Guide Hilda – Wanita Perkasa di Medan Tempur

mobile-legends-hilda-portrait

Pendahuluan

Hilda-Hero-Screen

Hilda adalah Hero Fighter yang menjadi salah satu pilihan favorit dalam MPL sesi pertama di tahun 2018 ini. Alasannya adalah dia dapat menjadi off-tank yang sangat ampuh, dan sangat merepotkan lawan bila pertarungan terjadi di dekat semak-semak. Kemampuan regenerasinya saat berada dalam rerumputan hijau tersebut bukan main-main, apalagi pada tahap awal permainan. Di samping itu dia masih dapat menghasilkan damage yang tidak bisa dihiraukan, terutama bila dia sudah mendapatkan 10 tumpukan poin dari ultimatenya.

Kelebihan dan Kekurangan Hilda

Kelebihan
• Sangat tebal untuk seorang fighter, tapi juga masih bisa menghasilkan damage besar
• Dapat menjadi lebih kuat lagi seiring berjalannya game dengan pasif dari ultimatenya
• Memiliki HP kedua terbanyak dalam game
Kekurangan
• Mudah diserang dari jauh
• Sangat rentan dengan efek crowd control

Build Item Hilda

Cursed Helmet menjadi pilihan yang bagus untuk Hilda karena item tersebut dapat memberikan tambahan HP dan Magic Resist yang dibutuhkannya, tapi poin terpentingnya adalah memberikan damage tambahan ke seluruh musuh di sekitar Hilda saat dia bertempur di garis depan.

Warrior Boots akan menambah kecepatan gerak Hilda serta memberikan tambahan armor. Selain itu item ini memiliki efek yang menambah physical defense hero yang memakainya hingga 25 poin bila menerima serangan selama 3 detik.

Bloodlust Axe dapat memberikan Hilda tambahan damage serta mengurangi cooldown skillnya agar bisa dipakai lebih sering lagi, terlebih lagi karena dia tidak memerlukan mana. Selain itu juga memberikan spell-vamp yang ampuh untuk bertahan dalam pertempuran.

Antique Cuirass mengurangi physical damage hero yang menyerang Hilda hingga -18% setelah 3 kali serangan. Ini sangat cocok untuk Hilda yang pasti menjadi target utama dalam teamfight karena berada di depan, terutama untuk mengalihkan serangan Marksman.

Athena's Shield akan membuat Hilda semakin sulit untuk dikalahkan. Gabungan perisai dari skill pasifnya serta dari item ini akan memberikan tambahan penyerap damage yang sangat besar.

Immortality adalah item yang akan membuat lawan sangat kerepotan untuk membunuh Hilda, karena dia dapat hidup kembali dan langsung lari ke semak-semak terdekat untuk memulihkan HPnya yang hilang.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Fighter Emblem-Custom-Tank
Custom Fighter Custom Tank

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Purify Battle-Spell-Flicker
Purify Flicker

Purify akan menghapus semua efek crowd control pada Hidla dan mengurangi efek berikutnya untuk sementara. Sebagai petarung garis depan yang memilki kemungkinan besar untuk menjadi target debuff pertama, battle spell ini sangat bagus, terutama bila musuh memiliki banyak hero yang punya skill crowd control yang merepotkan.

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Build Skill Hilda

Skill 1 Hilda adalah alat untuk mengejar lawan atau untuk melarikan diri. Saat diaktifkan dia akan bergerak lebih cepat dan serangan berikutnya akan menghasilkan damage besar hingga ke belakang lawan. Sangat disarankan untuk mengambil skill ini pertama kali untuk memberikan Hilda kemampuan menjelajah yang lebih efisien. Jangan lupa seluruh skill Hilda tidak membutuhkan mana, jadi dapat dipakai untuk bergerak dari markas atau berpindah lane lebih cepat walaupun tidak ada musuh.

Skill 2 dapat dipakai hingga 3 kali, dan pemakaian yang ketiga akan mendorong seluruh musuh di sekitar Hilda. Skill ini dapat digunakan berturut-turut dengan cepat untuk memberikan damage yang tinggi dalam waktu singkat, atau dipakai secara terpisah sambil diselingi skill lain. Misalkan lawan terlihat akan melarikan diri setelah pemakaian pertama dan kedua, bisa langsung dikejar dengan skill 1 dan melanjutkan skill 2 untuk ketiga kalinya.

