnya mampu menggunakan skillnya tanpa ragu.  Disamping itu, serangannya mampu memberikan efek Slow pada lawan, sehingga mereka akan susah untuk lari.

Warrior Boots merupakan pilihan item penambah Movement Speed untuk Aldous bila ingin mendapatkan tambahan Armor serta kemampuan bertahan yang lebih baik bila berada di tengah-tengah pertarungan.

Antique Cuirass memberikan bonus pertahanan yang kuat serta membuat serangan musuh semakin berkurang setiap menyerang Aldous

Wings of the Apocalypse Queen akan memberikan tambahan HP yang signifikan untuk Aldous. Selain itu, item ini juga akan memberikan bonus Lifesteal serta membuat Aldous bertahan lebih lama saat HPnya tinggal sedikit.

Sky Guardian Helmet memberi tambahan HP yang sangat besar. Selain itu, bonus regenerasi HP dari item ini juga dapat membuat Aldous bertahan lebih lama di medan tempur.

Immortality memberikan tambahan Magic Defense, dan membuat Aldous lebih aman untuk masuk ke tengah teamfight dengan Ultimatenya karena dia dapat hidup kembali.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Fighter Emblem-Custom-Tank
Custom Fighter Custom Tank
Talent (Fighter) Talent (Tank)
Bravery Lv.3 Vitality Lv.3
Invasion Lv.3 Inspire Lv.3
Unbending Will Attack and Defense

Untuk build damage, kami sarankan Emblem Custom Fighter. Gunakan Bravery dan Invasion untuk tambahan damage dan armor penetration, serta Talent Unbending Will yang dapat meningkatkan damage hingga 10% seiring dengan berkurangnya HP. Pilihan Talent lainnya adalah Disabling Strike, yang akan memberikan efek slow pada musuh yang terkena skill.

Sementara untuk build off-Tank, kami sarankan Emblem Custom Tank. Gunakan Vitality dan Inspire untuk tambahan HP dan Cooldown Reduction, serta Talent Attack and Defense yang meningkatkan Physical Attack kalian seiring dengan bertambahnya HP.

Pilihan Talent lainnya adalah Tenacity, yang meningkatkan pertahanan saat HP dibawah 40%, cocok bila digabungkan dengan Wings of the Apocalypse Queen.

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Retribution Battle-Spell-Flicker
Retribution Flicker

Retribution akan sangat membantu Aldous untuk farming, terutama bila menggunakan build damage. Dia akan dapat dengan mudah mendapatkan Role Buff maupun Gold Buff

Flicker dapat menyelamatkan nyawa pemain di saat yang genting, karena sebenarnya Aldous tidak memiliki kemampuan untuk lari yang cukup meskipun Skill ke-2nya mampu menstun musuh.

Build Skill Aldous

Skill 1 Aldous adalah sumber damage utamanya yang akan menjadi semakin kuat setiap kali dia membunuh monster/minion maupun hero lawan. Bila pemain dapat menggunakannya setiap kali mendapatkan last hit dari sejak early game, damagenya akan menjadi sangat besar di late game. Skill ini tidak menghasilkan damage pada satu target saja, jadi Aldous dapat mendapatkan tambahan stack dari membunuh banyak monster sekaligus

Karena sifat Skill 1 yang memperkuat serangan Aldous berikutnya, dia dapat mengeluarkannya segera setelah melakukan 2 kali serangan tanpa ada jeda. Selain itu, skill 1 ini juga akan menyalakan efek dari Skill Pasif Aldous, sehingga perisai pelindung yang dihasilkan juga akan lebih tebal.

Skill 2 Aldous membuatnya kebal dari serangan biasa dan mengurangi 50% damage dari serangan lainnya, sekaligus memberikan tambahan movement speed, sehingga sangat cocok digunakan sebelum memulai pertarungan atau bila berada di tengah-tengahnya. Setelah durasi skill ini habis atau bila diaktifkan kembali, seluruh musuh di sekitar Aldous akan terkena damage sekaligus mengalami efek stun.

Skill 3 Aldous akan membuatnya dapat melihat posisi seluruh hero lawan, dan bila diaktifkan sekali lagi akan membuatnya terbang ke arah hero yang dipilihnya.  Aldous akan menabrak hero tersebut dengan damage yang besar dan memukul mundur mereka sesaat. Namun hati-hati, bila hero target mati sebelum Aldous menabraknya, dia tetap akan terbang ke lokasi terakhir hero tersebut berada. Skill ini dapat dibatalkan saat Aldous sedang terbang dan cooldownnya akan pulih sebagian.

