Di Mobile Legends ada banyak mode permainan yang bisa dimainkan oleh pemain. Mode-mode tersebut berupa Classic, Brawl, Vs. AI, Custom dan Ranked. Setiap mode permainan memiliki tingkat keseruan bermain yang berbeda, sehingga memberikan pemain banyak pilihan untuk menikmati pengalaman bermain Mobile Legends.

Classic

Classic adalah mode permainan awal dalam Mobile Legends. Semua mode permainan lainnya menggunakan peraturan dalam Classic sebagai dasar. Mode ini memberikan pengalaman bermain Mobile Legends tanpa rasa khawatir kehilangan Rank. Mode Classic cocok untuk pemula yang perlu mengakrabkan diri dengan permainan Mobile Legends. Untuk mengetahui lebih lanjut, kunjungi Basic Beginners Guide

Brawl

Seperti Classic, untuk menang dalam Mobile Legends , pemain dan tim harus menghancurkan Altar musuh (bangunan besar di tengah markas) sebelum musuh menghancurkan Altar tim. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan yang menjadikan mode Brawl lebih terasa unik.

Perbedaan dengan Classic

Mobile-Legends-Screenshots-Brawl-Gameplay

Hal utama yang membedakan Brawl dengan Classic adalah kesederhanaannya

  • Pemain hanya diberikan SATU jalur, bukan 3
  • Pemain diberikabn pilihan antara 2 hero acak, yang bisa diacak kembali, bukan semua hero
  • Pemain yang sudah keluar dari markas tidak bisa masuk lagi kembal ke dalam markas
  • Barang-barang hanya bisa dibeli di dalam markas

Mode ini cocok untuk pemain yang mencari keseruan yang cepat atau untuk mencoba hero baru.

Mengerti Map

Mobile-Legends-Screenshots-Brawl-The Map

Brawl dimainkan di arena 5v5 yang terdiri dari 1 lane/jalur dimana kedua tim harus menghancurkan Altar dari lawan(i) yang dijaga oleh 2 tower (ii) yang harus dihancurkan sebelum pemain bisa menghancurkan Altar musuh.

Mobile-Legends-Screenshots-Brawl-Jungle-Mob

Jungle masih ada di dalam mode yang sederhana ini, namun hanya ada 2 mobs (iii). Satu di tiap sisi. Saat terbunuh, mobs ini akan menjatuhkan buff untuk hero

Mobile-Legends-Screenshots-Brawl-Select-Hero

Karena area yang lebih kecil dan ruang bermaneuver yang terbatas, hero fighter adalah pilihan yang baik. Pilihlah hero yang bisa spam skill atau pilihlah hero jarak jauh. Satu-satunya sumber untuk menyembuhkan diri adalah dengan orb yang dijatuhkan saat teman terbunuh atau dengan skill healing (e.g. Rafaela's Holy Healing, Alucard's Life Steal, etc.). Itulah mengapa support sangat penting di mode ini.

Tips dan Trik

  1. Kenali siapa yang dimainkan

    Mengenal adalah bagian dari kemenangan. Ada banyak hero yang bisa dipilih dengan gaya bermain yang beragam. Mengetahui apa fungsi dari tiab skill, kelebihan dan kelemahan hero, di mana posisi terbaik untuk masing-masing hero. Ini sangat penting untuk memenangkan pertarungan, terutama dalam Brawl di mana hampir setiap pertarungan adalah pertarungan tim.

  2. Spell penyembuhan

    Pilihlah spell penyembuhan ketimbang spell menyerang, kecuali kalau memiliki skill heal. Markas tidak bisa dimasuki setelah ditinggalkan, sehingga kebanyakan hero tidak bisa menyembuhkan HP mereka. Spell penyembuhan benar-benar bsia menyelamatkan nyawa.

  3. Belilah barang yang tepat

    Hati-hati dalam membeli barang. Dalam Brawl, yang penting adalah bisa menghabisi musuh secepat mungkin. Utamakan barang-barang yang bisa menambahkan serangan, terutama saat bermain sebagai hero ranged.

  4. Bersembunyi di semak

    Ada semak belukar kecil yang bisa dimanfaatkan untuk bersembunyi. Manfaatkan untuk mengejutkan musuh, sehingga musuh bisa dengan cepat diatasi, terutama apabila mereka sendirian. Semak tersebut juga bias digunakan untuk menghindari bahaya.

  5. Putar ulang pemilihan hero

    Di awal, pemain akan diberikan pilihan antara 2 hero. Apabila kedua hero ini kurang cocok dimainkan, jangan ragu untuk mengacak salah satu hero tersebut. Memilih hero yang tepat adalah yang membedakan menang dan kalah.

  6. Pancing musuh

    Dalam satu lane, lebih mudah untuk menebak gerakan lawan dan mengatur di mana kita menginginkannya. Pancing musuh dekat semak atau ke arah tower untuk membantu pertarungan tim.

  7. Kerja sama tim

    Mungkin tips paling klise yang pernah ada, tapi ini benar-benar berfungsi. Dalam Brawl, pertarungan lebih sulit dimenangkan karena semua hero mempertahankan/menyerang lane yang sama. Jangan pernah memulai pertandingan saat sendirian, kecuali bila benar-benar yakin.

Vs. AI

Mobile-Legends-Screenshots-Vs AI-Modes

Dalam Vs. AI, pemain akan bertarung melawan AI yang digerakkan komputer. Pemain bisa memilih untuk memulai permainan dengan aturan Classic, Brawl, atau Draft Pick(di bawah) untuk bertarung melawan musuh.

Custom

Mobile-Legends-Screenshots-Custom-Team

Permainan Custom sangat mirip dengan Vs. AI. Perbedaannya adalah pemain mengatur sendiri untuk melawan orang lain atau melawan AI. Pemain bisa mengundang teman untuk bergabung, atau menambah AI dengan rombol yang ada. Pemain juga bisa menambahkan AI ke tim lawan.

Draft Pick

Draft Pick adalah metode untuk membuat permainan lebih seimbang. Draft Pick bisa dipilih di Vs. AI atau Custom, tapi wajib dilakukan saat bermain Ranked dengan tier Epic ke atas. Draft Pick melarang penggunaan hero ganda dalam permainan (jika pemain memilih Miya, maka tim teman dan tim lawan tidak bisa memilih Miya). Draft Pick bekerja dengan cara membagi pemilihan hero dalam 3 bagian : Ban, Pick, Swap.

Ban

Pemain dari masing-masing sisi harus memilih satu hero untuk dilarang dipakai dalam permainan. Kedua team bisa memilih satu hero, sehingga permainan semakin menantang. Anggota tim ke 5 dari kedua tim diberikan waktu 20 detik untuk memilih hero yang di-Ban

Pick

Di sini pemain bisa masing-masing memilih 2 hero untuk dipakai. Setelah memilih masing-masing 2 hero sebanyak 3 kali, pemain terakhir harus memilih 1 hero untuk menyempurnakan pemilihan.

Swap

Setelah selesai memilih hero, pemain yang merasa bisa bermain sebagai hero lain yang dipilih teman bisa meminta untuk menukar dengan hero mereka.

Ranked

Mode Ranked adalah tempat di mana pemain bisa memamerkan keahlian mereka sebagai pemain Mobile Legends. Mode ini diciptakan untuk pemain serius yang ingin menjadi yang terbaik di Mobile Legends.
Mode Ranked bisa dimainkan saat akun pemain mencapai level 8 dan memiliki 5 hero. Sistem akan mencocokan pemain dengan pemain lain yang setingkat. Pemain bisa mengundang teman untuk menaikan Rank bersama, atau mencoba keberuntungan dengan bermain bersama orang asing.

Tiers

Mobile-Legends-Screenshots-Ranked-Tier1

Mobile-Legends-Screenshots-Ranked-Tier2

Ada 7 tingkatan Rank dalam Mobile Legends:
• Warrior
• Elite
• Master
• Grandmaster
• Epic
• Legend
• Mythic

Saat pemain memenangkan pertandingan, pemain akan mendapat bintang. Sebaliknya, jika mereka kalah, mereka akan kehilangan bintang(bintang tidak akan diambil dari pemain di tier Warrior). Saat pemain memiliki bintang penuh, kemenangan berikutnya akan meningkatkan Tier pemain. Jika mereka kalah saat tidak memiliki bintang, maka tiernya akan diturunkan ke peringkat sebelumnya. Setelah mencapai peringkat Legend, ada peraturan khusus. Sistem akan melakukan cek setiap 7 hari. Pemain yang tidak berpartisipasi dalam Ranked selama itu, akan kehilangan sati buntang.
Pemain tidak bisa mengundang teman yang berbeda 2 tier.

Rewards

Pemain akan mendapat hadiah khusus dengan bermain Ranked di setiap Season. Satu season berlangsung selama 3 bulan. Ketika sebuah season berakhir, pemain akan mendapat hadiah tergantung dari tier tertinggi yang dicapai selama season berlangsung. Hadiah tersebut dapat berupa:
• Tickets
• Battle Points
• Premium Skin Fragment
• Skin Eksklusif Season
Semakin tinggi rank pemain, maka hadiahnya semakin besar

Tips dan Trik

  1. Waspada Pada Lingkungan
    Selalu waspada dengan lingkungan di sekitar. Usahakan menebak di mana kira-kira hero musuh berada. Atur kapan saat ingin menyerang, mundur, atau ke jungle. Ingatlah di mana ada semak belukar yang bisa dimanfaatkan untuk sembunyi atau untuk mencari musuh. Saat pertarungan tim, waspadai hero musuh yang ingin mencoba menyerang pemain, sembari menyerang DPS dari lawan.
  2. Ambil Inisiatif
    Jangan menunggu untuk diperintahkan mundur atau menyerang. Apabila ada kesempatan, manfaatkan untuk menghabisi lawan. Namun, tetaplah berhati-hati dengan keadaan agar tidak terpancing lawan. Begitu juga dengan bertahan. Jika terasa sebuah pertandingan tidak bisa dimenangkan, mundurlah.
  3. Komposisi Tim
    Bermain sebagai hero yang paling disukai dan paling dikuasai sangat penting bagi kemenangan di Ranked, tapi terkadang tim tidak membutuhkan DPS lain. Cobalah untuk menguasai lebih dari 1 jenis hero. Pastikan selalu ada 1 support di team.
  4. Memposisikan Diri
    Jangan terus-terusan spam skill ke musuh. Di mana letak hero saat menggunakan skill seringkali mempengaruhi musuh mana yang memperoleh damage paling besar. Posisi yang salah bisa menghabiskan mana untuk target yang tidak terlalu penting, mengakibatkan tim menjadi terbuka untuk diserang. Selalu perhatikan di mana posisi hero pemain, dan selalu menebak dari mana serangan musuh akan datang.
  5. Komunikasi
    Mobile Legends adalah permainan tim. Berkomunikasilah dengan tim. Dengan memberitahu tim rencana pemain, mereka bisa membantu dalam memenangkan pertandingan, ketimbang bermain sendiri. Inilah sebabnya saat bermain Ranked sangat disarankan untuk bermain dengan teman. Saat bermain dengan orang asing, kebanyakan dari mereka tidak akan mendengar apa kata orang lain