Guide Jungling: Cara Cepat dan Tepat Dapat Exp dan Gold!

GCUBE Guide Jungling: Cara Cepat dan Tepat Dapat Exp dan Gold!

Metode Jungling sangat penting dilakukan karena bermanfaat sebagai penambah exp dan gold. Dan tidak hanya itu saja ada beberapa Monster Jungle yang menghasilkan Buff di mana Efek dari Buff itu sangat bermanfaat untuk memperkuat hero yang kalian mainkan.

Akan tetapi setelah Update Patch Terbaru ini membuat player untuk melakukan jungling agak berbeda dimana dulu kalian dapat melakukan jungling secara sendirian, dan pada saat ini MLBB akan mempersulit kalian untuk melakukan jungling. Jungling saat ini sangat membutuhkan kekompakan dan komposisi serta pemilihan lane yang tepat sesuai dengan rolenya dan kami akan menjelaskan nya satu persatu.

1. Pentingnya Komposisi Tim Dan Kekompakan Untuk Jungling

Mungkin kalian bertanya apakah komposisi tim dan kekompakan bisa memengaruhi Jungling saat ini ? Jawabannya adalah "Iya". Karena Early Jungling saat ini akan lebih efektif apabila dilakukan berdua.

Tentu saja Jungling Buff saat ini biasanya yang mengambil efek Buff adalah hero dengan role yang mendominasi saat Early Game, contohnya: (Fanny, Gusion, dan lain-lain)

Lalu hero dengan role apakah yang tepat untuk membantu saat jungling buff agar lebih mudah? Ya, benar, Hero "Tank". Karena, Tank memiliki tingkat ketebalan dan vitalitas yang lebih besar dibandingkan role yang lain.

Tugas dari Hero Role Tank adalah menjadi tameng agar Monster Buff Tidak menyerang Hero yang akan mengambil efek buff. Ada 2 Metode Jungling Buff dengan menggunakan Tank sebagai tameng :

Assassin (Dominasi Early Game) Mengambil Buff Top dan Hero Mid Lane Mengambil Buff Bot (Fleksibel)

Tank dengan Assassin (contoh : Helcurt) yang mengambil buff akan langsung menuju Jungle Buff Top (Fleksibel ke Bot). Di sini, Tank akan bertugas menjadi Tameng bagi Assassin yang mengambil buff.

Setelah Assassin berhasil mengambil buff yang berada di Top, biarkan Mid Lane Player menghabisi minion (clear lane). Pada saat yang bersamaan Tank langsung menuju Jungle Buff Bot, untuk menjadi tameng dan membantu mid lane player.

gcube-mobilelegends-jungling-baru-tips-s1

Hal ini dilakukan agar bisa lebih mudah mengambil buff dan tidak terkena serangan monster buff. Dengan demikian Assassin dan Mid Lane Player mendapatkan efek Buff lebih mudah dan cepat. Kemudian, Tank pun mendapatkan Exp yang tidak kalah jika berada di lane.

Perlu diperhatikan, metode ini biasanya mengandalkan Assassin yang berada di Top Lane untuk mengcarry timnya di early game contohnya : Fanny, Helcurt, Martis

Mid Lane Player (Dominasi Early Game) Mengambil Buff Top dan Menyerang Buff Bot (Fleksibel)

Metode ini biasanya digunakan apabila dalam tim tersebut mengandalkan 1 player mid lane yang lebih difokuskan untuk menjadi carry pada saat early game. Biasanya player dari Top Lane tidak membutuhkan buff di awal game.

Di sini Tank juga berperan sebagai Tameng untuk membantu player Mid Lane mengambil Buff Top (Fleksibel ke Bot).

Pada awal game Tank dan player Mid Lane bersama menuju Mid Lane untuk menghabisi minion secepat mungkin (clear lane) dan bergegas menuju Jungle Buff Top. Tank akan menjadi tameng agar Mid Lane Player tidak terkena damage yang diberikan Monster Jungle.

Langkah ini juga membantu menghabisi Monster Buff Top dengan cepat.

Setelah Monster Buff Top dikalahkan, Tank dan Mid Lane Player langsung bergegas menghampiri Jungle Buff Bot untuk menyerang Monster. Kemudian player Bot Lane harus segera menghampiri Jungle Buff Bot untuk mengambil Buff.

gcube-mobilelegends-jungling-baru-tips-s2

Walaupun exp terbagi menjadi 3 akan tetapi Mid Lane Player akan mendapatkan exp tambahan yang akan mendominasi saat early game dan Bot Lane Player hanya mengandalkan efek dari Buff saja.

Perlu diperhatikan biasanya metode seperti ini, Hero Mid Lane akan sangat mendominasi sekali sehingga harus memperkaya diri nya di awal game contohnya Gusion, Lancelot, Harley.

2. Cara Memilih Lane yang Tepat untuk Jungling

Dengan komposisi yang pas selanjutnya adalah Cara Memilih Lane yang Tepat. Memilih lane yang tepat akan membuat tim kalian lebih mendominasi di early game. Dikarenakan, tim kalian mudah untuk melakukan jungling dan roam gank yang menjadi ancaman bagi lawan di early game.

Admin akan memberikan list pemilihan lane yang menurut kami tepat sesuai dengan role (Fighter, Mage, Marksman, Tank, Assassin)

Tipe 1

  • Fighter & Mage/Supp : Top Lane (Fleksibel ke Bot) menghabisi minion dan mencoba bermain roam ke arah musuh (contoh : Martis, Aurora)
  • Assassin (Dominasi Early Game) & Tank : Mid Lane untuk menghabisi minion kemudian jungling buff top dan bot, setelah itu Tank menemani Marksman yang berada di bot lane (contoh : Gusion, Gatot)
  • Marksman : Begitu game dimulai marksman segera menuju Bot Lane(Fleksibel ke Top) terlebih dahulu untuk mendapatkan exp dan gold secara solo dan kemudian mengambil Buff bot yang sudah terlebih dahulu di-attack oleh Assassin dan Tank.

Tipe 2

  • Marksman & Tank : Menuju Mid Lane bersama dengan Tank untuk menghabisi minion dengan cepat dan mengambil buff Top dan Tank akan menuju Buff Bot untuk membantu Bot Lane Player mengambil buff dan kembali ke lane masing-masing (contoh Karrie, Mino)
  • Assasin : begitu game dimulai Assassin segera menuju Bot lane (Fleksibel ke Top) terlebih dahulu untuk memperkaya dan mendapatkan exp dan gold secara solo dan kemudian mengambil Buff Bot yang dimana Tank juga ikut membantu dalam pengambilan buff (contoh : Helcurt)
  • Fighter & Mage/Support : Menuju Top Lane untuk menghabisi minion agar bisa melakukan roaming dan menyerang mini jungle/kelomang (contoh Alpha & Angela)

Masih Pentingkah Hunter Knife dan Retribution?

Menurut kami, item Hunter Knife dan Item Jungle lainnya masih berguna untuk membantu kalian melakukan jungling. Akan tetapi, jika kalian menerapkan Item Jungling seperti sebelumnya, maka tetap saja kurang efektif,. Mengapa begitu?

Item Jungle saat ini akan lebih tepat apabila dipakai oleh Hero yang memang membutuhkan item jungle sebagai penambah damage tambahan di early game contohnya adalah Fanny.

Bagaimana dengan retribution ? Retribution sangat diperlukan untuk membantu mempercepat membunuh monster jungle dan mampu mencuri monster jungle milik lawan, jadi jangan lupakan retribution ya jika kalian ingin melakukan jungle terhadap monster jungle musuh.

Sekian tips-tips dari kami mengenai cara melakukan Jungling dengan cepat, tunggu guide artikel kami yang berikutnya. Jika bermanfaat bagi kalian share artikel ini agar semua player juga bisa mendapatkan wawasan mengenai guide jungling terbaru. Salam GCUBE.ID

Info Lengkap MPL Season 2 2018

Guide Lengkap Mobile Legends

BACA JUGA