Guide Rafaela – Suster Perawat Bersayap dari Langit

mobile-legends-rafaela-portrait

Pendahuluan

Rafaela-Hero-Screen

Rafaela adalah Hero Support yang memiliki kemampuan untuk memulihkan HP tim dalam jumlah besar dengan instan. Selain itu, penggunaan mana dan cooldownnya cukup kecil sehingga dapat di spam, apalagi bila sudah memiliki item mana regen dan cooldown reduction yang cukup. Selain itu, seluruh skillnya dapat mempengaruhi kecepatan gerak hero yang terkena skillnya, baik teman maupun lawan.

Kelebihan dan Kekurangan Rafaela

Kelebihan
• Dapat menyembuhkan teman yang sekarat dengan cepat
• Pasifnya dapat membantu pengejaran lawan/kabur untuk teman
• Potensi damagenya cukup besar untuk support
Kekurangan
• Hanya memiliki 1 skill heal untuk specialty Regen
• Healnya kadang lebih sering dipakai untuk diri sendiri dan masih cooldown saat dibutuhkan teman

Build Item Rafaela

Enchanted Talisman adalah item yang sangat bagus untuk hero Mage yang ingin sering menggunakan skillnya. Cooldown reductionnya sangat besar, dan pasifnya akan memulihkan Mana dengan cepat.

Magic Shoes akan memberikan tambahan Cooldown reduction agar Rafaela dapat lebih sering menggunakan skillnya.

Clock of Destiny adalah item yang akan memberikan tambahan HP, Mana, dan Magic Power yang cukup besar. Terutama bila 5 menit sudah berlalu sejak membeli item ini.

Ice Queen Wand akan membuat lawan yang terkena skill Rafaela menjadi lambat. Dengan ini, efek pengurangan movement speed dari skill pasifnya akan lebih terasa lagi.

Courage Bulwark adalah item yang bagus untuk hero Support yang akan sering berada dekat hero timnya. Tambahan 10% attack dan defense untuk hero tim sekitarnya akan sangat baik untuk membantu hero yang bertarung dari jarak dekat.

Blood Wings akan membuat Rafaela menjadi lebih tebal seiring bertambahnya magic power yang dimilikinya.

Recommended Emblem
Emblem-Common-Magic Emblem-Custom-Support
Common Magic Custom Support

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Healing-Spell Battle-Spell-Flicker
Healing Spell Flicker

Healing Spell akan memberikan tambahan healing untuk melakukan burst heal ke seluruh tim kamu dengan cepat dalam keadaan darurat. Selain itu, spell ini juga dapat digunakan untuk memulihkan mana bila sudah benar-benar habis.

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Build Skill Rafaela

Skill 1 Rafaela adalah sumber utama dari damagenya. Namun skill ini tidak perlu difokuskan, karena yang paling dibutuhkan dari skill ini adalah kemampuannya untuk mencicil HP lawan dan untuk mentrigger efek slow dari skill pasifnya. Skill ini akan otomatis mentarget hero yang berada dalam jangkauannya, walaupun ada banyak minion yang lebih dekat, jadi juga bagus untuk mencicil HP hero musuh.

Skill 2 adalah keahlian utama dari Rafaela, yaitu kemampuannya untuk memulihkan HP hero di sekitarnya dengan cepat, sekaligus memulihkan HPnya sendiri. Selain itu, skill ini akan mengaktifkan skill pasifnya yang menambah movement speed Rafaela dan hero yang terkena healnya untuk sementara. Sangat bagus untuk membantu pergerakan saat ingin kabur atau mengejar lawan.

Skill 3 Rafaela adalah kemampuannya untuk memberikan stun kepada musuh dalam satu garis lurus. Skill ini sangat baik digunakan untuk membantu dalam membuka teamfight, terutama bila berhasil digunakan ke arah lawan yang memiliki damage terbesar atau memiliki skill crowd control.

Untuk urutan skill yang diambil, fokuskan ke skill 2 pertama kali karena peran utama dari Rafaela adalah untuk menyembuhkan timnya. Skill ke-1 dinaikkan terakhir karena lebih digunakan sebagai crowd control. Dan tentu saja, ambil skill 3 setiap kali bisa dinaikkan.

Cara Memainkan Rafaela

Early Game

Rafaela-Gameplay-1

Sebagai hero Support, fokus utama Rafaela di awal adalah untuk membantu  hero tim kamu yang berada di satu lane bersamamu. Zone hero lawan dengan skill 1 agar mereka sulit untuk farming, dan gunakan heal bila kamu atau hero temanmu terkena damage. Pastikan HP kalian berada dekat dengan penuh agar dapat farming dengan tenang, dan jangan lupa kalau heal dari Rafaela dapat memberikan movement speed yang besar untuk sementara.

Mid Game

Rafaela-Gameplay-2

Di tahap ini, Rafaela sudah bisa mulai membantu lane lain dengan berpindah-pindah lane. Skill 1nya dapat digunakan untuk membuat musuh ragu untuk maju karena pengurangan movement speed yang diberikan, dan masih ada resiko terkena Ultimate dari Rafaela bila mereka nekad melakukan dive ke turret. Gunakan skill 2 untuk tambahan movement speed dalam perjalanan bila dibutuhkan dan keadaan terasa aman.

Late Game

Rafaela-Gameplay-3

Di penghujung permainan, Rafaela sudah dapat men-spam skillnya, terutama bila sudah mengumpulkan banyak item yang memberikan cooldown reduction. Pastikan HP hero tim di sekitar kamu berada dalam kondisi penuh dan posisikan dirimu di jarak aman. Bila keadaan terlihat akan terjadi teamfight, tunggu sampai benar-benar dimulai sebelum menggunakan skill Ultimatemu, usahakan dapat mengenai lebih dari 1-2 hero sekaligus.

Kombinasi Hero Rafaela

Kuat Melawan
Coming Soon

Hati - Hati terhadap
Coming Soon

Cocok Dengan
Coming Soon

Kesimpulan

Rafaela-Victory

Memang, kemampuan heal Rafaela tidak sebesar Estes, dan kombinasi skillnya juga tidak dapat menyaingi Angela, karena itu lah dia sangat jarang terlihat di pertandingan tingkat atas. Namun, dia dapat memberikan heal yang besar secara instan sekaligus memberikan bonus movement speed yang besar kepada seluruh hero tim yang terkena healnya, kemampuan unik ini lah yang tidak ada di hero lain.

Selain itu, kalian juga bisa iseng menggunakan Rafaela seperti layaknya Marksman, karena kegunaan skillnya bisa dibilang tidak membutuhkan tambahan magic damage untuk menjadi efektif, tapi tentu saja tidak disarankan untuk pertandingan tingkat atas.

BACA JUGA

2 Comments


  1. Rafaela user sampe ke legend
    Untuk build skillnya lebih bagus skill 1 dulu mendahului skill 2..
    Karena di heal level 1 tidak signifikan..
    Tapi slow yg ada dr skill 1 sangat berpengaruh di early..
    Secara heal memang kalah dr estes tapi untuk utility rafaela lebih baik, jd memiliki survivability yg lebih tinggi dr estes ketika di target lock.

    Reply

    1. Makasih mas atas share ilmu Rafanya! Disini kami ambil heal dulu agar bisa bantu hero core di tim untuk jungling dan survive di lane. Tapi mungkin kalau main Rafanya lebih agresif, memang lebih baik ambil skill 1 duluan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *