Louvre vs Domino’s – Lesley Menjamin Kemenangan?

GCUBE mpl-louvre-vs-dominos1

Setelah tim Domino’s Hunter mendominasi pertandingan dengan kombo Alucard dan Lesley, tim Louvre membalas dengan keras pada game kedua dengan kombinasi hero jagoan mereka seperti Kagura dan Lapu-Lapu, bahkan tak ada satupun turret yang rontok. Pertandingan Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia tanggal 27 Januari ini pun berakhir dengan skor 1-1. Yang menarik adalah, sejak ban untuk Lesley diangkat dari turnamen ini, semua tim yang memilihnya selalu menang.

Sesi Interview

Kami mengundang kapten dari tim Louvre untuk berbagi ceritanya, yaitu Edo atau yang dikenal dengan nama ingamenya Louvre Afsheen, yang menggunakan hero Chou pada pertandingan kedua. Berikut adalah hasilnya.

GCube: Anda bermain bagus sekali dengan Chou tadi, walaupun belum bisa memberikan damage besar anda masih dapat mendapatkan kill.
Edo: Terima kasih. Itu memang peran utama Chou, karena sebenarnya dia tidak bisa memberikan damage yang besar kalau sendiri.  Peran utamanya sebagai support itu mengunci lawan untuk tim, dia tidak bagus kalau buat bermain sendiri.

G: Begitu ya. By the way itu kenapa di game pertama kelihatannya agak sedikit struggle ya? Kelihatannya berat sekali, dan walaupun banyak kesalahan yang terjadi di kedua tim, di tim anda sangat fatal hingga akhirnya kalah.
E: Ya, kami membuat terlalu banyak blunder, terutama di bagian top lane. Tank kami benar-benar dipojokkan. Sementara di bagian mid lane dan bottom lane tidak mengalami masalah.

G: Saya juga melihat performa dari salah satu rekan tim anda, Arss. Saya rasa dia jauh lebih beringas saat memakai Lapu-Lapu dibandingkan saat memakai Akai, berbeda sekali. Ada apa disitu?
E: Dia itu sebenarnya lebih terbiasa bermain Fighter, jadi kalau bermain Tank memang belum begitu lancar. Di tim kami ini sebenarnya yang berperan utama sebagai Tank cuma satu, jadi kalau ternyata kita butuh 2 tank memang kita menjadi kurang efektif.

G: Ya, pada akhirnya juga kalian kalah di game pertama walau sudah memberi kesempatan untuk Hayabusa farming.
E: Betul, kami berusaha memberikan dia kesempatan untuk farming agar dapat mengumpulkan item yang kuat, tapi yang terjadi justru kami yang memberikan ruangan untuk itu menjadi terpojok. Selain itu di tim Domino's juga Alucardnya mendapatkan 2 kill di awal dan itu memberikan dia keunggulan yang sangat jauh.

G: Perubahan strategi apa yang kalian lakukan untuk game kedua sampai akhirnya bisa menang?
E: Sebetulnya kami hanya kembali ke formasi awal saja, jadi kami memilih hero-hero andalan kami seperti Kagura dan Lapu-Lapu.

G: Kok kedengarannya kalian malah seperti sedang mencoba-coba strategi baru begitu di game pertama?
E: [Tertawa] Yah, tidak juga sih. Kami sebenarnya sudah berlatih untuk situasi seperti itu, tapi saya rasa kami menjadi gugup karena ini offline match dan kami bertemu langsung dengan lawan kami.

mpl-louvre-vs-dominos2

G: Oke, sekarang saya mau bertanya tentang hero baru yang baru saja diangkat bannya di turnamen ini, yaitu Lesley. Saya lihat dia kuat sekali sampai setiap pertandingan dimana dia dipilih, tim tersebut selalu menang sampai sekarang. Bagaimana pendapat anda?
E: Ya memang saya juga merasa Lesley itu kuat sekali, damagenya nggak kira-kira, walaupun itemnya masih belum banyak yang kuat. Satu tembakan saja sudah bisa melumpuhkan hero Tank sekalipun. Dia bisa merontokkan pertahanan lawan kalau mendapatkan perlindungan yang baik, karena kelemahan utamanya itu dia tidak bisa lari. Tadi di game kedua juga Lesley kami tidak diincar saat team fight jadi dia sangat leluasa menembak lawan dari garis belakang.

G: Dari pendapat anda saya ingin menanyakan tentang balancing pada hero. Apakah balancing dalam game ini sudah bagus? Seperti tadi anda juga bilang kalau damagenya Lesley terlalu besar.
E: Menurut saya untuk keseluruhan sebenarnya sudah bagus. Lesley memang damagenya besar sekali, tapi seperti yang saya katakan tadi juga, dia memiliki kelemahan besar, yaitu tidak bisa lari. Kalau kita memfokuskan pada kelemahan tersebut kita seharusnya bisa membuat dia tidak berkembang selama permainan.

G: Kalau begitu bagaimana tentang game Mobile Legends ini sendiri? Game ini sangat populer di Indonesia, apakah menurut anda ini hanya akan menjadi tren sambil lalu saja, ataukah justru akan lebih berkembang lagi setiap tahunnya?
E: Ya, saya rasa game ini akan lebih berkembang lagi. Seperti DotA di PC, walaupun banyak game MOBA lain yang keluar dan lebih bagus, tapi masih banyak orang yang memainkannya. Saya yakin Mobile Legends juga akan terus menjadi game MOBA di smartphone yang memiliki jumlah pemain terbanyak.

G: Bagiamana menurut anda tentang update dan patch dalam Mobile Legends yang sering sekali dikeluarkan. Apakah mengganggu strategi yang dibentuk oleh tim?
E: Tidak, saya rasa tim kami tidak memiliki masalah dengan itu, karena kami selalu berlatih dan membiasakan diri lagi apabila ada perubahan dalam game ini, jadi kami mampu beradaptasi dengan baik.

G: Sebagai atlit eSport profesional, apa pendapat anda tentang eSports di Indonesia ini? Apakah kita bisa mengharapkan untuk menjadi lebih besar lagi sampai meniti karir di bidang ini?
E: Saya harap begitu, selama kita memiliki kemauan untuk melakukannya. Terutama di masa-masa sekarang ini saat orang sudah mulai banyak mendukung eSports Indonesia.

G: Ada harapan khusus untuk tim Louvre ke depannya?
E: Yah, semoga kita bisa lebih baik lagi dari sebelumnya, belajar dari kesalahan-kesalahan, dan semoga bisa menjadi juara berikutnya.

G: Baik kalau begitu, terima kasih waktunya. Semoga sukses di pertandingan berikutnya!
E: Terima kasih!

mpl-louvre-vs-dominos3

Dengan poin yang mereka dapatkan, tim Louvre meraih posisi ke-7 dalam turnamen ini dengan total 2 poin setelah 8 pertandingan. Sementara tim Bigetron Player Kill (PK)  masih memimpin dengan 8 poin. Untuk melihat jadwal turnamen, hasil terkini, klasemen sementara, serta liputan pertandingan kamu dapat mengaksesnya disini!

Ikuti terus perkembangan MPL di website kami dan jangan lupa untuk terus mendukung tim jagoanmu!

BACA JUGA