Guide Marksman: Damage Tanpa Tanding!

GCUBE Guide Marksman: Damage Tanpa Tanding!

Pendahuluan

Peran marksman merupakan peran yang paling diperebutkan ketika kita bermain Mobile Legends. Namun, seringkali kita temukan player yang tidak dapat memainkan marksmannya dengan optimal sehingga tidak dapat memberikan damage yang besar. Padahal jika dimainkan dengan tepat, hero marksman adalah hero dengan damage tertinggi di late game. Mengalahkan damage dari hero - hero mage, assasin, bahkan fighter.

Guide ini akan memberikan cara memainkan hero marksman yang benar dan juga tips dan trik mobile legends agar memainkan hero marksman terasa semakin mudah!

Komposisi Tim dan Pemilihan Lane

Komposisi Tim

Memilih hero marksman berarti memaksa tim-mu berkomitmen untuk sabar memainkan permainan hingga late game. Hal ini dikarenakan hero - hero marksman adalah hero - hero yang paling lemah di awal game. Hero marksman sangat membutuhkan item agar dapat berfungsi dengan baik karena serangan skill - skillnya akan bertumbuh dengan item yang kamu miliki.

Bandingkan Irithel (Marksman) dengan Harley (Mage) sebagai contohnya. Ketika keduanya mencapai level 4 dan memiliki skill ulti, Harley sudah dapat melakukan roaming dan mencoba mendapat kill di lane lain walaupun baru memiliki 1 atau 2 item saja. Sedangkan melakukan hal yang sama dengan Irithel sama saja dengan bunuh diri. Hero marksman dengan 1 atau 2 item saja belum dapat memberikan kontribusi yang besar pada teamfight.

Namun, bayangkan ketika kedua hero yang sama berada disaat late game. Irithel level 15 yang sudah memiliki semua item-nya dapat menghabisi hero tank dalam beberapa serangan saja. Sedangkan Harley paling banyak hanya dapat menghabisi setengah health musuh dengan kombo skillnya.

Ada beberapa komposisi tim yang dapat digunakan untuk memainkan marksman secara efektif:

  • Marksman - Mid Lane Mage - 2 Tank - Assassin - Dengan komposisi ini, tim kamu memiliki lebih banyak kesempatan mengakhiri game. Early game lewat mage yang dapat dimainkan di mid (seperti Kagura, Harley, dan Cyclops), mid game lewat assassin yang dapat bertahan di solo lane dengan baik (seperti Hayabusa, Fanny, dan Lancelot), ataupun di late game lewat kekuatan hero marksman. Namun kekurangan dari komposisi ini adalah komposisi ini membutuhkan banyak sekali farm dan ada 3 hero yang memerlukan buff. Sehingga kalau tidak dimainkan dengan agresif dan mengambil keuntungan seawal mungkin, komposisi seperti ini dapat dihancurkan dengan mudah.
  • Marksman Mid - Mage Crowd Control - 2 Tank - Assassin - Komposisi ini mengharuskan marksman bermain di mid lane yang lebih rentan untuk di-gank. Berhati - hatilah di awal game dan manfaatkan jungle di sekitar mid lane agar farm-mu efisien. Ketika ada kesempatan, lakukan gank ke arah trilane (lane 3 hero) dan dapatkan turtle sebanyak mungkin. Komposisi ini memungkinkan hero marksman untuk melakukan farm dengan lebih cepat. Namun, komposisi ini sangat memungkinkan lane tim kamu yang lain dalam posisi kurang menguntungkan karena kurangnya damage di lane lain dan rendahnya kemampuan hero marksman untuk melakukan gank.

Pemilihan Lane

Untuk pemilihan lane, marksman punya 2 opsi yang cukup baik yaitu bermain solo di mid lane atau bermain di lane dimana turtle akan muncul.

