Sering Kena Ban, Benarkah Kagura Hero Overpowered?

GCUBE kagura-op1

Kagura, hero mage ini jarang sekali terlihat dalam pertandingan tingkat atas karena sering terkena ban oleh pemain-pemain yang tidak mau melawannya. Bahkan seorang Oura pun mengaku paling tidak mau bertarung dengan gadis cantik berpayung ini. Memang bila sekilas melihat skillsetnya, dia dapat menghasilkan damage besar dan sangat licin hingga sulit untuk dikalahkan dalam pertarungan satu lawan satu. Di tangan yang benar, hero ini mampu menjadi ancaman yang nyata bagi lawannya.

Tapi itu berlaku untuk semua hero, pemain yang berskill memang dapat membuat hero apapun jadi berbahaya. Jadi, apakah Kagura sekuat yang ditakuti oleh orang-orang?

Analisa di Bawah Payung Akad

Penulis mencoba beberapa game dengan menggunakan Kagura untuk mengetahui sekuat apa hero satu ini. Dan ternyata... dia memang kuat, tapi tidak sampai sebegitunya juga. Hero mage ini dapat dikalahkan dengan mengandalkan beberapa hal berikut

1. Damagenya di Awal Tidak Seberapa

kagura-op2

Banyak sekali yang protes kalau Kagura damagenya terlalu sakit di awal permainan sekalipun, dan... Penulis tidak merasakannya. Memang betul, jarak jangkau payungnya cukup jauh, dan posisinya dapat diubah-ubah sesuka hati Kagura hingga dapat mengenai lawan dari arah yang sulit diperkirakan, sehingga dia mampu men-zone lawan dari farming dengan mudah. Tapi itu lah kelebihan dari Kagura di awal, bukan damagenya.

Memang di mid-game dan late-game damagenya sudah besar, namun itu bergantung dari itemnya, dan lawan juga bisa mengumpulkan item Magic Resist untuk menahan damage tersebut. Selain itu, keadaan Kagura yang belum begitu berbahaya ini lah saat dimana dia paling mudah untuk dihabisi.

2. Mudah Kabur? Stun Saja

kagura-angela-op3

Satu lagi komplain orang-orang tentang Kagura adalah dia sangat mudah kabur dari serangan yang menuju ke arahnya, dan ini memang benar untuk sebagian besar keadaan, apalagi bila pemain mampu menggunakan kombinasi skill 1 dan skill 2nya dengan benar. Tapi tentu saja semua itu tidak berguna di hadapan efek crowd control yang paling ditakuti: Stun.

Ya, bila Kagura berhasil terkena stun, dia tidak akan bisa menggunakan skillnya untuk lari atau membalas serangan dari tim lawannya. Mudah sekali bukan? Dan walaupun tidak memiliki stun, skill ke-2nya memiliki cooldown yang cukup lama walaupun cooldown dengan payung/tanpa payung terpisah.

Mungkin beberapa orang yang membaca ini akan protes, "Tapi kan dia punya Purify gratis dari skill 2 saat memakai payung!". Dan memang benar, Kagura dapat menghilangkan status negatif pada dirinya dengan menggunakan skill ke-2, sekaligus melompat ke arah yg diinginkannya untuk lari. Namun setelah itu, dia sangat rentan dengan efek crowd control apapun. Bila di tim lawan ada Kagura, bukan lah hal yang aneh untuk membawa 2 hero yang mampu men-stun lawan. Gunakan kesempatan saat Kagura tidak memegang payungnya untuk menghabisinya dengan cepat. Bicara soal payung...

3. Menggerakkan Payungnya Tidak Semudah Itu

kagura-angela-op4

Mungkin banyak yang menyangka Kagura mudah dimainkan karena melihat pemain-pemain pro seperti Lemon dapat membuat kontrol payungnya sangat luwes dan mematikan. Tapi pada kenyataannya tidak demikian, banyak sekali hal yang perlu diperhitungkan saat melempar payung dari Kagura ini.

Sekali saja salah perhitungan dapat berakibat fatal, terutama bila dia membutuhkan payungnya untuk lari dengan skill ke-2. Pemain yang masih belum ahli menggunakan hero ini akan sering melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, dan itu dapat dieksploitasi oleh lawannya.

Wajarkah Untuk Selalu di-ban?

kagura-op5

Jadi memang benar, Kagura termasuk salah satu hero Mage yang paling kuat untuk saat ini, namun masih banyak hero lain yang sepadan atau bahkan lebih merepotkan darinya (seperti Angela, misalnya). Kalau harus memilih, mungkin penulis akan lebih memilih untuk mem-ban Johnson atau Angela.

Dapat dipahami kecemasan pemain saat bermain ranked dan melakukan ban kepada hero ini, tapi perlu diingat bahwa itu berarti membuka kesempatan untuk hero lain digunakan lawan. Bahkan seorang Lemon sekalipun mengaku kalau dia malah senang kalau hero signaturenya tersebut di-ban, jadi lawannya justru akan melawan dia dengan hero lain yang jarang terlihat di publik.

Bagaimana menurut pembaca, apakah Kagura butuh di-nerf? Bila iya, perubahan seperti apa yang cocok untuknya agar menjadi lebih seimbang? Silahkan berbagi pendapat kalian pada kolom komentar di bawah!

BACA JUGA