Guide Saber – Ninja Robot Anti Assassin

mobile-legends-saber-portrait

Pendahuluan

Saber-Hero-Screen

Saber adalah salah satu Hero Assassin pertama yang dapat digunakan oleh pemain Mobile Legends setelah mereka mulai memainkan game ini. Meskipun begitu, hero ini bukan termasuk salah satu hero yang mudah digunakan, justru dapat dikatakan kalau hero ini adalah batu loncatan untuk menggunakan hero lain yang lebih susah lagi karena dibutuhkan perhitungan matang untuk menggunakan cyborg pengguna dua pedang ini.

Kelebihan dan Kekurangan Saber

Kelebihan
• Ultimatenya dapat mengunci lawan dari jauh dan memberikan damage besar pula
• Skill pertamanya dapat dipakai untuk menyerang dari jauh
• Ganker yang sangat bagus
Kekurangan
• HPnya sangat kecil, bahkan di tahap akhir permainan
• Efek Crowd control dapat menghentikan seluruh pergerakannya

Build Item Saber

Bloodlust Axe akan memberikan efek Spell Vamp pada seluruh skill Saber. Dengan ini dia dapat memulihkan HP dari jarak yang aman dengan skill ke-1nya.

Magic Shoes memberikan tambahan Movement Speed dan Cooldown Reduction yang sangat dibutuhkan oleh Saber

Blade of the 7 Seas akan memberikan sedikit tambahan HP untuk Saber, dan mengurangi pertahanan lawan sebelum dia memulai penyerangan.

Rose Gold Meteor memberikan tambahan Magic Resist dan sedikit Lifesteal, tapi yang paling penting adalah skill ini akan memberikan perisai saat HP Saber berada di bawah 30%.

Blade of Despair adalah item dengan harga yang cukup mahal, namun damage yang diberikannya sangat besar, terutama kepada musuh yang berada dalam efek crowd control.

Immortality adalah asuransi untuk Saber karena dia dapat dibunuh dengan cepat setelah melancarkan serangannya, dengan item ini dia dapat hidup kembali bila terjadi kesalahan perhitungan.

Recommended Emblem
Emblem-Custom-Assassin Emblem-Custom-Jungle
Custom Assassin Custom Jungle

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Retribution Battle-Spell-Flicker
Retribution Flicker

Retribution akan memberikan damage instan kepada monster untuk membunuhnya dengan cepat, sangat cocok untuk mengambil Role Buff atau Gold Buff.

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Build Skill Saber

Skill 1 adalah sumber utama dari damage Saber. Dengan skill ini dia dapat mencicil HP lawannya dari jauh, atau menggunakannya untuk memberikan damage besar dari jarak dekat dan segera menarik seluruh pisau kembali sambil menembus lawan untuk kedua kalinya dengan menggunakan skill ke-2.

Skill 2 Saber adalah skill yang membuatnya dapat bergerak dengan cepat di tengah pertarungan. Skill ini dapat segera menarik seluruh pisau dari skill ke-1 kembali padanya tanpa perlu menunggu durasi skill tersebut habis. Selain itu skill ini dapat digunakan untuk melompati tembok atau halangan lainnya.

Skill 3 adalah skill Ultimate Saber yang befungsi untuk mengunci lawan dari jauh sambil menyerangnya berkali-kali, sangat efektif untuk meng-counter Assassin lain atau membuka serangan kepada hero HP rendah seperti Mage atau Marksman. Namun hati-hati lah karena Saber masih dapat diserang saat menggunakan skill ini.

Untuk urutan skill yang diambil, fokuskan ke skill 1 pertama kali karena damage utama dari Saber ada di skill ini. Skill ke-2 dinaikkan terakhir karena lebih digunakan untuk mobilitas saja. Dan tentu saja, ambil skill 3 setiap kali bisa dinaikkan.

Cara Memainkan Saber

Early Game

saber-gameplay-1

Di tahap awal, Saber bisa dibilang sangat lemah, terutama bila belum memiliki skill ke-3. Damage yang dihasilkannya masih belum seberapa, dan dia sangat mudah untuk dikalahkan karena HPnya yang rendah. Jaga jarak dengan hero lawan, cicil HP mereka dari jauh dengan skill ke-1, dan gunakan skill ke-2 untuk kabur bila dalam bahaya. Bila skill ke-3 sudah terbuka, jangan ragu untuk segera masuk mengunci lawan yang HPnya sudah rendah dan habisi mereka.

Mid Game

saber-gameplay-2

Di tahap ini, Saber sudah dapat mulai memberikan kontribusi damage dalam teamfight. Tetap gunakan skill ke-1 untuk mencicil HP lawan atau membersihkan wave minion dengan cepat, dan gunakan skill Ultimate untuk mengunci sasaran yang paling berbahaya terlebih dahulu, seperti Assassin lain, Marksman, atau Mage.

Late Game

saber-gameplay-3

Di penghujung permainan, Saber seharusnya sudah dapat menembus pertahanan yang tebal hingga dia dapat memberikan damage yang cukup signifikan ke hero Tank sekalipun. Namun peran utamanya tetap untuk mengunci lawan, terutama target prioritas. Pastikan kamu tidak maju sendirian, dan tim lawan akan segera rontok digilas oleh tim kamu.

Kombinasi Hero Saber

Kuat Melawan
Mage-Harley Assassin-Fanny Assassin-Lancelot
Harley Fanny Lancelot

Hati - Hati terhadap
Fighter-Lapu-Lapu Fighter-Ruby Tank-Akai
Lapu-Lapu Ruby Akai

Cocok Dengan
Mage-Cyclops Fighter-Chou Mage-Vexana
Cyclops Chou Eudora

Kesimpulan

Saber-Victory

Saber termasuk hero Assassin yang unik karena peran utama dia bukan untuk membunuh lawan, tapi untuk mengunci mereka. Bisa dibilang dia adalah Assassin Support, jadi jangan kecewa bila kill kalian lebih sedikit dari assistnya. Awalnya memang terlihat susah memainkan hero ini, namun kalian akan segera terbiasa bila sudah bisa bermain aman dan mengetahui peran utamanya. Damagenya memang besar bila seluruh skillnya dapat dieksekusi dengan baik, namun kegunaan dari skill Ultimatenya memang sangat baik dalam teamfight. Gunakan perhitungan yang baik sebelum memulai penyerangan, cicil HP lawan dari jauh, dan majulah bersama dengan tim kamu. Lawan tidak akan berani berada sendirian bila mereka tahu ada Saber yang cerdas di tim sebelahnya.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *