100% Pick/Ban! Selena Mendominasi MPL Season 2

GCUBE mobile-legends-selena-op-header

Sebagai salah satu pendatang baru dalam Mobile Legends pada bulan April lalu di Advanced Server, kini Selena menjadi salah satu hero must-pick/ban dalam pertandingan tingkat profesional. Seperti yang terlihat dalam MPL Season ke-2 kali ini, dimana dia sudah memiliki rate 100% pick/ban!

Memang betul, dari 13 pertandingan di mana dia berpartisipasi, 5 di antaranya mengalami kekalahan. Namun, untuk turnamen selevel MPL, win rate 60% termasuk besar.

Dan bila diteliti lebih lanjut, kekalahan tersebut terjadi pada saat Selena dimainkan oleh tim yang memang menduduki peringkat bawah di saat ini. Sementara Tim 5 besar memiliki 100% winrate saat Selena berada pada timnya.

Yang menarik lagi adalah, dari 8 kemenangan terebut, Selena mendapatkan MVP sebanyak 5 kali! Jadi apa saja kah yang membuat hero satu ini sangat kuat? Kita akan membahasnya di bawah ini!

1. Dua Kata: Abyssal Arrow

mobile-legends-selena-mvp1

Serangan jarak jauh yang dapat men-stun hero lawannya hingga 3 detik inilah skill yang membuat banyak sekali pemain Mobile Legends sangat membenci hero satu ini bila berada di tangan pemain yang handal.

Mungkin kecepatan 'kecebong' satu ini terlihat lamban, tapi sebenarnya cukup cepat untuk membuatnya sulit dihindari. Selain itu, hit box dari skill ini termasuk besar, tidak jarang 'kecebong' ini masih mengenai lawan meskipun kelihatannya akan melewati targetnya saja.

Bila durasi stun maksimum berhasil diterima oleh target Selena, biasanya mereka akan segera lenyap. Terutama bila terjadi di tengah-tengah atau awal teamfight.

2. Burst Damage yang Bukan Main

mobile-legends-selena-mvp2

Bila melihat sekilas skill-skill Selena, mungkin tidak terlihat potensi burst damage sebenarnya dari hero satu ini. Tapi mari kita perhatikan lebih baik lagi dalam beberapa hal berikut:

  1. Selena memiliki skill pasif yang memberikan maksimum 2 Abyssal Mark ke musuh yang terkena skillnya dalam wujud Elven, yang menghasilkan bonus damage bila terkena serangan dalam wujud Abyssal
  2. Skill Abyssal Trap dapat dibawa oleh Abyssal Arrow, yang akan langsung memberikan 2 Abyssal Mark ke musuh yang dikenainya, disamping stun yang lama
  3. Skill Garrote saat dalam wujud Abyssal langsung reset bila mengenai musuh dengan Abyssal Mark, jadi dapat dipakai sekali lagi ke hero yang sama

Jadi, gunakan kombo skill berikut: Dalam wujud Elven, pasang skill 1, lalu terbangkan ke arah musuh dengan skill 2. Segera berubah ke wujud Abyssal dan meluncur ke arah target untuk men-trigger bonus damage dari 2 Abyssal Mark.

Caranya, dengan menggunakan skill 2 sebanyak 3 kali berkat reset dari Abyssal Mark. Bila timing-nya tepat, saat ini Abyssal Trap seharusnya sudah meledak dan memberikan satu Abyssal Mark lagi, trigger bonus damage Abyssal Mark ketiga dengan skill 1.

Berdasarkan pengalaman dan observasi, hero yang masih hidup dari paket kombo skill tersebut hanyalah hero Tank dan Fighter bila Selena tidak mendapatkan tekanan berat sepanjang permainan.

3. Bisa Dibilang Hanya Punya Satu Cooldown

mobile-legends-selena-mvp3

Ngomong-ngomong soal Cooldown reset dari skill Garrote pada musuh dengan Abyssal Mark, ada satu hal lagi yang menarik dari Selena: Seluruh skillnya akan reset setiap kali berubah wujud.

Jadi selama dia memiliki Mana, Selena dapat men-spam seluruh skillnya tanpa terlalu memperhatikan Cooldown, karena dia tinggal berubah wujud dengan skill ke-3 untuk mereset seluruh Cooldown skillnya yang lain.

Sebagai perbandingan, Cooldown Abyssal Arrow adalah 12 detik di semua level, sementara Cooldown transformasi Selena di level 1 saja adalah 4 saja. Hanya dengan berubah wujud sebanyak dua kali dengan menunggu durasi 4 detik tersebut, Abyssal Arrow sudah dapat dipakai lagi.

Bahkan jauh lebih cepat dari Cooldown sebenarnya!

4. Kontribusinya Teamfightnya Tetap Tinggi

mobile-legends-selena-mvp4

Hero killer seperti Selena biasanya mengalami penurunan drastis pada kontribusinya dalam Teamfight. Terlebih, pada mid hingga late-game bila pertumbuhannya sangat ditekan oleh musuh sehingga item yang dimiliki masih belum cukup.

Namun berkat Abyssal Arrow dan cooldown resetnya, dia masih sangat berharga untuk memulai atau memutar balikkan keadaan Teamfight.

Disamping itu, bonus damage dari skill-skillnya seperti poin kedua tadi juga tetap besar berkat kombonya, terutama dalam early hingga mid-game.


Begitulah analisa kami tentang Selena yang menjadi salah satu favorit dari MPL 2018 Season ke-2 kali ini. Dia dapat dikatakan Mage dengan burst damage terkuat pada saat ini bersama dengan Lunox, hero yang juga mendapatkan rate 100% pick/ban pada turnamen yang sama sejak diperbolehkan untuk dipakai para peserta.

Untuk meng-counter Selena, sebaiknya gunakan draft hero yang dapat menghindari efek Crowd Control dengan kemampuan mereka. Sebagai contoh: Grock, Hanabi, Martis, Kagura, atau Lancelot.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Selena dapat menjadi favorit dalam daftar hero kalian?

Info Lengkap Selena

Info Lengkap MPL Season 2 2018

Guide Lengkap Mobile Legends

BACA JUGA