Mau Kemana? – Guide Laning di Awal Game

GCUBE Mobile-Legends-Laning-Guide-Header

Laning adalah tahap awal yang penting dalam permainan Mobile Legends. Perkembangan hero kamu maupun hero lawan sangat ditentukan dari sini, siapa yang tertekan di awal akan sulit untuk mengumpulkan exp dan gold untuk membeli item yang cukup agar hero yang dimainkannya menjadi kuat.

Pada artikel ini, kami akan membahas tips untuk memilih lane mana yang perlu kalian ambil sesuai dengan kebutuhan di awal.

Mid Lane

Laning-Guide-Mid

(i) Batas aman pergerakan hero saat laning
(ii) Semak-semak tempat bersembunyi yang harus selalu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melewati batas aman
(iii) Arah aman untuk berpindah ke jungle. Hati-hati dengan musuh yang sering melakukan invasi ke sisi jungle tim kamu

Mid lane adalah pilihan terbaik untuk hero Carry dengan damage besar, terutama bila hero yang dipilih dapat menyerang dari jarak jauh. Lane ini sangat baik karena jarak dari base lebih pendek dari yang lain, serta memilki akses mudah ke monster jungle di sebelah kanan untuk tambahan exp dan gold, serta buff dari Spinner di sebelah kiri.

Hero dari lane ini juga dapat membantu top lane maupun bottom lane dengan cepat berkat posisinya yang berada di tengah map. Namun, ini berarti juga Mid lane paling mudah di-gank baik dari kiri maupun kanan. Jadi, pastikan hero kamu tidak terlalu jauh maju dari turret pada early game bila hero lawan di lane lain tidak terlihat di minimap.

Contoh hero yang cocok di mid-lane:
- Kagura
- Harley
- Lancelot

Top Lane

Laning-Guide-Top

(i) Batas aman pergerakan hero saat laning
(ii) Semak-semak tempat bersembunyi untuk sisi turret kamu, jangan terlalu jauh dari semak-semak ini bila masih tahap awal laning
(iii) Semak-semak tempat bersembunyi untuk sisi turret lawan, berhati-hati lah dengan skill yang dikeluarkan dari sini karena tidak akan terlihat sebelum terlambat
(iv) Periksa semak-semak ini sebelum menyerang turret lawan, musuh sangat senang bersembunyi di sini menunggu lawan maju

Top Lane adalah lane yang paling dekat dengan monster crab yang memiliki Gold buff di sisi sungai tim kamu, jadi bisa dibilang lebih aman untuk diambil, terutama bila hero tim kamu ada di Jungle dekatmu. Berhati-hatilah, musuh biasanya akan mencoba untuk mencuri Gold buff bila mereka berhasil mem-push lane kamu dengan bermain jumlah, akan sulit untuk merebutnya kembali, terutama bila tidak membawa Retribution.

Lane ini memiliki tempat bersembunyi yang banyak. Gunakan semak-semak di pinggir lane untuk membuat lawan bingung saat sedang berusaha menghindari skill, atau saat sedang mengejar kamu. Sementara semak-semak di sebelah kanan lane sangat menguntungkan lawan bila mereka mengambil posisi di sana, karena mereka dapat dengan mudah menyergap hero yang mem-push turret mereka, atau melakukan serangan tiba-tiba ke hero yang sedang berusaha mengambil Gold Buff.

Contoh hero yang cocok di Top Lane:
- Fanny
- Bane
- Alucard

Bottom Lane

Laning-Guide-Bottom

(i) Batas aman pergerakan hero saat laning
(ii) Semak-semak tempat bersembunyi untuk sisi turret lawan, berhati-hatilah dengan skill yang dikeluarkan dari sini karena tidak akan terlihat sebelum terlambat
(iii) Semak-semak tempat bersembunyi untuk sisi turret kamu, jangan terlalu jauh dari semak-semak ini bila masih tahap awal laning
(iv) Gunakan semak-semak ini untuk menyergap lawan yang maju ke turret kamu, tapi hati-hati dengan musuh yang melakukan gank dari arah yang sama.

Bottom Lane yang berada di posisi bawah map adalah tempat yang tergolong berbahaya. Terdapat Monster crab yang memiliki Gold buff di sisi sungai tim lawan. Maka dari itu disarankan untuk menjaga lane ini dengan dua orang.

Lane ini memiliki tempat bersembunyi yang banyak. Gunakan semak-semak di pinggir lane untuk membuat lawan bingung saat sedang berusaha menghindari skill, atau saat sedang mengejar kamu. Sementara semak-semak di sebelah kiri lane sangat menguntungkan hero tim kamu bila mereka mengambil posisi disana, karena mereka dapat dengan mudah menyergap hero yang mem-push turret mereka, atau melakukan serangan tiba-tiba ke hero yang sedang berusaha mengambil Gold Buff.

Contoh hero yang cocok di Bottom Lane:
- Karrie
- Martis
- Lolita

Roaming

Laning-Guide-Bottom

Tadi sudah kita bahas untuk bagian lane. Namun, ada satu peran yang tidak kalah pentingnya, yaitu yang selalu bergerak berpindah-pindah lane untuk mengganggu hero lawan, atau lebih dikenal dengan sebutan Roaming.

Hero yang roaming berkeliling antar lane lewat jungle untuk membantu timnya melawan musuh yang berat atau sekedar menambah jumlah agar hero musuh tidak dapat farming dengan tenang, atau untuk mencuri Gold buff mereka. Selain itu dia juga dapat mencuri-curi monster jungle bagian musuh, terutama di top lane yang lebih mudah untuk diambil.

Bila hero tim sedang megambil buff, Roamer dapat menggantikannya sebentar agar lanenya tidak kosong. Hero Roamer juga dapat memotong minion lane musuh di tengah turret pertama dan kedua agar minion tim pada lane tersebut dapat maju ke arah turret lawan dengan cepat, terutama bila Hero yang Roaming lebih dari satu.

Perlu diingat, hero yang melakukan Roaming mengandalkan pemasukan Exp dan Goldnya dari Kill dan Assist, karena monster jungle tidak memberikan banyak, terutama bila hero tim lain juga akan tetap mengambil 'jatah' mereka saat lane sedang kosong. Jadi pastikan hero yang kalian gunakan dapat berpindah lane dengan cepat untuk mendapatkan kill/assist, atau memang bukan hero yang terlalu membutuhkan item agar berguna dalam pertarungan.

Contoh hero yang cocok untuk Roaming:
- Grock
- Estes
- Hylos

Baca Juga: Guide Farming Mobile Legends


Itulah tips basic dari kami untuk Laning di Mobile Legends. Perlu diingat, setelah memasuki Mid game, alur pertandingan sudah tidak dapat diprediksi lagi dan semua tergantung pada tim kalian. Apalagi pada tahap Late game dimana semua hal bisa terjadi.

Bila kamu merasa dikalahkan saat Laning, jangan langsung menyerah! Tunjukkan pada lawan kamu kalau come back is real!

Guide Mobile Legends Lainnya

BACA JUGA