Guide Fanny – Jangan Jadi Fanny Darat Lagi!

mobile-legends-fanny-portrait

Pendahuluan

Fanny-Hero-Screen

Fanny adalah Hero Assassin dengan potensi mobilitas tertinggi dalam Mobile Legends. Ya, kami bilang 'potensi', karena bukan berarti hal itu akan segera didapatkan bila menggunakan hero ini: Fanny termasuk salah satu hero yang paling sulit untuk digunakan, bahkan mungkin yang tersulit. Kemahiran pemain dalam menggunakan skill ke-2nya untuk bergerak kesana kemari dengan lincah dapat menunjukkan kalau dia adalah pemain yang memang jago bermain Mobile Legends, tidak semua orang dapat menguasai hero ini.

Disini kami akan membantu kalian agar tidak mendapat julukan 'Fanny darat' lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Fanny

Kelebihan
• Hero paling lincah dalam game, bila mampu menggunakannya
• Memiliki potensi burst damage yang besar
• Dapat mendapatkan kill dan kabur dengan cepat
Kekurangan
• Hero tersulit dalam game
• Sangat rentan kepada efek crowd control

Build Item Fanny

Bloodlust Axe adalah item wajib pertama untuk Fanny, damage dan cooldown reduction yang diberikan sangat dibutuhkannya. Selain itu, spell-vampnya akan sangat membantu karena Fanny sangat mengandalkan damage dari skillnya kecuali sedang farming biasa.

Warrior Boots akan memberikan Armor tambahan untuk Fanny, efek pasif dari item ini juga sangat membantu karena Fanny akan sering melakukan dive ke dalam formasi musuh. Movement speed tambahannya juga berguna bila sedang mencari posisi menggunakan skill ke-2 atau kehabisan Mana.

Rose Gold Meteor akan memberikan damage yang besar untuk Fanny. Selain itu, tambahan perisai yang diberikan saat sekarat juga akan sangat berguna.

Athena's Shield akan memberikan tambahan HP dan Magic Resist yang dibutuhkan oleh Fanny. Perisai yang dieberikan setiap beberapa saat juga dapat membantunya melawan banyak musuh sekaligus.

Demon's Advent memberikan tambahan HP, Armor, dan juga regenerasi HP. Item ini juga akan mengurangi Physical Attack musuh yang menyerang Fanny hingga 18%.

Wings of the Apocalypse Queen memberikan tambahan HP yang sangat besar, serta Cooldown Reduction yang lumayan. Bila HP Fanny mulai kritis, item ini juga akan membuatnya sangat keras dengan tambahan 40% Physical/Magic Defense dari pasifnya.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Assassin Emblem-Custom-Jungle
Custom Assassin Custom Jungle

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Retribution Battle-Spell-Purify
Retribution Purify

Retribution akan membuat farming menjadi lebih cepat. Sangat berguna untuk mendapatkan buff atau mengamankan Turtle/Lord.

Purify akan menghilangkan seluruh efek crowd control yang mengenai Fanny. Gunakan bila lawan memiliki banyak hero yang mampu menguncinya.

Build Skill Fanny

Skill 1 Fanny adalah sumber utama dari damagenya, namun skill ini biasanya hanya digunakan secara manual bila sedang farming saja. Skill ini akan keluar sendiri bila Fanny mengenai lawan saat menggunakan skill kedua.

Skill 2 adalah yang membedakan Fanny dengan hero lainnya. Skill ini dapat membuatnya melesat dengan kencang dan bisa digunakan berkali-kali untuk memberikan tambahan kecepatan atau mengubah arah terbangnya. Bila Fanny mengenai hero lawan dengan skill ini, Skill ke-1nya akan otomatis keluar bila memiliki Energi yang cukup.