  • Mid Lane - Pilihan bermain di mid lane akan optimal ketika kamu juga akan menghadapi marksman lain di mid lane. Pilihan lane ini akan memungkinkanmu untuk farming dengan lebih cepat karena kamu tidak berbagi gold dan experience dengan hero lain. Selain itu bermain di mid juga memungkinkanmu untuk mengakses jungle dengan lebih mudah. Namun, waspadalah karena bermain di mid lane membuatmu lebih rentan terkena gank dari hero assassin lawan.
  • Lane Turtle - Ketika permainan dimulai, lihtlah dimana turtle akan pertama muncul, lalu pergilah ke lane ini bersama 2 hero lain. Kalau bisa pergilah bersama 2 hero tank atau bersama dengan 1 tank plus 1 off-tank (hero fighter yang dapat menerima damage dengan baik seperti Hilda, Chou, atau Balmond). Pilih lane ini ketika tim-mu atau tim lawan memiliki hero mage yang bagus dimainkan di mid lane (Kagura, Harley, atau Cyclops). Bermain di turtle lane memungkinkanmu untuk farm dengan sangat aman dan kamu juga dapat melakukan serangan kepada turtle dengan mudah. Namun, farm-mu akan cukup terhambat karena kamu berbagi gold dan experience dengan 2 hero lain.

Pola Farming

Seperti yang kita tahu, hero marksman sangat bergantung kepada item. Oleh karena itu, kamu harus melakukan farming dengan optimal terutama di awal game.

Pertama, belilah item jungling. Kamu sebaiknya mengupgrade item jungle-mu 1x tergantung situasinya. Upgrade menjadi Nimble Blade pada situasi normal, tambahan damage setiap kamu membunuh monster jungle sangat berguna untuk farming dan fight hingga mid-game. Kamu juga dapat mengupgrade item jungle menjadi Pillager Axe jika kamu menghadapi assassin dengan damage tinggi yang seringkali melakukan gank dari awal permainan (Karina, Lancelot, atau Gossen) agar kamu dapat bertahan hidup dan dapat melakukan farm tanpa terganggu.

Ketika sudah berada di lane, usahakan kamu mendapat last hit ketika membunuh minion lawan untuk tambahan gold. Usahakan untuk menghabisi wave minion lebih cepat daripada musuhmu agar mereka harus menghabisi minion-mu di bawah tower mereka. Hal ini akan mengakibatkan hero lawan lebih sulit untuk mendapatkan last hit karena minion-mu akan menerima serangan dari turret. Gunakanlah skill - skill hero-mu agar kamu dapat menghabisi minion dengan cepat.

Jangan cuma menunggu ketika minion sudah habis. Setelah kamu menghabisi minion musuh, segera farm di jungle sambil menunggu wave minion yang baru datang. Ulangi terus proses ini hingga turtle muncul. Jika kordinasi tim-mu bagus, kamu dapat menghabisi turtle dan lord dengan cepat dan tim-mu akan mendapatkan keuntungan gold yang cukup signifikan.

Teamfight

Hero marksman biasanya memiliki daya tahan yang sangat buruk karena mereka memiliki health dan armor yang tipis, serta skill mobilitas yang tidak terlalu bagus. Oleh karena itu, manfaatkan jarak serangan hero marksman dengan optimal dalam teamfight.

Kunci bermain marksman adalah positioning. Posisikan hero-mu seaman mungkin dan jagalah jarakmu dari hero - hero musuh yang memiliki kemampuan crowd control (slow, stun, silence, dsb.). Terkunci sedikit saja, hero marksman dapat dihabisi oleh musuh dengan sangat cepat. Hero marksman juga biasanya menjadi hero yang paling pertama diincar dalam teamfight, jadi pastikan kamu selalu memperhatikan posisi-mu dan posisi musuh dalam teamfight.

Selain itu, jangan memaksakan diri untuk terjun ke teamfight yang tidak dapat kamu menangkan. Lebih baik kamu melakukan farming di lane yang tidak dijaga musuh dan mencoba untuk mencuri turret atau turtle daripada terjun ke teamfight lalu mati sia - sia. Terutama di early game, lebih baik kamu menyelesaikan core item agar kamu dapat melakukan tugasmu dengan efektif di mid game dan late game.

Pilihan Item

Pemilihan item adalah hal yang sangat penting dalam memainkan marksman. Tanpa item yang tepat, hero - hero marksman tidak dapat memberikan damage yang optimal dan akan sangat kesulitan bertahan hidup.

