Guide Chou – Jadi Dia Fighter Atau Tank Sih?

GCUBE mobile-legends-chou-portrait

Pendahuluan

chou-hero-screen

Chou adalah hero Fighter di Mobile Legends yang bernasib aneh; pihak developer membuatnya sebagai hero Fighter, dengan set item awal untuk Fighter dan harapan dia dapat menghasilkan burst damage tinggi. Namun pada prakteknya, skillset yang dia miliki tidak dapat membuatnya menghasilkan damage besar seperti hero Fighter lain, misalnya Martis  dan Bane.

Setelah digunakan oleh para pemain, terutama pemain-pemain profesional, pada akhirnya Chou justru bersinar sebagai hero Tank yang memulai teamfight atau yang mengunci hero lawan paling berbahaya untuk dihabisi timnya. Bahkan dia bisa sampai terkena ban pada pertandingan tingkat profesional berkat potensinya sebagai hero 'Tank' yang handal!

Kelebihan dan Kekurangan Chou

Kelebihan
• Sangat ampuh dalam merusak formasi lawan
• Mobilitas yang baik dalam combo skill dan anti CCnya
• Dapat mengunci musuh paling berbahaya dengan Ultimate
Kekurangan
• Jauh lebih cocok menjadi Tank karena damagenya sangat rendah
• Karena itu skill pasifnya sebenarnya tidak berguna

Build Item Chou

Rapid Boots sudah menjadi item yang sangat bagus untuk hero manapun sejak reworknya, terutama untuk mereka yang sering roaming. Dengan ini, Chou akan sangat mudah bergerak untuk melihat-lihat keadaan atau membantu teman yang jaraknya jauh.

Antique Cuirass memberikan bonus pertahanan yang kuat serta membuat serangan musuh semakin berkurang setiap menyerang Chou.

Athena's Shield memberikan bonus Magic Resistance dan HP yang cukup besar. Selain itu, perisai yang dihasilkannya juga sangat membantu menahan damage yang masuk dari musuh.

Sky Guardian Helmet memberi tambahan HP yang sangat besar. Selain itu, bonus regenerasi HP dari item ini juga dapat membuat Chou bertahan lebih lama di medan tempur.

Cursed Helmet dapat dipakai untuk tambahan Magic Resistance dan HP, sekaligus membuat musuh di sekitar Chou menerima damage. Namun, bila komposisi lawan lebih ke arah Physical Damage, item ini dapat diganti menjadi Blade Armor saja, untuk tambahan Armor dan melukai musuh yang menyerang Chou.

Immortality memberikan tambahan Magic Defense, dan membuat Chou lebih aman untuk masuk ke tengah teamfight dengan Ultimatenya karena dia dapat hidup kembali.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Tank Emblem-Custom-Fighter
Custom Tank Custom Fighter
Talent (Tank) Talent (Fighter)
Vitality Lv.3 Firmness Lv.3
Fortress Lv.3 Durability Lv.3
Tenacity Disabling Strike

Kami sarankan Emblem Custom Tank untuk emblem utama Chou. Gunakan Vitality dan Fortress untuk tambahan HP dan Armor, serta Talent Tenacity yang meningkatkan Physical dan Magic Defensenya sebesar 35 poin saat HP dibawah 40%.

Pilihan Talent lainnya adalah Brave Smite, yang sangat cocok dengan skillsetnya yang kebanyakan memiliki efek Crowd Control.

Jika ingin variasi lainnya, Emblem Custom Fighter bisa juga digunakan berkat tambahan atribut dan talentnya yang masih mendukung. Gunakan Firmness dan Durability untuk tambahan Armor dan HP, serta Talent Disabling Strike untuk memperkuat efek Crowd Control dari skill-skill Chou.

Pilihan Talent lainnya adalah Steady Like a Rock, yang cocok bila digunakan melawan musuh yang memiliki banyak efek Crowd Control juga.

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Iron-Wall
Flicker Iron Wall

Flicker dapat menyelamatkan nyawa pemain di saat yang genting, karena meskipun skill 1 dan skill 2 dapat dikombinasikan untuk melarikan diri, kadang itu pun masih kurang. Terutama bila sedang cooldown.

Iron Wall akan memberikan pertahanan yang sangat besar pada Chou bila dia ingin melakukan dive pada Turret untuk menggunakan Ultimate pada musuh yang berlindung dibawahnya.

Build Skill Chou


Skill Pasif - Only Fast

Skill pasif Chou memberikan tambahan damage dan slow pada serangan berikutnya setelah berjalan beberapa langkah, efek ini ditandai dengan api pada kedua tangannya. Damage dari skill pasif ini sudah dinerf pada patch tanggal 23 Juli kemarin, yang sebenarnya tidak berpengaruh banyak karena pada umumnya Chou digunakan sebagai Tank dan bukan untuk menghasilkan damage.

Skill 1 - Jeet Kune Do

Skill 1 Chou dapat digunakan 3 kali, seperti skill yang dimiliki Hilda. Dua serangan pertama akan mengurangi movement speed lawan sebesar 60%, serangan ketiga akan melempar seluruh musuh di sekitar Chou ke udara.

Skill ini dapat digunakan sekaligus, diselingi serangan biasa, atau digunakan dua kali sebelum masuk ke dalam teamfight agar dapat langsung melempar tim musuh ke udara. Skill kedua Chou juga akan reset cooldownnnya bila skill ini digunakan.

Skill 2 - Shunpo

Skill 2 Chou membuatnya melesat ke arah yang ditentukan dalam jarak pendek. Setelah itu, dia akan menjadi kebal terhadap efek Crowd Control dan damage yang diterimanya akan berkurang sebanyak 50%. Skill ini dapat digunakan untuk masuk ke dalam pertarungan dengan cepat dan aman berkat perlindungan yang diberikan, atau untuk sekedar menghindari/mengurangi damage dari skill lawan yang mematikan.

Skill 3 - The Way of Dragon

Skill 3 Chou akan menghantam lawan mundur dalam jarak yang cukup jauh, dan dapat digunakan lagi dalam waktu singkat untuk melanjutkan serangan di udara dan mengunci mereka sementara. Skill ini sangat ampuh untuk memulai teamfight dengan melumpuhkan lawan yang paling berbahaya terlebih dahulu dan menjauhkan mereka dari hero tim lain. Skill ini juga dapat dipakai untuk menendang lawan ke arah turret bila digunakan bersama Flicker.

Untuk kombinasi skill, gunakan Skill ke-2 untuk mendekati lawan dan mendapatkan perlindungan tambahan. Kemudian gunakan Skill ke-1 untuk memulihkan Cooldown Skill ke-2 dan melumpuhkan kumpulan lawan di sekitar. Setelah itu, target musuh yang paling berbahaya dan gunakan Skill ke-3 untuk menjauhkan dia dari tim kamu sementara mereka menghabisi lawan yang lain.

Untuk urutan skill, Skill 1 adalah prioritas utama sebagai sumber damage dan mengurangi Cooldown.. Skill 2 lebih digunakan untuk pergerakan dan perlindungan saja. Dan tentu saja, skill Ultimate selalu dinaikkan begitu ada kesempatan.

Cara Memainkan Chou

Early Game

Dalam Early Game, Chou lebih banyak berperan sebagai rintangan bagi lawannya. Karena meskipun damage yang dia hasilkan tidak seberapa, efek crowd control dan kemampuan geraknya sangat baik sehingga merepotkan sekali bila menghadapinya.

Selain itu, Chou juga dapat menjadi pelindung hero timnya yang lain saat sedang farming atau mengambil buff agar tidak diganggu dengan mudah.

Mid Game

Tugas Chou di Mid Game adalah untuk memastikan alur pertarungan yang terjadi tidak menguntungkan bagi lawannya. Dia sangat efektif dalam melindungi hero carry pada timnya dan melumpuhkan hero carry lawan dengan mengunci mereka dengan skill Ultimatenya.

Pastikan hero carry pada tim kamu tidak mati, dan pertarungan dapat dimenangkan dengan cepat.

Late Game

Pada tahap late game, Chou dapat membuka pertarungan sendiri sementara timnya mengambil posisi masing-masing. Saat perhatian lawan terfokus pada Chou, biarkan hero tim kamu yang lain menghabisi mereka dan tetap lah berusaha mengejar hero carry lawan agar tidak terjadi serangan balasan.

Dengan mobilitasnya yang tinggi, dia juga dapat menghalang-halangi lawan dalam mengambil objektif mereka, seperti Turret dan Lord misalnya.

Kombinasi Hero Chou

Kuat Melawan
Marksman-Layla Assassin-Fanny Marksman-Miya
Layla Fanny Miya

Hati - Hati terhadap
Assassin-Helcurt Assassin-Gusion Assassin-Saber
Helcurt Gusion Saber

Cocok Dengan
Mage-Aurora Tank-Hylos Fighter-Jawhead
Aurora Hylos Jawhead

Kesimpulan

chou-victory

Begitulah, Chou memang jauh lebih baik bila digunakan layaknya hero Tank inisiator atau penjaga hero carry pada tim. Walaupun memang secara teori skill-skill yang dimilikinya dapat membuatnya menjadi hero Fighter yang lumayan, pada akhirnya masih banyak sekali hero Fighter lain yang dapat menghasilkan damage jauh lebih besar darinya.

Karena itu lah, gunakan mindset memainkan hero ini sebagai hero Tank, dan jadilah tembok pelindung tim kamu di garis depan untuk menghalau lawan dan mengunci mereka di posisi yang menguntungkan bagi tim kamu.

BACA JUGA