Skill 3 Fanny mungkin terlihat memiliki damage yang biasa saja, namun damage dari skill ini akan menjadi luar biasa besar bila digunakan saat melesat dengan skill ke-2nya dalam kecepatan tinggi. Prey Mark dari skill pasifnya juga akan memberikan tambahan damage yang lebih besar lagi, sehingga skill ini mampu membunuh hero yang HPnya tipis dalam sekali gerakan.

Untuk urutan skill yang diambil, fokuskan ke skill 2 pertama kali karena akan mengurangi pemakaian Energinya. Skill ke-1 dinaikkan terakhir karena hanya sebagai pelengkap skill ke-2. Dan tentu saja, ambil skill 3 setiap kali bisa dinaikkan.

Cara Memainkan Fanny

Early Game

Fanny-Gameplay-1

Fokus Fanny untuk di awal game adalah farming dan mengumpulkan item. Segera ambil buff dari Spinner/Reaper untuk mendapatkan regenerasi Energi yang besar dari awal, kemudian bersihkan hutan dari monster lainnya. Bila monster hutan sudah habis, kembali ke lane dan bersihkan minion yang ada, lalu kembali lagi ke hutan bila keadaan masih aman. Usahakan untuk selalu mendapatkan Gold buff dari monster Crab yang muncul.

Mid Game

Fanny-Gameplay-2

Di tahap ini, fokus utama Fanny adalah untuk mendapatkan kill, karena Fanny adalah salah satu hero yang paling efektif untuk dimainkan secara roaming, jadi dia tidak perlu terus berada dalam 1 lane. Cari hero yang bisa kalian gank, lalu bantu hero tim kamu untuk menghabisi mereka. Usahakan untuk memojokkan mereka ke dekat tembok agar skill ke-2 dapat dipakai berkali-kali ke arah mereka, sehingga damage dari skill ke-1 yang keluar secara otomatis akan terus terjadi. Bersihkan lane bila tidak ada hero lawan yang dapat diincar.

Late Game

Fanny-Gameplay-3

Di penghujung permainan, damage Fanny seharusnya sudah sangat besar dan mampu menghadapi banyak musuh sekaligus. Lakukan split push bila sedang tidak ada teamfight, atau bila keadaan kalian memang tidak memungkinkan untuk membantu (terlalu ditekan dari awal misalnya). Bila kalian ingin membantu dalam teamfight, pastikan untuk mengincar hero lawan yang paling lembek terlebih dahulu, seperti Marksman, Mage, Support, atau Assassin lainnya.

Perhatikan hero musuh yang memiliki skill crowd control, dan pastikan mereka sudah menggunakannya sebelum meluncur masuk ke dalam pertarungan. Bila mereka benar-benar menyimpan untuk kalian, pancing dengan menggunakan skill-2 sebanyak 3 kali untuk segera mundur walaupun sudah terkena efek crowd control.

Kombinasi Hero Fanny

Kuat Melawan
Fighter-Bane Mage-Aurora Marksman-Layla
Bane Aurora Layla

Hati - Hati terhadap
Tank-Uranus Assassin-Saber Assassin-Helcurt
Uranus Saber Helcurt

Cocok Dengan
Tank-Grock Tank-Akai Tank-Lolita
Grock Akai Lolita

Kesimpulan

Fanny-Victory

Fanny adalah hero Assassin yang tingkat kesulitannya sesuai dengan hasil yang didapatkannya. Dia memang hero yang paling lincah dalam game, namun pada kenyataannya tidak semua orang dapat menggunakannya, bahkan pemain profesional seperti Oura pun memerlukan latihan yang cukup lama untuk mahir menggunakannya, walaupun pada akhirnya dia masih merasa lebih nyaman memakai hero Assassin lain.

Keahlian seorang pemain Mobile Legends akan sangat diuji bila memainkan hero ini, jika kalian mampu menggunakan Fanny dengan lancar, dapat dipastikan kalian juga memiliki kemampuan untuk menguasai hero lainnya dengan mudah.

Sumber media: Hallucinates
BACA JUGA