Item Jungle

Mobile-Legends-Items-Jungle-2-Nimble-BladeMobile-Legends-Items-Jungle-2-Pillager-Axe

Item jungle sangatlah penting untuk hero marksman. Item jungle akan mempercepat farm dan leveling hero marksman. Minimal belilah item jungle pertama untuk tambahan experience. Jika memungkinkan upgrade item jungle-mu menjadi item jungle level 2. Pilihan item jungle level 2 yang cocok untuk hero marksman adalah Nimble Blade dan Pillager Axe. Nimble Blade akan menambah kemampuan menyerang sedangkan Pillager Axe menambah kemmpuan bertahan. Pilihlah sesuai situasi.

Jangan upgrade item jungle-mu menjadi item jungle level 3! Membeli item jungle level 3 hanya akan memperlambat hero-mu dalam mendapatkan item - item lainnya yang lebih penting. Item jungle level 3 tidak memberikan tambahan experience dan tambahan upgrade untuk battle spell Retribution dan tambahan damage yang diberikan item ini tidak terlalu signifikan. Kamu lebih baik tetap menggunakan item jungle level 2 dan kemudian membeli item lain yang lebih penting.

Sepatu

Items-Movement-2-Swift-BootsItems-Movement-2-Boots-of-Tranquility

Pilihan sepatu terbaik untuk marksman adalah Swift Boots yang meningkatkan attack speed hero-mu. Tambahan attack speed ini cukup signifikan untuk mempercepat farm dan menambah DPS hero-mu.

Namun, untuk hero marksman dengan konsumsi mana yang boros dan amat bergantung kepada skill - skillnya (seperti Yi Sun-Shin atau Clint) pertimbangkanlah untuk membeli Boots of Tranquility untuk regen Mana dan HP.

Lifesteal

Items-Attack-3-Haas's-ClawsItems-Attack-3-Endless-Battle

Lifesteal adalah cara utama hero marksman dalam bertahan hidup. Akan sangat sulit bagimu untuk memainkan hero marksman tanpa item lifesteal. Pilihan yang baik untuk kebanyakan hero marksman adalah Haas Claw yang memberikan damage besar dan kemampuan lifesteal sebanyak 20%. Selain itu Haas Claw juga menambah kemampuan lifesteal sebanyak 10% ketika health-mu mencapai 40%. Hal ini menjadikan Haas Claw sebagai pilihan item lifesteal yang aman dalam memainkan hero marksman.

Namun, untuk hero - hero marksman dengan skill - skill cooldown rendah, ada baiknya kamu menggunakan item Endless Battle. Walaupun kemampuan lifesteal item ini tidak sebagus Haas Claw, item ini memberikan tambahan true damage (damage yang tidak dapat ditahan oleh armor dan magic resistance) pada seranganmu setelah kamu menggunakan skill. Item ini sangat cocok untuk hero - hero marksman yang sering menggunakan skill dalam fight (Lesley, Clint, dan Karrie misalnya).

Crit

Items-Attack-3-Berserker's-FuryItems-Attack-3-WindtalkerMobile-Legends-Items-Attack-3-Scarlet-Phantom

Hampir hero marksman sangat bergantung pada damage critical. Attack speed alami hero - hero marksman yang tinggi serta kemampuan mereka untuk melancarkan serangan biasa dari jarak yang aman membuat hero - hero marksman sangat cocok menggunakan item yang dapat memberikan tambahan kesempatan critical. Item yang wajib kamu beli adalah Berserker's Fury. Tambahan damage yang cukup tinggi, tambahan kesempatan critical sebesar 25% dan tambahan damage critical sebesar 40% akan menguntungkan bagi hero marksman manapun.

Tambahan item lain yang bagus juga adalah Windtalker. Selain memberikan tambahan kesempatan crit sebesar 20%, bonus movement speed yang diberikan oleh item ini juga sangat berguna untuk hero marksman yang rata - rata memiliki mobilitas rendah. Terutama di meta sekarang dimana hero - hero terkuat biasanya memiliki mobilitas tinggi (Johnson, Angela, Lancelot, Hayabusa, Yi Sun-Shin, dan Gusion misalnya).

Damage atau Daya Tahan?

