Guide Chang’E – Dewi Rembulan dari Khayangan

mobile-legends-change-portrait

Pendahuluan

Mage yang satu ini mungkin kecil dan mungil, namun jangan salah. Chang'E merupakan salah satu Mage terbaru yang memiliki potensial yang sangat besar. Hero ini dapat memiliki banyak sekali kegunaan. Bisa mengacaukan posisi musuh, memberikan efek Stun, dan memberikan damage yang besar. Selain itu, Chang'E juga sangat berbahaya di late-game karena Passive-nya. Assassin semacam Lancelot atau Gusion pun harus mempersiapkan matang-matang sebelum menyerang Si Dewi Rembulan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Chang'E

Kelebihan
• Memilki potensi Burst damage yang sangat tinggi
• Dapat menzone lawan dengan skill 1 dan 2nya
• Skill Ultimatenya masih berbahaya walaupun tidak berhasil mengenai target
Kekurangan
• Tidak memiliki skill untuk melarikan diri
• Seluruh skillnya bersifat skill-shot

Build Item Chang'E

Enchanted Talisman akan membuat pemain dapat lebih sering menggunakan Skill. Cooldown reduction-nya sangat besar, dan pasifnya akan memberikan Mana yang hampir tidak terbatas. Item ini akan membuat Chang'E lebih sering menggunakan Skill sehingga bisa lebih cepat membangun Stack.

Arcane Boots memberikan Magic PEN dan kecepatan gerakan sehingga lebih mudah bagi pemain untuk menghabisi lawan, terutama di early-game. Di late game, pemain bisa mengganti item ini dengan barang Magic lain seperti Divine Glaive (Magic PEN) atau barang Defense sesuai kebutuhan.

Glowing Wand akan membakar musuh setelah menerima Damage dari pemain. Selain menambah serangan yang diterima lawan, Skill juga dapat menghabisi lawan sekarat yang sedang kabur.

Holy Crystal akan meningkatkan kekuatan Skill setelah menggunakan Skill sebelumnya. Ketiga Skill dari Chang'E memiliki sinergi 1 sama lain sehingga pemain akan sering menggunakan 2 atau bahkan 3 Skill secara berurutan. Biasakan diri untuk menggunakan Ultimate di urutan ke-2 untuk memanfaatkan efek Passive item ini dengan maksimal.

Concentrated Energy akan membantu memulihkan HP Hero dalam pertarungan, sehingga pemain tidak terlalu butuh kembali ke base untuk mengisi HP.

Blood Wings akan membuat Chang'E menjadi lebih tebal seiring bertambahnya magic power yang dimilikinya. Di late-game, item ini akan mampu menyelamatkan pemain dari serangan musuh.

Recommended Emblem
Emblem-Common-Magic Emblem-Custom-Mage
Common Magic Custom Mage

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Retribution
Flicker Retribution

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Battle Spell ini adalah kartu As pemain dengan Hero yang rendah mobilitasnya. Dapat juga digunakan untuk mengejar lawan dari balik tembok, atau memberikan serangan tiba-tiba.

Retribution juga bisa pemain gunakan untuk mempercepat proses farming. Gunakan Battle Spell ini jika pemain harus berada di lane tengah sendirian.

Build Skill Chang'E

Maksimalkan Skill 2 terlebih dahulu. Skill ini adalah kunci kekuatan Chang'E. Selain memberikan damage yang besar, Skill ini memiliki Cooldown yang singkat, sehingga bisa di Spam terus menerus. Skill ini akan meluncurkan 5 serangan yang tentunya akan meningkatkan stack Passive untuk meningkatkan Magic Power Hero ini. Efek Stun yang diberikan juga sangat mengganggu bagi musuh. Skill ini dapat menyerang beberapa musuh yang berdekatan, namun hanya 1 yang akan terkena Stun setelah menerima 3 serangan. Pemain juga mendapatkan tambahan kecepatan gerakan selama durasi Skill.

Skill 1 sangat berguna saat dikombinasikan dengan Skill 2. Pemain akan mengeluarkan lingkaran yang memberikan efek Slow ke musuh dan menarik mereka ke pusat lingkaran. Dapat dikombinasikan dengan Skill 2 sehingga menyerang lebih banyak Hero musuh.

Skill 3 dari Hero ini akan memberikan Damage yang besar, apalagi di late-game dipadu dengan gear dan stack dari Passive. Sangat bagus untuk membangun Stack Passive. Berguna dalam pertarungan tim, dan berbahaya dalam pertarungan 1 lawan 1.

Cara Memainkan Chang'E

Early Game

chang'e-gameplay-1

Sebagai seorang Mage, tentu saja pemain memiliki pertahanan yang sangat lemah. Oleh karena itu berjalanlah 1 lane dengan Fighter atau Tank. Gunakan Skill 2 untuk melakukan poke dan mendapatkan stack passive, lalu habisi hero musuh bila memungkinkan. Jika tidak, mundur dan tunggu sampai memiliki Ultimate untuk sebelum bermain lebih agresif. Apabila stack Passive sudah hampir mendekati 40, gunakan Ultimate dari jarak aman untuk mendapatkan tambahan Magic Power dari Passive. Sering- sering melakukan poke untuk mendapatkan Stack Passive. Manfaatkan Skill 1 untuk menarik musuh yang kabur.

Mid Game

chang'e-gameplay-2

Perhatikan Lane lain dan lakukan gank bersama dengan teman 1 lane, setelah lane sendiri aman. Apabila tidak, komunikasikan siapa yang harus membantu lane lain. Apabila pemain yang pergi berpindah lane untuk membantu teman, gunakan Skill 2 untuk memberi Stun, lalu Ultimate untuk memberikan Damage. Jika pemain yang menjaga lane, jangan jauh-jauh dari area turret sendiri, apalagi bila ada Hero yang bisa menculik, seperti Akai, atau Franco.

Late Game

chang'e-gameplay-3

Jangan maju membersihkan lane sendirian. Temani Fighter atau mungkin Assassin untuk membantu memastikan kematian lawan. Di tahap ini, Passive dari pemain harusnya sudah cukup tinggi untuk mampu menghabisi musuh dengan kombinasi Skill 2 dan Ultimate. Gunakan Skill 1 untuk mengumpulkan musuh, lalu disusul Skill 2 dan Ultimate. Selalu berada di belakang teman, karena jarak Skill dari Chang'E lumayan jauh.

 

Kombinasi Hero Chang'E

Kuat Melawan
Mage-Odette Mage-Pharsa Fighter-Balmond
Odette Pharsa Balmond

Hati - Hati terhadap
Assassin-Saber Assassin-Hayabusa Assassin-Helcurt
Saber Hayabusa Helcurt

Cocok Dengan
Fighter-Alpha Mage-Zhask Tank-Tigreal
Alpha Zhask Tigreal

Kesimpulan

chang'e-victory

Musuh yang berhadapan dengan Chang'E akan dibombardir oleh berbagai serangan yang diluncurkan. Apabila Hero ini dibiarkan menumpuk Stack Passive-nya, Item Defense seperti apapun akan rontok olehnya. Bisa mengumpulkan musuh ke satu tempat, memberikan Stun, dan Damage yang besar merupakan asset Hero ini. Saat berhadapan dengan Chang'E, jangan pernah remehkan Si Kecil ini.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *