Guide Vexana – Dari 5v5 jadi 6v4

GCUBE mobile-legends-vexana-portrait

Pendahuluan

Vexana-Hero-Screen

Vexana termasuk salah satu hero Mage yang memiliki burst damage yang sangat besar, dan dapat dilakukan dari jarak yang aman. Pasifnya dapat menghabisi minion lane dengan cepat, skill 1nya dapat menggiring lawan ke arahnya untuk diserang bersama tim, dan ultimatenya dapat membuat pertarungan 5 lawan 5 berubah menjadi 6 lawan 4. Dengan hadirnya Vexana dalam pertarungan, lawan yang mati olehnya hanya bisa menatap pasrah melihat arwahnya bertarung mengkhianati tim dia sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Vexana

Kelebihan
• Pasifnya dapat melenyapkan sekumpulan musuh sekaligus saat salah satunya mati
• Memiliki potensi poke yang besar, skill-1nya sangat bagus untuk memulai /mengacau dalam team fight
• Bila carry musuh menjadi bonekanya, maka keadaan akan berbalik dengan cepat
Kekurangan
• Biaya mana yang sangat besar
• Tak punya skill untuk lari

Build Item Vexana

Enchanted Talisman sangat penting pada Vexana, karena pemakaian mananya yang sangat besar dan cooldownnya yang cukup lama. Dengan item ini dia bisa semakin sering melakukan spam skill, dan tambahan HP yang diberikan item ini juga cukup membantu. 

Arcane Boots akan mengabaikan sebagian magic resistance dari hero musuh di samping memberikan tambahan movement speed. Sepatu yang paling cocok untuk hero mage yang memiliki damage besar.

Lightning Truncheon akan semakin membantu regenerasi mana Vexana agar dia dapat menggunakan skillnya lebih sering lagi. Selain itu item ini juga akan memberikan tambahan damage ke sejumlah target di satu area, yang akan sangat menyakitkan bila digabung dengan skill pasifnya.

Ice Queen Wand memberikan tambahan mana regen dan cooldown reduction seperti Enchanted Talisman, tapi bagian terpentingnya adalah pasifnya yang memperlambat musuh bila terkena skill. Dengan item ini, skill 2 akan jauh lebih mudah mengenai musuh, dan ultimatenya akan membuat lawan menjadi sangat pelan sambil menunggu ajalnya tiba.

Holy Crystal akan membantu kombo skill 1 dan skill 2 Vexana agar damagenya menjadi jauh lebih besar lagi. Ultimatenya juga akan semakin pasti membunuh target dan mendapatkan arwahnya bila pasif dari item ini muncul saat memakainya.

Glowing Wand memberikan movement speed dan magic penetration yang dibutuhkan oleh Vexana, tapi yang terpenting adalah pasifnya yang membakar target sebanyak persen dari jumlah HP mereka. Dengan item ini, damage dari skill ultimate Vexana akan menjadi sangat mengerikan.

Recommended Emblem
Emblem-Common-Magic Emblem-Custom-Mage
Common Magic Custom Mage

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Retribution
Flicker Retribution

Flicker bisa menyelamatkan pemain dari situasi genting, baik itu dari gank, atau kalah dalam teamfight. Dapat juga dipakai secara ofensif untuk mengejar lawan dari balik tembok.

Retribution akan membantu dalam membunuh Reaper & Spinner untuk mendapatkan buff, selain itu dapat digunakan untuk melawan Turtle & Lord.

Build Skill Vexana

Skill 1 Vexana memberikan damage dalam garis lurus dan membuat hero pertama yang dikenainya bergerak sendiri ke arah Vexana selama 1 detik dan tidak dapat melakukan apa-apa. Gunakan skill ini untuk membantu mendaratkan skill 2 yang damagenya lebih besar, karena hero lawan akan sulit menghindar setelah terkena skill ini. Selain itu skill ini juga dapat digunakan untuk memancing lawan ke dalam jarak tembak turret.

Skill 2 adalah skill area yang tidak memilki efek spesial apa-apa, tapi damagenya sangat besar. Yang menjadi masalah hanyalah durasi skill ini benar-benar mengenai sasaran, ada jeda waktu sekitar 1 detik sebelum skill ini mendarat dan meledak di area yang ditentukan, membuatnya mudah dihindari terutama oleh hero yang memilki mobilitas tinggi. Skill ini perlu digunakan dengan cerdas agar bisa memberikan efek yang diinginkan, seperti digabung dengan skill 1, atau dikeluarkan di kerumunan lawan saat teamfight yang biasanya tidak akan diperhatikan karena tertutup oleh banyak sekali pergerakan lainnya, atau bisa juga digabungkan dengan hero lain yang memiliki skill crowd control. Tapi tentu saja minion tidak akan berusaha menghindar dari skill ini, oleh karena itu akan sangat berguna untuk membersihkan lane.