Items-Defense-3-ImmortalityItems-Defense-3-Athena's-Shield

Beberapa Hero Marksman seperti Bruno atau Karrie memerlukan item defensif karena output damage yang sudah sangat besar namun healthnya kelewat tipis. Karrie misalnya memiliki pasif yang memberikan true damage sehingga damage late gamenya sudah sangat besar. Untuk hero - hero seperti ini pertimbangkanlah untuk membeli item defensif seperti Immortality atau Athena's Shield yang membuatmu lebih susah untuk dibunuh.

Items-Attack-3-Malefic-RoarItems-Attack-3-Blade-of-Despair

Sedangkan untuk kebanyakan hero marksman lainnya, tingkatkan terus damage-mu dengan membeli item-item seperti Blade of Despair yang memberikan damage yang sangat tinggi atau Malefic Roar yang membuat damage-mu menembus armor. Selain untuk memperkuat kemampuan-mu untuk membenuh hero, item - item ini juga akan sangat membantu untuk menghancurkan turret musuh.

Pilihan Emblem Dan Battle Spell

Emblem

Mobile-Legends-Emblem-Custom-Marksman

Pilihan emblem terbaik tentu saja emblem Marksman. Emblem ini memberikan stat yang sangat baik kepada hero - hero marksman (Attack speed, damage physical, penetration, kesempatan critical, dan lifesteal). Selain itu, talent yang diberikan emblem ini juga sangat baik terutama talent level 40-nya yang dapat menghentikan gerakan musuh ketika kamu menyerang musuh tersebut.

 

Emblem-Common-PhysicalJika level emblem Marksman-mu masih kecil ada alternatif lain, yaitu Common Physical Emblem yang memberikan daya tahan dan attack speed lebih. Stat yang diberikan emblem ini memang lumayan bagus dan mudah menaikkan level-nya juga mudah. Namun, emblem ini lebih seperti pilihan terakhir jika level emblem lain masih rendah.

Emblem-Custom-Jungle

Selain itu hero marksman yang dapat melakukan jungling dengan cepat dan menggunakan battle spell retribution (seperti Karrie dan Yi Sun-Shin) dapat juga menggunakan Custom Jungle Emblem. Talent yang diberikan emblem ini akan meningkatkan pendapatan gold dari monster jungle jka kamu menggunakan retribution sehingga kamu dapat farm item dengan sangat cepat.

Emblem-Custom-Assassin

Untuk marksman yang mengandalkan damage critical dan menggunakan skill untuk menghabisi musuh (Bruno, Lesley, atau Clint), gunakanlah emblem Assassin. Emblem ini meningkatkan damage physical serta penetrasi dalam jumlah yang sangat tinggi. Selain itu pengurangan cooldown, kesempatan critical, serta move speed yang diberikan emblem ini akan sangat berguna bagi hero - hero tersebut. Talent - talent yang diberikan emblem ini juga sangat berguna untuk meningkatkan pendapatan gold serta meningkatkan damage kepada  target yang sendirian sehingga mudah bagimu untuk membunuh marksman lawan pada saat laning.

Battle Spell

Battle-Spell-Retribution

Ada beberapa pilihan battle spell yang cocok digunakan oleh hero - hero marksman. Retribution sangat berguna terutama jika kamu meng-upgrade item jungle-mu. Selain mempercepat farming, kamu juga dapat menggunakan retribution untuk mengejar musuh yang melarikan diri berkat efek slow Retribution jika terkena hero (Retribution dapat melambatkan hero hanya ketika kamu meng-upgrade item jungle).

Battle-Spell-Inspire

Kamu juga dapat menggunakan battle spell Inspire yang akan meningkatkan attack speed hero secara drastis. Penggunaan Inspire sangat beguna dalam teamfight karena marksman merupakan sumber damage utama tim. Dengan cooldown yang tidak terlalu tinggi, Inspire juga dapat digunakan untuk farming monster jungle.

Battle-Spell-Flicker

Untuk hero - hero marksman dengan mobilitas rendah yang rentan terkena gank (seperti Lesley, Layla, dan Clint) gunakanlah battle spell Flicker. Selain untuk melarikan diri dan mengejar musuh, battle spell ini juga berguna untuk memposisikan diri dalam teamfight.

Memilih Hero Marksman

Sebaik apapun kamu memainkan marksman, memang ada batasan yang diberikan oleh hero tertentu. Apalagi jika hero marksman yang kamu gunakan bukan hero marksman yang kuat. Hero - hero seperti Miya, Layla, atau Clint adalah contoh dari hero - hero tersebut. Ada hero - hero marksman lain dengan kemampuan serupa yang dapat kamu gunakan dengan lebih efektif. Clint dengan Lesley misalnya. Kemampuan utama Clint adalah memberikan burst damage yang sangat tinggi melalui skill - skill dan pasifnya. Namun, Lesley merupakan hero yang setipe dengan kemampuan yang lebih kuat. Dengan asumsi keduanya sudah melengkapi itemnya, Clint dapat memberikan sekitar 2000 - 2500 damage per tembakan. Bandingkan dengan Lesley yang dapat mengeluarkan 2500 - 3000 damage. Ditambah penggunaan mana Clint yang sangat boros jika dibandingkan penggunaan energy Lesley, Lesley dapat lebih sering mengeluarkan jumlah damage tersebut.

Beberapa hero marksman yang sangat kuat di patch sekarang adalah:

Karrie

mobile-legends-karrie-portrait

Dapat mengeluarkan pure damage yang sangat besar dalam waktu yang singkat. Sangat cocok untuk meta sekarang dimana satu tim dapat menggunakan 2 tank. Karrie adalah marksman terbaik untuk menghadapi tank!

Lesley

mobile-legends-lesley-portrait

Damage critical yang sangat tinggi dan dapat di-spam dengan mudah menggunakan skill 1-nya. Hero marksman yang dapat menghabisi hero - hero assassin dan mage dengan cepat dan aman.

Yi Sun-Shin

mobile-legends-yi-sun-shin-portrait

Walaupun late game hero ini tidak sekuat hero marksman lainnya, Yi Sun-Shin dapat dengan mudah unggul dari awal game dibanding marksman lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan menghabisi minion serta jungling-nya yang sangat cepat. Skill 2-nya juga memungkinkan Yi Sun-Shin untuk mencicil marksman lawan sehingga ia akan mudah memiliki keuntungan dalam tahap laning. Ulti Yi Sun-Shin juga dapat memberitahu tim akan posisi musuh sehingga tim-mu akan sangat sulit terkena gank.

Tips dan Trik Memainkan Hero Marksman

Selain hal - hal diatas, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu ingat jika kamu ingin menguasai permainan dengan hero marksman:

  • Sebagai sumber damage utama hero, item merupakan bagian penting dalam memainkan marksman. Kamu harus mencoba untuk fleksibel dalam memilih item yang akan kamu beli. Pertimbangkan pemilihan item-mu tergantung dari komposisi musuh dan situasi pertarungan. Menghadapi 2 tank? Cobalah beli Demon Hunter Sword atau Malefic Roar untuk menembus pertahanan mereka. Menghadapi Kagura dan Gusion? Belilah Rose Gold Meteor untuk mendapatkan shield dan magic resistance tanpa mengurangi damage-mu.
  • Selalu ingat prioritas pengambil buff. Pada awal permainan, buff pada marksman tidak terlalu berguna karena penambahan damage dari buff berdasarkan persentase damage hero-mu (damage awal marksman sangat kecil). Buff awal lebih baik diberikan pada assassin atau mage mid yang tidak dapat berfungsi tanpa buff. Pada akhir permainan, baru coba ambil buff karena tambahan persentase damage pada tahap ini sudah sangat terasa.
  • Di awal permainan, selalu prioritaskan farming. Jangan terpancing untuk bergerak melakukan gank yang tidak tentu berhasil. 1 wave minion dapat memberikanmu 200 - 350 gold yang sangat berharga untuk marksman.
  • Pertimbangkan untuk melakukan splitpush dan tidak terlalu sering bertarung. Damage dan attack speed marksman yang tinggi akan sangat mempermudahmu untuk menghancurkan turret musuh.
Marksman yang baik dapat membawa kemenangan pada timnya walaupun timnya mengalami start yang buruk.

Dengan mempelajari guide ini, kamu akan dapat menggunakan hero marksman secara efektif. Namun jangan lupa untuk berlatih dengan mempraktekkan hal - hal yang disebutkan dalam guide ini karena ada beberapa hal yang dapat kamu pelajari lebih cepat dengan terjun langsung ke pertarungan seperti pola farming dan positioning.

BACA JUGA