Guide Zhask – Masih Jaman 3 Skill?

mobile-legends-zhask-portrait

Pendahuluan

zhask-hero-screen

Kehadiran Zhask membawa perubahan bagi seluruh pemain Mobile Legends. Di saat semua Hero hanya memiliki 3 Skill, Zhask melawan arus dengan 4 Skill yang dimilikinya. Hal ini tentu saja membuat Hero ini memiliki kemampuan bertarung yang sedikit lebih baik dibandingkan Hero lain, namun juga menambah tingkat kerumitan bermain. Dengan keunikan tersebut, tidak jarang pemain yang mengincar hero ini.

Dengan kemampuan bertahan yang tinggi, serta kemampuan push berkat Skill 1-nya, Hero ini akan membuat lawan kewalahan menghadapinya.

Kelebihan dan Kekurangan Zhask

Kelebihan
• Dapat berkontribusi dalam teamfight dari jarak jauh
• Mampu bertahan dalam lane melawan lebih dari 1 hero
• Masih dapat bertempur walaupun terkena efek crowd control
Kekurangan
• Kekuatannya berkurang drastis tanpa Nightmaric Spawn
• Mana untuk menggunakan Nightmaric Spawn tinggi, dan mudah dihancurkan dari jauh

Build Item Zhask

Enchanted Talisman memberikan tabungan Mana untuk bisa terus menggunakan Skill. Sebagai seorang Mage, tentu saja aset terbesar pemain adalah Skill yang dimiliki. Maka itu, dibutuhkan Mana dalam jumlah yang besar untuk bisa memaksimalkan kinerja dari Zhask. Selain itu, cooldown reductionnya juga berguna untuk bisa memanggil Nightmaric Spawn.

Arcane Boots menaikkan kecepatan gerakan Hero. Agar bisa memberikan damage yang besar ke musuh dengan lebih cepat, tentu saja dibutuhkan item yang tepat. Arcane Boots akan membantu pemain melakukan farming di tiap lane dan jungling.

Glowing Wand akan memberikan damage tambahan ke musuh setelah terkena Skill. Sehingga, apabila musuh kabur dengan darah sekarat, efek Passive Scorch akan menghabisi mereka.

Lightning Truncheon akan memberikan damage tambahan. Selain itu juga memberikan Mana Regen agar Mana dari Zhask bisa sampai tidak terhingga. Passivenya memberikan damage dari Skill ke musuh di sekitar target, sehingga lebih mudah untuk membersihkan lawan.

Holy Crystal meningkatkan damage Skill yang dipakai setelah menggunakan 1 Skill lainnya. Tambahan Magic Power juga akan meningkatkan damage yang bisa dikeluarkan oleh pemain.

Blood Wings akan meningkatkan HP dari pemain untuk setiap poin Magic Power. Sebagai seorang Mage, tentu saja Zhask memiliki pertahanan yang kurang tinggi. Blood Wings akan meningkatkan kemampuan bertahan pada saat pertarungan.

Recommended Emblem
Emblem-Common-Magic Emblem-Custom-Mage
Common Magic Custom Mage

Recommended Battle Spell
Battle-Spell-Flicker Battle-Spell-Inspire
Flicker Inspire

Flicker akan sangat membantu pemain untuk kabur dari situasi genting. Karena hero Mage ini kurang memiliki mobilitas, maka biasanya akan menjadi sasaran empuk bagi Hero dengan mobilitas tinggi.

Inspire akan menambahkan kecepatan serang Nightmaric Spawn, sehingga musuh akan lebih sering terkena efek Stun dari laser. Dengan demikian, pemain akan mampu mendapatkan kill lebih mudah.

Build Skill Zhask

Naikkan Skill 1 terlebih dahulu. Nightmaric Spawn yang diciptakan akan sangat membantu dalam kegiatan apapun, baik bertahan, menyerang, poke, farming, dan lain-lain. Setiap 2 kali basic attack dari Nightmaric Spawn, maka minion ini akan melakukan serangan laser. Musuh yang terkena serangan ini terus-menerus akan terkena efek stun. Spawn juga akan memiliki beberapa efek item yang dimiliki pemain. Skill 1 ini memiliki sinergi dengan Skill ke 2 yaitu Mind Eater.

Dengan Skill 2, Zhask akan mengeluarkan sinar laser yang menyerang seluruh musuh dalam 1 baris. Selain itu, Nightmaric Spawn juga akan ikut menggunakan Skill ini ke arah yang sama. Kombinasi Skill ini meningkatkan damage dari Mind Eater sampai 2 kali lipat.

Skill 3 mengeluarkan kumpulan Nightmaric Spawn kecil yang akan meledak saat menyentuh lawan. Apabila tidak menyentuh lawan, maka akan menjadi ranjau. Skill ini sangat berguna untuk melindungi Spawn dari Skill 1. Selain itu, juga mampu melindungi tanpa harus ada Zhask di dekat Spawn tersebut.

Skill 4 dari Zhask akan meningkatkan atribut dari Nightmaric Spawn secara drastis. Dengan timing yang tepat, Damage yang dikeluarkan pemain akan sangat besar. Namun perlu diingat bahwa penambahan atribut ini hanya berlangsung 10 detik saja.

Cara Memainkan Zhask

Early Game

zhask-hero-gameplay-1

Di awal permainan Mobile Legend, utamakan untuk melakukan farming. Setelah menghabisi minion di satu lane, habisi monster jungle. Ambil buff bila tersedia, lalu lanjutkan membersihkan lane. Apabila memungkinkan, lakukan juga farming di jungle musuh. Setelah mencapai level 4, pemain bisa mulai mencoba untuk mendapatkan kill. Namun, jangan terlalu nafsu karena pertahanan pemain masih belum terlalu baik. Jangan lupa untuk mementingkan menghancurkan tower ketimbang mendapatkan kill. Jangan lupa untuk terus farming

Mid Game

zhask-hero-gameplay-2

Pada tahap ini, Nightmaric Spawn harusnya sudah bisa memberikan damage yang cukup besar ke lawan. Habisi Hero musuh yang muncul agar menarik perhatian lawan di lane lain. Dengan begitu, Hero kawan akan mampu menyerang tower musuh. Semakin jauh lane di-push, semakin mudah untuk melakukan farming di jungle musuh. Jangan lupa untuk menggunakan Recall bila diperlukan.

Late Game

zhask-hero-gameplay-3

Saat ini, Nightmaric Spawn seharusnya sudah bisa mengalahkan seluruh tim musuh. Yang penting adalah mengerti kapan harus menyerang lawan. Sembunyilah di semak-semak dan berikan serangan tiba-tiba ke musuh. Fokuskan untuk menyerang Mage atau ADC terlebih dahulu, karena mereka memiliki peran terpenting dalam pertarungan tim. Setelah menghabisi lawan, jangan ragu-ragu untuk memenangkan pertandingan.

Kombinasi Hero Zhask

Kuat Melawan
Tank-Minotaur

Fighter-Ruby

Mage-Cyclops

Fighter-Bane
Minotaur Ruby Cyclops Bane

Hati - Hati terhadap
Fighter-Zilong Fighter-Alucard Marksman-Layla

Assassin-Hayabusa
Zilong Alucard Layla Hayabusa

Cocok Dengan
Fighter-Balmond Tank-Akai Fighter-Alucard Fighter-Zilong
Balmond Akai Alucard Zilong

Kesimpulan

zhask-victory

Kunci kemenangan dalam memainkan Sang Penakluk Dunia adalah memanfaatkan Nightmaric Spawn sebaik-baiknya. Selain menjadi pengganggu dalam pertarungan, Spawn juga bisa menghasilkan damage dan memberikan support dengan stun-nya. Kemampuan Jungling Hero Mobile Legends ini juga sangat baik untuk seorang Mage. Dengan build yang tepat, tidak ada yang dapat melawan Zhask.

Screenshots: BluePanda

BACA JUGA