Guide Freya – Pedang dan Perisai Terjang Garis Depan

GCUBE mobile-legends-freya-portrait

Pendahuluan

freya-hero-screen

Seorang Fighter yang memiliki serangan dan pertahanan yang kuat, Freya dapat menyerang sekaligus menahan seluruh tim lawan bila dimainkan dengan benar. Sama seperti Alucard, Hero ini mampu menghadapi banyak musuh sekaligus, namun sangat rentan terhadap efek CC. Oleh karena itu, pemain tidak dapat sembarangan saat mulai menyerang. Dibutuhkan perhitungan dan insting yang baik untuk bisa memainkan Freya dengan benar.

Kelebihan dan Kekurangan Freya

Kelebihan
• Dapat melompat ke tengah teamfight dengan skill pertama atau ultimatenya
• Skill pasif dan skill keduanya dapat mematikan untuk sekumpulan musuh
• Off-tank yang bagus untuk memimpin serangan
Kekurangan
• Butuh mengisi ulang diamond sebelum mendapatkannya
• Dapat dilumpuhkan dengan efek crowd control begitu menerjang ke depan

Build Item Freya

Berserker's Axe akan memberikan peningkatan serangan Critical yang tentunya sangat berguna, baik dari Early sampai Late-game. Pemain akan mampu memberikan damage yang lebih besar kepada Fighter musuh di lane yang sama.

Warrior Boots akan meningkatkan armor dan kecepatan gerak pemain. Passive item ini akan meningkatkan pertahanan pemain setiap kali menerima serangan sehingga sangat berguna saat pemain terjun ke arah musuh dengan Skill 1. Ganti dengan item Jungle seperti Pillager's Axe untuk mempercepat proses farming.

Haas's Claws akan memberikan efek lifesteal kepada setiap serangan Freya. Saat HP pemain rendah, pemain akan mendapat tambahan lifesteal, sehingga pemain mampu bertahan dalam pertarungan lebih lama untuk teman-teman bisa menghabisi lawan.

Immortality akan memberikan peningkatan pertahanan serta nyawa kedua untuk pemain. Dengan demikian, pemain dapat kembali menyerang lawan sekaligus melindungi teman.

Brute Force Breastplate meningkatkan HP dan pertahanan pemain. Passive-nya akan meningkatkan kecepatan serangan serta serangan setiap kali menyerang musuh.

Rose Gold Meteor akan meningkatkan serangan, pertahanan serangan Magic dan juga memberikan sedikit lifesteal. Selain itu, pada saat HP pemain mencapai 30%, pemain akan mendapatkan perisai yang melindungi pemain dari serangan.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Fighter Emblem-Custom-Tank
Custom Fighter Custom Tank

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Weaken
Flicker Weaken

Flicker berguna untuk menghampiri musuh secara tiba-tiba dan menyerang mereka, apabila pemain berencana memaksimalkan Skill 1 untuk kabur atau mengejar lawan.

Weaken sangat berguna saat pemain menghadapi Fighter lain atau Hero jarak dekat lainnya dalam lane. Battle Spell ini akan memastikan pemain memberikan serangan maksimal sebelum musuh melarikan diri dan kembali ke base mereka. Bisa juga gunakan Inspire untuk melawan lebih dari 1 musuh.

 

Build Skill Freya

Skill 1 akan membuat Hero melompat ke area sasaran dan menarik musuh di sekitar. Cocok digunakan untuk mengejar lawan yang sekarat atau memulai pertarungan. Sebelum melompat ke sasaran, ada baiknya pemain mengaktifkan Skill 2 terlebih dahulu.

Skill 2 adalah pemberi Damage utama bagi pemain. Setelah mengaktifkan Skill, pemain akan menerima buff yang mempercepat 3 serangan berikutnya, yang diakhiri dengan memberi efek stun ke area di depan pemain. Cooldown dari Skill ini juga dimulai tanpa pemain melakukan serangan, sehingga dengan timing yang tepat, pemain dapat meluncurkan 6 serangan dengan cepat. Setelah mengaktifkan Skill ini, pemain dapat menghampiri musuh dengan Skill 1.

Skill 3 akan meningkatkan pertahanan dan serangan pemain secara drastis sehingga dapat membahayakan musuh dalam pertarungan tim. Saat mengaktifkan Skill ini, pemain juga akan menyerang semua musuh di sekitar.

Cara Memainkan Freya

Early Game

freya-gameplay-1

Hindari memulai pertarungan tim di lane, bahkan bila ditemani, kecuali pemain benar-benar yakin musuh tidak dapat kabur. Di awal permainan, serangan pemain tidak akan terlalu kuat, jadi utamakan untuk farming dan mencari uang sebanyak-banyaknya. Belilah item Jungle untuk membantu farming di hutan. Jangan terlalu sering berkeliling dan gank, lakukan ini jika lane dan hutan sekitar pemain sudah bersih, dan bantu lane lain sebelum kembali ke lane awal.

Mid Game

freya-gameplay-2

Setelah pemain memiliki 3-4 item, jual Hunter's Knife untuk membeli item lain yang lebih penting (apabila pemain membeli item jungle tingkat 2, simpan dan terus habisi monster hutan). Jangan lakukan farming di lane sendirian terlalu dalam di area musuh, karena Freya sangat rentan dengan efek CC. Apabila musuh menghilang dari Map, pemain harus lebih berhati-hati. Terus lakukan Farming dan bantu teman yang sedang diserang.

Late Game

mobile-legends-freya-gameplay-3

Jangan gegabah dalam mengambil tindakan, salah langkah sedikit, maka tim pemain akan mengalami kerugian yang besar. Biarkan musuh memulai pertarungan terlebih dahulu, atau biarkan Tank maju untuk membukan Map dan memancing lawan menggunakan efek CC mereka. Lompat ke barisan musuh, atau ke belakang untuk mengatasi Marksman atau Mage mereka dengan cepat. Lalu bantu Tank dan anggota tim lain menghabisi lawan. Gunakan Skill di posisi yang ramai dengan Hero musuh untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

Kombinasi Hero Freya

Kuat Melawan
Marksman-Miya Support-Nana Support-Rafaela
Miya Nana Rafaela

Hati - Hati terhadap
Assassin-Helcurt Mage-Vexana Marksman-Lesley
Helcurt Vexana Lesley

Cocok Dengan
Mage-Aurora Tank-Trigeal Tank-Gatotkaca
Aurora Tigreal Gatotkaca

Kesimpulan

freya-victory

Dengan serangan dan pertahanan yang baik, pemain dapat memberikan damage kepada lawan, sekaligus mempertahankan diri dan teman-teman. Namun perlu diingat bahwa pemain harus berhati-hati sebelum menerjang gerombolan musuh. Bila anggota tim lain tidak siap saat pemain menggunakan Skill 1, yang terjadi adalah pemain hanya akan membuang nyawa, dan kemungkinan mengakibatkan kekalahan tim.

BACA JUGA