Guide Clint – Koboi Penegak Keadilan

mobile-legends-clint-portrait

Pendahuluan

Clint-Hero-Screen

Clint adalah salah satu Hero Marksman yang jarang terlihat dalam Mobile Legends, terutama pada pertandingan rank tinggi. Salah satu penyebabnya mungkin karena walaupun potensi damage yang dapat dia hasilkan memang besar, skill yang dia miliki justru tidak dapat mendukungnya dengan baik, sehingga sangat sulit untuk mendapatkan performa optimal dari hero ini.

Disini kami akan mencoba membantu agar kalian dapat menggunakan hero ini dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Clint

Kelebihan
• Bisa memberikan sustained damage yang tinggi dengan passive dan ultimate
• Skill 1 sangat berguna dalam pertarungan team
• Bisa menggunakan skill 2 untuk kabur dari situasi genting
Kekurangan
• Bermasalah dengan mana untuk memakai skill berulang-ulang demi passive
• Kurang bisa mengejar musuh

Build Item Clint

Berserker's Fury adalah salah satu "item wajib" untuk hero Marksman. Damage dan tambahan critical yang diberikannya sangat lah berguna untuk menghabisi lawan dengan cepat.

Swift Boots akan menambah movement speed sekaligus attack speed dari Clint.

Windtalker memberikan tambahan attack speed sekaligus movement speed. Ini sangat baik untuk hero Marksman yang potensi kiting-nya lebih besar dari yang lainnya, terutama sejak patch 1.2.64 yang memberikannya tambahan damage yang lebih tinggi semakin besar attack speednya.

Endless Battle menjadi salah satu item yang luar biasa untuk Marksman di tahap akhir permainan setelah patch 1.2.64. Selain tambahan atribut yang sangat besar, True Damage dari kemampuan pasif item ini akan sangat membantu.

Malefic Roar akan memberikan penetrasi Armor yang besar. Selain itu juga damage yang dihasilkan saat menyerang turret juga menjadi lebih besar.

Blade of Despair adalah item yang memberikan tambahan physical attack terbesar dalam game. Dengan ini, setiap serangan Clint yang cepat akan memberikan damage yang sangat besar juga

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Marksman Emblem-Common-Physical
Custom Marksman Common Physical

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Inspire Battle-Spell-Flicker
Inspire Flicker

Inspire akan memberikan tambahan attack speed dan armor penetration yang sangat besar, menjadikannya battle spell yang bagus untuk hero yang mengandalkan attack speed.

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Build Skill Clint

Skill 1 Clint adalah skill dasarnya yang paling berguna dalam pertempuran. Skill ini akan memperlambat musuh yang berada di dalam area asapnya, dan menjadikan serangan mereka tidak efektif. Gunakan skill ini di kumpulan musuh saat dalam teamfight.

Skill 2 akan membuat Clint terlempar mundur berlawanan dari arah penggunaan skill ini. Dapat digunakan untuk menghindari lawan, atau mengejarnya bila digunakan ke arah yang benar.

Skill 3 Clint adalah skill Ultimate yang dapat dipakai berkali-kali. Skill ini dapat disimpan hingga sebanyak 5 peluru, dan digunakan berulang-ulang hingga habis sebelum perlu diisi kembali. Gunakan bersama dengan serangan biasa untuk memanfaatkan skill pasfinya.

Untuk urutan skill yang diambil, fokuskan ke skill 1 pertama kali karena memiliki kegunaan terbesar saat teamfight. Skill ke-2 dinaikkan terakhir karena lebih digunakan sebagai mobilitas saja. Dan tentu saja, ambil skill 3 setiap kali bisa dinaikkan.

Cara Memainkan Clint

Early Game

Clint-Gameplay-1

Clint tidak memiliki kemampuan poking yang besar seperti hero Marksman lainnya, karena damage Clint bergantung pada skill pasifnya yang menambah damage serangan biasanya setiap kali menggunakan skill. Usahakan untuk meyerang hero lawan setelah memakai skill.

Mid Game

Clint-Gameplay-2

Di tahap ini, Clint sudah dapat menghasilkan damage yang cukup besar, terutama bila Berserker's Fury dan Endless Battle sudah didapatkan. Gunakan skill 1 pada hero yang ingin dilawan agar mereka tidak dapat menyerang dengan baik, dan serang mereka setiap kali menggunakan Skill ke-3.

Late Game

Clint-Gameplay-3

Di penghujung permainan, Clint sudah dapat memberikan damage yang konstan pada lawannya. Jangan terpancing untuk mengejar lebih dari satu lawan, dan tetap berada di dekat tim kamu. Gunakan skill 3 untuk membuka serangan, serang dengan serangan biasa, gunakan skill 1 untuk membutakan lawan, serang lagi, gunakan skill 3, serang lagi, dan ulang terus hingga target berhasil dikalahkan.

Kombinasi Hero Clint

Kuat Melawan
Coming Soon

Hati - Hati terhadap
Coming Soon

Cocok Dengan
Coming Soon

Kesimpulan

Clint-Victory

Jadi begitulah, Clint memang memiliki damage yang besar bila penggunaannya benar, namun prakteknya tidak semudah itu. Terlebih lagi karena jarak tembaknya tidak begitu jauh, dan kemampuannya untuk mengejar lawan hanya bergantung pada skill ke-2nya saja. Walaupun dia masih bisa berperan sebagai hero Marksman, masih banyak hero lain yang dapat menjadi alternatif lebih baik, seperti Lesley atau Layla sekalipun.  Apakah dia butuh dirework? Kita lihat saja nanti.