Untuk kombinasi skill yang digunakan, selalu gunakan Skill ke-2 sebelum melakukan serangan agar dapat mendekati musuh dengan cepat dan langsung menstun mereka setelah berada di sebelahnya. Setelah itu, pukul mereka 2 kali dengan serangan biasa, dan gunakan Skill 1 untuk tambahan damage dan mengaktifkan Skill Pasifnya agar mendapatkan perisai yang besar.

Untuk urutan skill, Skill 1 adalah prioritas utama sebagai sumber damage. Skill 2 lebih digunakan untuk kemampuan bertahannya saja. Dan tentu saja, skill Ultimate selalu dinaikkan begitu ada kesempatan.

Cara Memainkan Aldous

Early Game

Dalam Early Game, Aldous bisa dibilang sangat rentan dari serangan, terutama bila hero lawan pada lanenya dapat menyerang dari jauh. Bermainlah dengan aman sambil melakukan last hit pada minion dengan Skill 1 setiap ada kesempatan, tidak perlu terlalu agresif menyerang hero lawan di tahap ini. Kamu juga dapat mencari monster hutan bila lane kamu sudah sepi untuk mencari tambahan damage pada skill 1 lagi.

Jangan ragu untuk meminta bantuan bila kamu merasa kewalahan, meskipun Aldous belum dapat menghasilkan damage yang besar skill setnya memang terbuat untuk menjadikannya petarung garis depan. Dengan sedikit bantuan, Aldous dapat mengalahkan hero lane lawannya.

Mid Game

Pastikan Aldous sudah memiliki belasan stack pada Skill 1nya di tahap ini, karena performanya akan sangat jatuh bila tidak. Tanpa stack yang cukup, Aldous masih harus berada dalam lane untuk mencari last hit dan tidak dapat roaming dengan baik untuk membantu timnya.

Bila stack yang dimilikinya sudah cukup, Aldous sudah bisa bergabung dalam teamfight untuk memimpin serangan atau menyusul dengan Ultimatenya. Jangan ragu untuk berada di garis depan bila tim kamu berada di sekitar, Aldous mampu menghasilkan damage besar dan crowd control yang cukup untuk membuat lawan tidak bisa membalas dengan aman.

Late Game

Bila semua berjalan lancar dari sejak Early game, Aldous tidak dapat dihentikan tanpa burst damage tinggi atau crowd control yang cukup. Damage yang dihasilkannya sudah terlalu tinggi untuk hero selain Tank atau Fighter, jangan kaget bila hero Marksman atau Assassin langsung mati dalam beberapa serangan saja. Bila dalam keadaan aman, geser kamera kalian dengan menggunakan minimap untuk melihat kondisi musuh, bisa jadi kalian menemukan target bagus untuk Skill Ultimate kalian.

Maju bersama Tank di tim kamu, atau pimpin serangan bila memang tidak ada Tank. Incar musuh yang dapat kalian bunuh dengan mudah, terutama bila mereka dapat membahayakan tim kamu. Jangan ragu menggunakan skill Ultimate untuk segera menghabisi hero tersebut bila posisi mereka sulit didekati dengan cara biasa.

Kombinasi Hero Aldous

Kuat Melawan
Coming Soon

Hati - Hati terhadap
Coming Soon

Cocok Dengan
Coming Soon
Grock

Kesimpulan

aldous-victory

Aldous merupakan salah satu hero yang harus bermain dengan baik dari sejak awal pertandingan, karena kesalahan yang berulang-ulang akan membuatnya tidak dapat menjadi aset sama sekali untuk timnya, bahkan dapat menjadi beban.

Oleh karena itu, kami memberikan 2 build untuk Aldous dalam guide ini, build damage sangat disarankan bagi kalian yang merasa nyaman dari sejak Early game, sementara build defense dapat kalian gunakan bila merasa musuh mendominasi kalian sehingga tidak dapat farming Gold maupun stack pada skill 1, dengan build ini setidaknya kalian dapat bertahan lama dalam pertarungan meskipun tidak dapat menghasilkan damage besar.

Meskipun begitu, kami sangat merekomendasikan untuk sebisa mungkin menggunakan build damage, karena dengan build tersebut kalian dapat memaksimalkan potensi Aldous yang dapat membunuh musuh dalam satu kali pukulan.

BACA JUGA