Skill 3 Vexana adalah skill yang sangat mematikan bila pemakaiannya benar. Damage yang ditimbulkan secara berkala memang besar, tapi yang diincar adalah efek saat hero lawan mati sementara skill ini masih berjalan; arwah hero yang dibunuh akan dapat dikendalikan oleh Vexana, dengan 70% atribut dari hero aslinya dan tambahan aura racun yang memberikan damage di sekitar arwah boneka tersebut. Akan sangat menyakitkan bila hero lawan yang mati saat terkena skill ini adalah hero carry atau tank, karena musuh akan kelabakan menghadapi tambahan 'hero baru' tersebut di tim Vexana. Arwah boneka ini dapat digerakkan kemana saja oleh Vexana seperti menggunakan skill biasa, cukup memilih lokasi yang diinginkan dan arwah boneka tersebut akan segera berpindah tempat di titik yang ditentukan.

(Update : Musuh tidak perlu mati saat dalam efek Skill ini. Setelah waktu habis, boneka arwah dari musuh akan muncul dengan sendirinya.

Urutan urutan skill yang diambil, ambil skill 1 pertama kali, dan ambil skill 2 setelahnya. Untuk selanjutnya dapat diselang-seling menaikkan skill 1 dan skill 2 bersamaan, tapi bila yakin dengan kemampuan mendaratkan skill 2 (atau lawan ternyata tidak terbiasa menghindar), naikkan skil 2 hingga maksimum terlebih dahulu sebelum menaikkan skill 1 lagi. Tentu saja skill 3 selalu dinaikkan setiap kali bisa diambil.

Cara Memainkan Vexana

Early Game

vexana-gameplay-1

Di tahap awal permainan, Vexana adalah pedang bermata dua - potensi killnya sangat tinggi karena damagenya, tapi dia tidak bisa lari dan penggunaan mananya terlalu besar. Jangan terlalu banyak menggunakan skill untuk hal yang tidak perlu, seperti membunuh hanya dua minion dalam lane. Ingat, pasif dari Vexana juga akan menyala dari serangan biasa, jadi tanpa menggunakan skill pun Vexana masih dapat membersihkan lane dengan mudah.

Gunakan mana Vexana yang masih sedikit dengan efisien, dan sisakan untuk keadaan darurat seperti bila di-gank oleh musuh. Jangan lupa potensi damagenya yang sangat besar hingga dapat menghabisi sampai separuh HP bar dari hero lawan walaupun masih level rendah, apalagi bila hero tersebut berada di tengah-tengah kumpulan minion yang sudah sekarat.

Mid Game

vexana-gameplay-2

Di tahap ini Vexana seharusnya sudah bisa lebih bebas menggunakan skillnya. Prioritaskan penggunaan skill 1 untuk menyerang hero lawan dan skill 2 untuk menahan minion musuh melakukan push lane. Skill 1 Vexana juga dapat digunakan untuk menyelamatkan teman yang sedang dikepung atau di-gank, selain digunakan untuk mendaratkan skill 2. Hero lawan yang terlalu dekat dengan turret, atau memaksa men-dive kebelakangnya juga dapat dibuat kelabakan dengan skill 1 ini. Dan tentu saja, incar kesempatan menggunakan skill 3 pada musuh yang sudah sekarat, atau gunakan pada musuh yang HPnya rendah sebelum diberikan kombo skill 1 dan skill 2.

Late Game

vexana-gameplay-3

Di penghujung permainan, damage Vexana sudah bukan main-main lagi bila build itemnya sudah benar. Hero-hero tipis seperti Marksman akan langsung lenyap setelah terkena kombo ketiga skill Vexana. Gunakan potensi ini untuk 'mencuri' carry lawan yang biasanya HPnya kecil dan jadikan mereka hero ke-6 dalam tim kamu, dan buat tim lawan mengalami senjata makan tuan. Jangan lupa skill ultimate Vexana memilki damage berkala yang sangat besar, dan saat dalam efeknya hero lawan tidak dapat memulihkan diri.

Kombinasi Hero Vexana

Kuat Melawan
Tank-Lolita

Marksman-Layla Fighter-Zilong

Fighter-Freya
Lolita Layla Zilong Freya

Hati - Hati terhadap
Assassin-Hayabusa Fighter-Alucard Assassin-Saber Tank-Akai
Hayabusa Alucard Saber Akai

Cocok Dengan
Fighter-Balmond Tank-Akai Support-Rafaela Tank-Tigreal
Balmond Akai Rafaela Tigreal

Kesimpulan

Vexana-Victory

Vexana adalah hero pembersih lane yang sangat efektif berkat skill pasif dan skill 2nya, skill 1nya juga sangat merepotkan dari level 1 sekalipun, dan ultimatenya dapat membalikkan keadaan teamfight dalam sekejap bila digunakan pada hero yang tepat. Masalah terbesar yang dimiliki Vexana hanyalah ketidak mampuannya untuk melarikan diri dan penggunaan mananya yang sangat besar, maka dari itu pemain harus pintar dalam menentukan posisi dalam teamfight dan jangan pernah berkeliling map sendirian saat tidak ada musuh yang terlihat. Oleh karena itu, pemain yang dapat menggunakan Vexana dengan benar biasanya bisa menggunakan hero mage lainnya, karena kecerdasan dalam efisiensi penggunaan skill dan positioning sangat menentukan efektifitas hero ini.

Ada 2 kunci penting bila melawan Vexana: Jangan sekarat di depannya, dan jangan dekat-dekat dengan apapun yang sekarat; karena wanita necromancer ini berjaya di atas kematian lawannya.

BACA JUGA