Skill 3 Hilda adalah ultimate yang cukup unik, karena semakin banyak kill atau assist yang dia dapatkan akan semakin besar pula damagenya. Pada 10 poin tumpukan, damage ultimate ini sudah bukan main-main lagi, terutama dengan tambahan 40% armor penetrationnya dan cooldownnya yang tergolong singkat. Hero lembek seperti mage atau marksman dapat segera tumbang setelah di slamdunk oleh skill 3 ini.

Urutan urutan skill yang diambil, selalu ambil skill 1 pertama kali. Setelah itu, seimbangkan skill 1 dan skill 2 karena keduanya memiliki prioritas yang sama, tinggal dikondisikan sesuai dengan alur permainan. Dan tentu saja, ambil skill 3 setiap kali bisa dinaikkan.

Cara Memainkan Hilda

Early Game

hilda-gameplay-1

Di awal permainan, mungkin Hilda akan sedikit kesulitan melawan 2 hero dalam lane sekaligus sendiri, terutama bila keduanya memiliki serangan jarak jauh. Karena itu disarankan untuk mengambil top atau bottom lane, yang biasanya ada hero satu tim lainnya. Alternatif lainnya adalah dengan melawan monster jungle bila belum ada yang membutuhkan. Bila ternyata pertarungan tidak dapat dihindarkan, usahakan untuk menggiring lawan ke dalam semak-semak, karena Hilda sangat kuat di dalamnya. Ingat: Jangan pernah melawan Hilda di semak-semak.

Mid Game

hilda-gameplay-2

Di tahap ini pemain sudah bisa mengukur lawan dan memutuskan untuk bermain bertahan, atau lebih agresif lagi. Mulai untuk mengusahakan mendapat kill atau assist untuk mengisi tumpukan pada skill ultimate Hilda, dan pastikan setidaknya 2 item inti Hilda sudah jadi (seperti Cursed Helmet dan Bloodlust Axe). Bila bermain bertahan, selalu bergerak bersama tim dan hindari lawan yang memiliki skill crowd control. Bila ingin bermain agresif, fokus untuk melakukan gank dan menghancurkan turret lawan, tapi ingat jangan pernah maju ke area berbahaya sendirian dan terlalu jauh dari tim. Seperti biasa, manfaatkan semak-semak untuk regenerasi HP dan tambahan perisai sebelum melakukan gank.

Late Game

hilda-gameplay-3

Di penghujung permainan, Hilda adalah penyerang utama garis depan tim. Pastikan item yang dimiliki Hilda sudah cukup untuk menahan serangan lawan yang akan datang betubi-tubi, dan jangan pernah maju sendiri sebelum anggota tim lainnya sudah siap untuk menyerang. Setebal apapun Hilda di tahap ini, dia akan mati dengan cepat bila dikeroyok 5 hero lawan sekaligus tanpa bantuan tim. Kunci hero lawan yang paling berbahaya seperti Marksman dan Assassin, lalu lenyapkan bar HP mereka dengan seluruh skillmu. Setidaknya buat mereka tidak dapat bertahan dalam teamfight dan terpaksa untuk mundur.

Kombinasi Hero Hilda

Kuat Melawan
Mage-Harley Assassin-Saber Tank-Tigreal
Harley Saber Tigreal

Hati - Hati terhadap
Fighter-Roger Marksman-Yi-Sun-Shin Marksman-Irithel
Roger Yi Sun-shin Irithel

Cocok Dengan
Tank-Johnson Support-Rafaela Mage-Aurora
Johnson Rafaela Aurora

Kesimpulan

Hilda-Victory

Sebagai hero Fighter off-tank garis depan, tujuan utama Hilda bukan untuk mencari kill, tapi untuk menjadi tameng timnya sendiri. Jangan lupa poin tumpukan dari skill ultimate Hilda juga akan bertambah dari assist, jadi tidak usah terlalu bernafsu membunuh hero lawan. Selalu gunakan perencanaan yang matang sebelum maju ke dalam teamfight, dan bertahan hidup selama mungkin sementara hero tim kamu menghabisi lawan yang berusaha untuk membunuhmu. Manfaatkan semak-semak untuk regenerasi HP dan perisai tambahan sebelum memulai pertarungan, bahkan kalau bisa giring lawan ke dalam semak-semak dan buat mereka menyesal melawan wanita beringas ini karena HP mereka terus berkurang sementara HP Hilda justru bertambah.

Sekali lagi, ingat: Jangan pernah melawan Hilda di semak-semak.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *