Guide Ruby – Mangsa yang Menjadi Predator

mobile-legends-ruby-portrait

Pendahuluan

ruby-hero-screen

Si Gadis Berkerudung Merah sekarang sudah besar! Bukan lagi menjadi mangsa, namun sekarang sudah menjadi seorang Pemburu. Ruby merupakan seorang Fighter yang memiliki kemampuan untuk memperlambat dan menarik lawan ke arah dirinya. Selain itu, Ruby memiliki sistem lifesteal yang unik karena Passive-nya. Serangan biasa yang dilakukan tidak akan memberikan lifesteal, tapi Skill akan memberikan lifesteal lebih besar. Bagaimana cara pemain untuk bisa memanfaatkan keunikan Hero yang satu ini?

Kelebihan dan Kekurangan Ruby

Kelebihan
• Mobilitas tinggi karena pasifnya
• Efek lifesteal pada skillnya sangat besar
• Sangat mengganggu gerakan musuh dalam teamfight
Kekurangan
• Damagenya tergolong kecil
• Efek crowd control dan item yang cocok akan sangat melemahkannya

Build Item Ruby

Bloodlust Axe merupakan salah satu gear wajib untuk Hero yang satu ini. Selain tambahan serangan fisik dan pengurangan cooldown, spell-vamp-nya juga sangat berguna saat pemain menggunakan Skill.

Magic Shoes adalah gear lain yang merupakan barang wajib. Kecepatan geraknya membantu untuk mengejar lawan, dan pengurangan cooldown juga bagus untuk spam Skill. Ini dikarenakan Ruby sangat bergantung pada Skill-nya untuk menjadi berguna dalam pertarungan.

Athena's Shield memberikan pertahanan tambahan bagi pemain sebelum mulainya pertempuran. Tambahan HP dan Magic Res menjadikan pemain cocok untuk menghadapi musuh jenis apapun.

Endless Battle memberikan tambahan status dan juga lifesteal bagi pemain. Item ini sangat cocok untuk Skill 2, dimana sekali berputar, HP pemain dapat langsung pulih kembali saat berhadapan dengan banyak musuh.

Dominance Ice mengurangi kecepatan musuh yang ada di sekitar pemain, sehingga cocok untuk menghadapi Fighter lain atau Assassin.

Oracle akan mengurangi cooldown lebih besar lagi, dan juga memberikan efek regenerasi HP. Dengan item ini, pemain akan jarang berada dalam kondisi sekarat dalam permainan.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Fighter Emblem-Custom-Jungle
Custom Fighter Custom Jungle

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Retribution
Flicker Retribution

Flicker dapat dimanfaatkan untuk menarik lawan masuk ke dalam tower. Meskipun Ruby kurang mampu untuk menghabisi musuh sendirian, dengan trik ini, pemain mampu menjebak lawan yang terlalu nafsu.

Retribution akan membantu pemain melakukan farming, terutama bila pemain ingin berkeliling untuk membantu teman di lane lain.

Battle Spell yang tidak kalah berguna adalah Petrify, namun Battle Spell ini hanya digunakan apabila pemain benar-benar menjadi Tank Supportive.

Build Skill Ruby

Skill 1 digunakan untuk memperlambat musuh sekaligus menggerakan pemain ke arah yang dituju lebih cepat. Gunakan Skill ini untuk poke atau memberihkan minion di lane. Gunakan juga Skill ini untuk memberi serangan kejutan dari rumput, lalu lompat keluar dengan Passive Hero.

Skill 2 akan memberikan Stun dan menarik musuh di sekitar ke arah pemain. Musuh yang berada di tepi lingkaran akan mendapatkan damage lebih besar, sehingga pemain harus menggunakan Skill ini dengan memperhitungkan jarak. Dengan adanya gear, Skill ini akan memulihkan HP pemain seketika.

Skill 3 digunakan untuk menarik musuh dan memulai pertarungan. Manfaatkan Skil ini untuk menculik lawan agar bisa dihabisi oleh rekan yang berada di belakang atau sekitar Ruby. Kombinasikan dengan Flicker agar pemain mampu menarik musuh masuk ke dalam tower, atau tempat yang diinginkan.

Naikkan Skill 1 dahulu, karena Skill ini akan lebih sering digunakan, terutama apabila pemain akan sering melakukan gank. Namun, apabila tidak ada Tank dalam tim, maksimalkan Skill 2 terlebih dahulu untuk memaksimalkan lifesteal.

Cara Memainkan Ruby

Early Game

ruby-gameplay-1

Jangan menghadapi siapapun sendirian. Serangan yang bisa dikeluarkan oleh Ruby tidak terlalu dalam, apalagi di tahap awal permainan. Terus lakukan farming, dan hanya serang musuh bila bersamaan dengan Hero yang mampu memberikan damage besar. Gunakan Skill 1 untuk poke dan mengusir musuh menjauh dari pemain. Pancing ke dekat tower agar mereka menerima serangan dari tower.

Mid Game

ruby-gameplay-2

Di tahap ini Ruby akan lebih tahan dengan serangan musuh. Manfaatkan ini untuk bermain lebih agresif bersama dengan pemberi damage. Kejar musuh dengan kombinasi Skill 1, 2, atau 3 untuk membuka kesempatan Kill pada teman. Pindah dari lane untuk membantu teman di lane lain bersama dengan teman. Lakukan gank dengan memanfaatkan tarikan dari Skill.

Late Game

ruby-gameplay-3

Tugas dari pemain di tahap ini kurang lebih sama dengan tahap sebelumnya. Dengan gear yang lebih lengkap, pemain seharusnya dapat bertahan lebih lama saat diserang. Gunakan Skill 2 untuk menyerang banyak musuh sekaligus dan memulihkan HP. Buka pertarungan dengan Skill 3 dan tarik mereka ke arah tower atau area serangan teman. Serang musuh dengan Skill 1 untuk memperlambat kecepatan gerak mereka.

Kombinasi Hero Ruby

Kuat Melawan
Assassin-Natalia Fighter-Alucard Fighter-Argus
Natalia Alucard Argus

Hati - Hati terhadap
Mage-Aurora Marksman-Miya Marksman-Karrie
Aurora Miya Karrie

Cocok Dengan
Marksman-Irithel Fighter-Roger Assassin-Saber
Irithel Roger Saber

Kesimpulan

Meskipun Ruby tidak memiliki Damage yang besar, kemampuannya untuk menopang teman tidak diragukan lagi. Lifesteal dari Skill-nya mampu memulihkan HP-nya saat bertarung dengan musuh. Kemampuan Stun dan menarik musuh merupakan pedang bermata 2 yang harus digunakan dengan hati-hati. Mengumpulkan musuh di sekitar pemain, tanpa adanya teman yang menghabisi mereka justru akan membuat pemain dihabisi lawan.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *