Cara Membuat Invalid Match – Mengatasi Pemain yang AFK dalam Ranked

Invalid-Battle-Header

Pernahkah kalian memulai Ranked Match saat  bermain Mobile Legends dengan harapan untuk menaikkan peringkat kalian, namun ternyata di awal pertandingan ada satu orang pemain yang meninggalkan permainan atau AFK (Away From Keyboard)? Kami yakin sudah pernah, bahkan bisa berkali-kali. Kemungkinan untuk menang pun menjadi sangat kecil. hingga hampir mustahil.

Meskipun ada sistem untuk melaporkan pemain yang sering meninggalkan permainan, namun hal ini masih sering terjadi. Oleh karena itu, pihak Moonton memberikan fitur untuk membuat pertandingan yang sedang berjalan tersebut menjadi 'Invalid Match' agar pertandingan yang sedang berjalan dianulir, dan seluruh pemain yang terlibat tidak akan mendapatkan perubahan dalam jumlah bintang mereka, kecuali pemain yang meninggalkan permainan.

Cara Membuat Invalid Match

Berikut adalah hal yang perlu kalian lakukan agar suatu pertandingan dapat dinyatakan Invalid Match:

Pastikan pemain yang AFK

Invalid-Battle-2

Ada dua cara untuk menentukan pemain AFK, yang pertama dapat terlihat dari sebelum pertandingan dimulai. Pemain yang bermasalah biasanya tidak akan memilih hero hingga waktu habis karena sudah tidak berada di dalam game tersebut. Yang kedua dapat dilihat dari awal permainan, dimana saat seluruh hero tim sudah berangkat ke posisi mereka masing-masing, ada satu yang hanya diam saja di base. Bila ini terjadi, biasanya hero tersebut akan diambil alih oleh bot yang bisa kalian perintahkan untuk diam di base.

Bila sudah dipastikan ada yang AFK, maka seluruh anggota juga harus diam di base. Kenapa? Karena...

Jangan ada First Blood dalam 3 menit

Invalid-Battle-3

Ini adalah bagian paling penting untuk membuat Invalid Match. Satu saja hero tim mana pun yang mati karena dibunuh oleh hero lawannya akan membatalkan Invalid Match, dan menjadikan pertandingan tersebut berjalan normal. Namun bila hero mati karena hal lain, misalnya dari minion, monster jungle, maupun tower, persyaratan untuk membuat Invalid Match masih berjalan.

Bila 3 menit sudah berlalu...

Lakukan Surrender dengan satu suara

Invalid-Battle-4

Sistem game akan mendeteksi bahwa ada pemain yang meninggalkan permainan karena tidak bergerak sama sekali, dan akan menawarkan untuk membatalkan pertandingan yang sedang berjalan. Bila pesan tersebut sudah muncul, segera lakukan Surrender dan jangan ada yang menolak.

Jika berhasil, pertandingan tersebut akan menjadi 'Invalid Match' setelah game berakhir.

Begitulah cara untuk membuat Invalid Match pada pertandingan yang berlangsung, dengan ini kalian dapat menyelamatkan bintang yang sudah kalian kumpulkan dengan susah payah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video di bawah ini.

Credits: ShinmenTakezoYT
BACA JUGA

1 Comment


  1. banyak yang masih ga ngerti ini. udah tau ada yang afk, disuruh balik base malah maju2 ga jelas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *