Guide Grock – Memang Paling Batu Hero Satu Ini

GCUBE mobile-legends-grock-portrait

Pendahuluan

Grock-Hero-Screen

Grock adalah Hero Tank yang bisa dibilang wajib di pick pada pertandingan tingkat atas. Buktinya dia hampir tidak pernah absen pada MPL Indonesia musim pertama kemarin. Memang benar, semua skillnya sangat berguna dalam teamfight, terutama kemampuannya untuk memblokir jalan lawan dan skill pasifnya yang membuatnya sangat kuat bila berada dalam area jungle dan di bawah turret.

Kelebihan dan Kekurangan Grock

Kelebihan
• Sangat kuat bila di dekat tembok atau turret
• Dapat menghalangi jalan masuk/kabur musuh
• Target besar yang menarik perhatian
Kekurangan
• Tidak begitu kuat bila jauh dari tembok atau turret
• Tidak memiliki skill untuk kabur selain ultimatenya

Build Item Grock

Rapid Boots akan membuat Grock sangat cepat dan mampu berpindah tempat dengan mudah sebelum memulai pertarungan, cocok untuk berkelling map saat melihat keadaan.

Dominance Ice akan memberikan tambahan Armor sekaligus Mana untuk Grock agar dia tidak terlalu cepat kehabisan Mana untuk menggunakan skillnya. Selain itu, item ini akan memperlambat hero lawan di sekitarnya, sehingga memudahkannya untuk menzone mereka.

Antique Cuirass adalah item penambah Armor yang sangat kuat. Item ini akan mengurangi physical attack musuh yang menyerang Grock hingga sebesar 18%.

Cursed Helmet menambahkan Magic Resistance Grock, sekaligus memberikan magic damage ke seluruh musuh yang berada di dekatnya.

Athena's Shield selain memberikan tambahan Magic Resistance, juga akan memberikan perisai tambahan untuk Grock setiap 30 detik, membuatnya lebih tebal lagi dan sulit untuk dikalahkan.

Immortality akan membuat hero yang memakainya kembali hidup bila berhasil dikalahkan, sangat berguna untuk hero Tank yang selalu menantang maut di garis depan.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Tank Emblem-Custom-Jungle
Custom Tank Custom Jungle

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Aegis Battle-Spell-Flicker
Aegis Flicker

Aegis menjadi Battle Spell yang sangat berguna untuk hero Tank sejak patch 1.2.64, bahkan spell ini juga bisa digunakan untuk hero lain dalam tim kamu.

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Build Skill Grock

Skill 1 adalah sumber utama dari damage Grock. Semakin lama tombol skill ini ditahan akan semakin besar pula damagenya, dan itu sakit sekali. Hanya dengan mengumpulkan tenaga pada skill ini sudah cukup untuk membuat lawan mundur karena mereka tidak mau terkena ayunan batu dari hero satu ini. Skill ini juga akan membuat Grock kebal dari efek crowd control bila digunakan dekat tembok atau turret.

Skill 2 Grock adalah yang membuatnya sangat unik. Kemampuannya untuk menghasilkan damage sekaligus menciptakan tembok untuk menghalangi lawan sangat berguna, terutama bila digunakan sebelum menabrak lawan dengan Ultimatenya untuk menghasilkan damage yang sangat besar. Skill ini juga dapat hero yang dapat memanfaatkan tembok, seperti Fanny atau Moskov.

Skill 3 Grock adalah skill Ultimate yang membuatnya menerjang ke depan dengan cepat sambil melempar musuh yang dikenainya ke udara. Damage dari skill ini memang tidak seberapa awalnya, tapi bila berhasil menabrak sesuatu seluruh musuh yang berada di dekat Grock akan terkena damage yang sangat besar. Sebisa mungkin tabrak musuh yang diinginkan dari arah tertentu agar berhasil menabrak objek di dekatnya. Skill ini juga satu-satunya alat Grock untuk melarikan diri dengan cepat.

Untuk urutan skill yang diambil, fokuskan ke skill 1 pertama kali karena damage utama dari Grock ada di skill ini. Skill ke-2 dinaikkan terakhir karena lebih digunakan sebagai alat untuk mengendalikan lapangan. Dan tentu saja, ambil skill 3 setiap kali bisa dinaikkan.

Cara Memainkan Grock

Early Game

Grock-Gameplay-1

Grock termasuk hero Tank yang keberadaannya sudah cukup mengancam dari awal permainan. Skill pasifnya membuatnya sangat kuat bila berada dekat tembok, dan skill 1nya cukup kuat untuk melenyapkan sebagian HP musuh yang tipis seperti Assassin bila digunakan dalam kekuatan penuh. Halangi lawan untuk farming, dan potong jalur gank lawan dengan skill ke-2nya untuk memastikan keamanan pada lanemu

Mid Game

Grock-Gameplay-2

Di tahap ini, Grock sudah cukup mengancam untuk lawannya. Skill ke-1nya sudah menjadi sakit sekali, kecuali pada hero Tank, dan skill ke-2nya akan sangat mengganggu lawan dalam teamfight. Hanya dengan memotong jalur bantuan beberapa hero dari tim musuh akan memutar balikkan keadaan dengan mudah. Gunakan skill ultimate untuk melempar lawan ke udara bila sedang dalam pengejaran.

Late Game

Grock-Gameplay-3

Di penghujung permainan, Grock adalah perisai yang sangat ampuh dalam tim. Dia akan sangat kuat bertahan walaupun diserang 5 hero sekaligus selama masih berada dekat tembok. Gunakan kekuatan ini untuk melakukan zoning pada hero musuh yang berbahaya agar tim kamu dapat menghabisi hero yang lainnya. Bila ingin memulai pertarungan, pastikan untuk menutup jalan sebagian hero lawan terlebih dahulu, lalu gunakan skill Ultimate untuk menabrak siapapun yang tersisa di sisi lain tembok yang telah kamu buat.

Kombinasi Hero Grock

Kuat Melawan
Assassin-Fanny Assassin-Saber Fighter-Zilong
Fanny Saber Zilong

Hati - Hati terhadap
Mage-Pharsa Mage-Odette Fighter-Roger
Pharsa Odette Roger

Cocok Dengan
Marksman-Moskov Fighter-Bane Mage-Odette
Moskov Bane Odette

Kesimpulan

Grock-Victory

Grock adalah pilihan hero Tank yang tepat bila tim kamu membutuhkan hero yang dapat mengendalikan lapangan dengan baik. Kemampuannya untuk zoning dan menghalangi jalan lawan dengan mudah sangat berguna untuk tim manapun.  Latih terus penggunaan skill ke-2 untuk pemakaian yang efisien, dan jangan sampai malah menghalangi jalan tim kamu sendiri. Usahakan untuk selalu berada dalam jangkauan tembok agar skill pasif Grock selalu menyala, dan ayunkan menara batu ke arah musuhmu hingga mereka lari terbirit-birit.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *